IMPLEMENTATION OF CHARACTER-BASED STUDENT EXTRACURRICULARS IN SD NENDER 9 MENDO BARAT
IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER BERBASIS KARAKTER SISWA DI SD NEGERI 9 MENDO BARAT
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3586Kata Kunci:
ekstrakurikuler, karakter siswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yang terdapat di SD Negeri 9 Mendo Barat dalam membentuk karakter dan minat siswa, 2) mengetahui kelebihan dan kekurangan kegiatan ekstrakurikuler yang terdapat di SD Negeri 9 Mendo Barat dalam membentuk karakter dan minat siswa. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif-kualitatif, pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, dokumentasi, dan sumber di analisis dengan menggunakan teknik analisis data secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ektrakurikuler memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan karakter di siplin siswa di lingkungan SD Negeri 9 Mendo Barat. Siswa kelas atas mengikuti ekstrakurikuler di sekolah mempunyai kedisplinan yang lebih baik dan lebih membentuk karakter pribadi siswa dari siswa lainnya. Sikap di siplin tersebut berupa, tertib mengikuti upacara bendera, datang tepat waktu, berpakaiaan rapi sesuai peraturan sekolah, patuh kepada guru, menjaga kebersihan, tidak membolos, tidak terlibat dalam perkelahian, tidak merokok, menghormati yang lebih tua tidak membuat keributan saat pembelajaran ataupun jam istirahat, mentaati jadwal kegiatan sekolah. ekstrakurikuler yang banyak di minati yaitu pramukaUnduhan
Referensi
Anisa, R. N., Nurafifah, F. F., Munawaroh, S., Sumantri, M. S., & Jakarta, U. N. (2018). Implementasi pendidikan karakter melalui ektrakurikuler seni tari di sdn perwira iv bekasi utara. 18–23.
Bastomi, H. (2019). Pendidikan Pesantren Dalam Pandangan Kh. Ma’Shum Ahmad Lasem. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 177–200. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.2826
Hambali, M., & Yulianti, E. (2018). Ekstrakurikuler keagamaan terhadap pembentukan karakter religius peserta didik di kota majapahit. Jurnal Pedagogik, 05(02), 193–208. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik
Kurniawan, F., & Hadi Karyono, T. (2010). Ekstra Kurikuler Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Siswa di Lingkungan Pendidikan Sekolah. Jurnal Bebas: Jur. Pend. Kepelatihan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, 1–17.
Lestari, R. Y. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal, 1(2), 136–152. https://doi.org/10.30870/ucej.v1i2.1887
Lestariningsih, W., & Muafa, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Self Directed Learning Dan Small Group Discussion Terhadap Nilai Mahasiswa Materi Mekatronik. Teknika: Engineering and Sains Journal, 2(1), 67–72.
Malang, U. N. (n.d.). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMAN 02 KOTA BATU Eri Hendro Kusuma Pendidikan yang mengedepankan kecerdasan intelektual ternyata lambat laun akan menjadi bumerang bagi keberadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI.
Mudaim, M., & Susanto, E. (2019). Perbedaan Perilaku Agresif antara Siswa Aktif dengan Tidak Aktif dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di SMPN 3 Way Jepara. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(1), 71–78. https://doi.org/10.30653/001.201931.79
Muhamadi, S., & Hasanah, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Peduli Sesama Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Relawan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 95–114. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.161-06
MUIS, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci Putra Muhammadiyah Di Sd Muhammmadiyah 1 Menganti Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(12).
Ningsih, T. (2019). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolosi Industri 4.0 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 220–231. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3049
Nurliyah, N., Bisri, H., & Hartati, Y. (2017). Penerapan Nilai-Nilai Karakter Melalui Program Intrakurikuler Dan Ekstrakurikuler. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/10.30997/dt.v4i1.824
Paud, K. D., Binatang, K., Paud, K. D., Binatang, K., & Kunci, K. (n.d.). Penguatan pendidikan karakter anak usia dini pada buku kumpulan dongeng paud keistimewaan binatang. 307–318.
Pratiwi, I. A. (2015). Pengembangan Model Kolaborasi Jigsaw Role Playing Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Bekerjasama Siswa Kelas V Sd Pada Pelajaran Ips. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(2). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i2.411
Syakir, M., Tamsah, H., & Sani, A. (2017). Analisis Kegiatan Pendidikan Ekstrakurikuler Untuk Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di SMA Negeri 1 Sinjai Borong. Jurnal Mirai Management, 2(2), 108–125.
Ulya, N. M. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksperimen Pada MAN 1 Semarang). Nadwa, 10(1), 1. https://doi.org/10.21580/nw.2016.10.1.867
Yarhamna, Y., Khairat, A., Fuaddin, I., & Fismal, F. (2019). Pengujian Praktikalitas Model Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Sekolah Dasar. Ta’dib, 22(1), 13. https://doi.org/10.31958/jt.v22i1.1446
شجاعی، رؤیا. (1393). No Titleبررسی مهارت‌های بینایی ØØ±Ú©ØªÛŒ در کودکان آسیب دیده شنوایی. نشریه تعلیم Ùˆ تربیت استثنایی. 3.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).