Desain Pengembangan Kurikulum Model Ralph Tyler pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah

Penulis

  • Malia Fransisca Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Muhammad Bintang Fadhlurrahman Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v26i2.5058

Kata Kunci:

kurikulum, Ralph Tyler, Al-Qur'an Hadits, madrasah ibtidaiyah

Abstrak

Perbaikan pada ranah pendidikan dan kurikulum harus dilakukan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Hal ini dilakukan dalam upaya menciptakan sistem pendidikan yang tepat dan benar. Seringnya perubahan dalam kurikulum pendidikan menghadirkan masalah tersendiri. Kurikulum pendidikan di Indonesia  sudah   mengalami dua belas kali pergantian, akan tetapi masih mengalami permasalahan yang  cenderung sama dengan yang dihadapi oleh kurikulum-kurikulum sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah menawarkan model pengembangan kurikulum Ralph Tyler dan implikasinya pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Metode penelitian yang digunakan dalam ini menggunakan metode kualitatif. Peneliti mencari rujukan di berbagai  media massa guna memperjelas informasi dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini merupakan studi literatur  sehingga sangat mementingkan informasi dan kejelasan dari media massa dalam pengembangan dan pengidentifikasian kasus tersebut. Model pengembangan kurikulum Tyler memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan. Sekolah dasar  menjadi salah satu tingkat satuan pendidikan yang dapat menggambarkan serta mengidentifikasi bagaimana kurikulum Tyler dapat berkembang, khususnya pada pembelajaran Al-Qur’an dan Hadis. Kurikulum Tyler menggambarkan bagaimana seorang peserta didik mendapatkan pengalaman selama kegiatan belajar berlangsung. Pembelajaran Al-Qur’an Hadits harus mampu memiliki tujuan yang jelas serta memberikan pengalaman pembelajaran yang berguna bagi peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat empat bentuk desain kurikulum pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Pertama, harus menentukan tujuan atau output pendidikan yang diharapkan. Kedua, menentukan pengalaman belajar. Ketiga, mengorganisasi pengalaman belajar. Keempat, mengevaluasi efektivitas pengalaman belajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agusta, I. (2003). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Litbang Pertanian.
Dako, R. T. (2012). Kenakalan Remaja. Jurnal Inovasi, 09(02), 1–7.
Darwis, A. (2006). Pengubahan Perilaku Menyimpang Murid Sekolah Dasar. Depdiknas RI.
Fitriyani. (2018, August 15). Ingin Anak Jadi Hafidz? Ini 7 Tips Mengajarkan Anak Hafal Al-Qur’an. TheAsianparent. https://id.theasianparent.com/cara-menghafal-alquran
Habibullah, N. (2021). Teori Ralph W. Tyler dalam Pengembangan Kurikulum Pondok Pesantren Darussalam Gontor 10 Jambi. At-Ta’lim Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 3(2), 50–62.
Hidayat, T., Firdaus, E., & Somad, M. A. (2019). Model Pengembangan Kurikulum Tyler dan Implikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 197–218. http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v5i2.6698
Idi, A. (2011). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Ar-Ruzz Media.
Khozin. (2019). Desain Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berperspektif Multikulturalisme untuk Mengeliminasi Potensi Kekerasan. Proceeding Annual Conference on Islamic Education (ACIED) 2019, 1, 36–44. http://acied.pp-paiindonesia.org/index.php/acied/article/view/5
McDermott, J. (2012). Looking Back to Move Forward: A View of Nursing Education through the Theoretical Lens of Dewey, James and Tyler. Nurse Education Today, 32(8), 39–41. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2012.06.020
Putra, A. T. A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan: Pendekatan Evaluasi Program Berorientasi Tujuan (Goal-Oriented Evaluation Approach: Ralph W. Tyler). Shautut Tarbiyah, 18(1), 55–68. http://dx.doi.org/10.31332/str.v18i1.65
Rahardjo, M. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. UIN Maliki Malang.
Rahmita, D. (2020, July 7). Bagaimana Karakteristik dan Kondisi Psikologis Anak SD [Forum Post]. https://www.sehatq.com/forum/karakteristik-dan-kondisi-psikologis-anak-usia-2-tahun-q18016
Ramdhan, T. W. (2019). Desain Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Tauhid. Insyiroh: Jurnal Studi KeIslaman, 5(1), 118–134. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v5i1.3400
Ritonga, M. (2018). Politik dan Dinamika Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 88–102.
Setiawan, E. (2019). Studi Pemikiran Fatima Mernissi tentang Kesetaraan Gender. Yinyang Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 14(2), 221–244. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i2.3224
Shobuni, S. M. A. A. (2001). Ikhtisar Ulumul Qur’an Praktis (M. Q. Nur, Trans.). Pustaka Amani.
Siswadi. (2020). Model Manajemen Kurikulum dada Program Fullday School di Madrasah Ibtidaiyah. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 79–91. https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3575
Sudarsono. (2005). Latar Belakang Kenakalan Remaja. Rineka Cipta.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Wiranda, D. (2021, March 3). Kualitas Pendidikan Indonesia Disebut Tertinggal 128 Tahun dari Negara Maju. Larispa Research and Consulting. http://larispa.or.id/berita/kualitas-pendidikan-indonesia-disebut-tertinggal-128-tahun-negara-maju/

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

Fransisca, M., & Fadhlurrahman, M. B. (2021). Desain Pengembangan Kurikulum Model Ralph Tyler pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(2), 294–305. https://doi.org/10.24090/insania.v26i2.5058

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.