PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATERI QUR’AN HADITS INTEGRATIF-INKLUSIF DI MADRASAH ALIYAH

Penulis

  • Syaefudin Achmad Institut Agama Islam Negeri Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.2860

Kata Kunci:

Pembelajaran, Integratif-Inklusif, Qur’an Hadits, Learning, Integrative-Inclusive, Qur'an Hadiths

Abstrak

Salah satu faktor yang menentukan tercapainya tujuan pendidikan adalah pembelajaran. Pembelajaran yang baik bisa memberikan pengaruh positif terhadap peserta didik. Di antara model pembelajaran yang bisa menjadi alternatif adalah pembelajaran yang berdasar pendekatan integrtif-inklusif. Tujuan dari model pembelajaran ini adalah agar peserta didik mampu mengintegrasikan materi agama dengan sains, serta memiliki kepribadian yang inklusif, moderat, toleran, dan saling menghargai antar sesama. Tujuan ini sangat penting karena Indonesia adalah segara yang terdiri dari beraneka ragam suku, bahasa, adat istiadat, dan agama. Pembelajaran melalui pendekatan intgratif-inklusif bisa dilakukan dalam mata pelajaran Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah (MA). Qur’an Hadits adalah mata pelajaran yang penting karena membahas tentang sumber ajaran Islam. Selain itu, peserta didik di Madrasah Aliyah (MA) sudah mulai berpikir kritis, serta mampu dibawa ke dalam model pembelajaran yang integratif-inklusif. Kata Kunci: Pembelajaran, Integratif-Inklusif, Qur’an Hadits   

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Draf Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 90 Tahun 2013
Draf Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 000912 Tahun 2013
Fatchurrohman. “Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Eksternal Dan Internal Di Madrasah Ibtidaiyah”. Inferensi, Vol. 9, No. 2, Desember (2015): 329-350.
Fauzan, “Model Pembelajaran Integratif’, Jurnal Balai Diklat Keagamaan Bandung, (2014):1-16
Kementerian Pendidikan dan Kebudayan. “Pendidikan Inklusif dan Perlindungan Anak”. Bahan Pelatihan Peningkatan Kompetensi bagi Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah Tahun 2015.
Roqib, Moh. Ilmu Pendidikan Islam.Yogyakarta: LKiS, 2009.
Salamah. “Pengembangan Model-Model Pembelajaran Alternatif Bagi Pendiddcan Islam (Suatu Alternatif soiusi Permasalahan Pembelajaran Agama Islam)”, FIKRAH, Vol. 5, No.1, (2006):15-38.
Suhendi. “Pembelajaran Sains Dalam Desain Pendekatan Tematik Integratif”. Jurnal Tarbawiyah, Volume 11 Nomor 2 (2014) :221-234.
Sunhaji. Pembelajaran Tematik-Integratif. Yogyakarta: Pustaka Senja, 2016.
Susanto, Edi. “Spiritualisasi Pendidikan Agama Islam: Menuju Keberagamaan Inklusif Pluralistik”. Jurnal Nuansa, Vol. 11 No. 2 (2014): 315-340

Diterbitkan

2019-10-11

Cara Mengutip

Achmad, S. (2019). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATERI QUR’AN HADITS INTEGRATIF-INKLUSIF DI MADRASAH ALIYAH. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 262–277. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.2860

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.