MODEL MANAJEMEN KURIKULUM PADA PROGRAM FULLDAY SCHOOL DI MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Deskriptif pada MI al-Azhary kecamatan Ajibarang kabupaten Banyumas)
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3575Keywords:
manajemen, kurikulum, full day schoolAbstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Adapun pendekatan yang dipilih adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini ditujukan untuk mendapatkan model manajemen kurikulum pada program full day school di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat dirumuskan model manajemen kurikulum pada program full day school di Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebagai berikut: (1) Langkah pertama dalam manajemen kurikulum program full day school di MI adalah dengan menyusun rencana kurikulum program full day school. (2) Langkah kedua yang dilakukan dalam manajemen kurikulum program full day school di MI adalah dengan mengorganisasikan kurukulum program full day school. (3) Langkah ketiga yang dilakukan dalam manajemen kurikulum program full day school di MI adalah dengan melaksanakan (implementasi) kurukulum program full day school. (4) Langkah keempat yang dilakukan dalam manajemen kurikulum program full day school di MI adalah dengan evaluasi kurikulum program full day school.Downloads
References
Baharuddin. 2009. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Rosda.
Kimani, Gerald Ngugi. Tt. Educational Management. South Africa: African Virtual University.
Mulyasa, E. 2014. Guru dalam Kurikulum 2013. Bandung: Rosda.
Ningsih, Tutuk. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Purwokerto: STAIN Press.
Raharjo, Rahmat. 2010. Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Yogyakarta: Magnum.
Ramayulis dan Samsul Nizar. 2009. Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia.
Rusman. 2012. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Press
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulis Winurini, Wacana Penerapan Full day school untuk Siswa SD dan SMP, Majalah Info Singkat Kesejahteraan Sosial, Vol. VIII No. 15/I/P3DI/Agustus/2016, hlm. 9-12.
Wiyani, Novan Ardy. 2013. Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).