PENILAIAN DALAM PERSPEKTIF KURIKULUM 2013

Authors

  • Wuri Wuryani STKIP Islam Bumiayu Jl. Raya Pagojengan KM. 3 Paguyangan, Brebes
  • Muhamad Irham STKIP Islam Bumiayu Jl. Raya Pagojengan KM. 3 Paguyangan, Brebes

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v19i1.470

Keywords:

madrasas, the curriculumin 2013, authentic assessment methods

Abstract

Tujuan tulisan ini adalah untuk menguraikan bagaimana konsep dan implementasi penilaian dalam kurikulum 2013 di madrasah. Hal itu dilakukan karena implementasi kurikulum 2013 di madrasah masih menjadi permasalahan serius, terutama pada pelaksanaan proses pembelajaran dan penilaiannya. Pembelajaran yang menggunakan scientific approach harus didukung proses penilaian dengan pendekatan otentik. Penilaian otentik mampu menggambarkan kompetensi peserta didik secara lebih komprehensif dan objektif, bahkan sampai ketika ia telah menyelesaikan program pendidikannya. Pelaksanaan penilaian otentik perlu dilakukan dengan cara mengkombinasikan metode-metode portofolio, self assessment, project, performance, product, dan sebagainya. The purposeof this paper is to describe how the concept andimplementation of 2013 curriculum assessment in madrasah. This is done because the implementation of the 2013 curriculum at the school remains a serious problem, especially in the implementation of the learning and assessment process. Learning to use the scientific approach to the assessment process should be supported authentic approach. Authentic assessment is able to describe the competence of learners in a more comprehensive and objective even when he has completed his education program. Implementation of authentic assessment needs to be done by combining the methods of portfolio, self-assessment, project, performance, product, and so on.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Avery, Patricia G. 1999. “Authentic Assessment and Instruction”, Social Education; Oct 1999; 63, 6 ProQuest; Diakses melalui http://e-resources.
pnri.go.id:2056/docview/210637286/abstract/130F690BA36A4E5DPQ/ 17?accountid=25704, pada tanggal 02 April 2014.

Azhar, Fadly. 2013. “Class-Based Performance Evaluation: An Evaluation” dalam Jurnal Asian Social Science Vol. 9, No. 12 ProQuest, tahun 2013, Diakses melalui http://e-resources.pnri.go.id:2056/docview/1470801383/abstract/ FB10D9AE4DFC4E8EPQ/7?accountid=25704, pada tanggal 02 April 2014.

Azra, Azyumardi. 2006. Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Kompas.

Cumming, J Joy and Maxwell, Graham S. 1999. “Contextualising authentic assessment” dalam Assessment in Education; Jul 1999; 6, 2; ProQuest Diakses melalui http://e-resources.pnri.go.id:2056/docview/204106433/ abstract/ 130F690BA36A4E5DPQ/39?accountid=25704, pada tanggal 02 April 2014.

Fajar, Arnie. 2004. Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Rosda.

Hamid, Moh. Sholeh. 2011. Standar Mutu Penilaian dalam Kelas. Yogyakarta: Diva Press.

Hanik, Umi. 2011. Implementasi TQM dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. Semarang: RaSAIL.

Kemendikbud. 2013. Panduan Teknis Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.

Mansyur; Rasyid, Harun; dan Suratno. 2009. Asesmen Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Murdiono, Mukhamad. 2012. Strategi Pembelajaran Kewarganegaraan Berbasis Portofolio. Yogyakarta: Ombak.

Mulyasa. 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Rosda.

Pantiwati, Yuni. 2013. “Hakikat Asesmen Autentik dan Penerapannya dalam Pembelajaran Biologi”, dalam JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, Vol. 1 No.1, Maret 2013.

Puskur. 2007. Naskah Akademik: Kajian Kebijakan Kurikulum SD. Jakarta: Depdiknas.

Raymond, Jane E., Homer, Caroline S.E., Smith, Rachel., and Gray, Joanne E. 2013. “Learning through authentic assessment: An evaluation of a new development in the undergraduate midwifery curriculum”, dalam Nurse Education in Practice Vol. 13 Tahun 2013 ProQuest. Diakses melalui http:/ /e-resources.pnri.go.id:2056/docview/1418150749/abstract/130F690 BA36A4E 5DPQ/2?accountid=25704, pada tanggal 02 April 2014.

Savage, T.V. and David G. Armstrong. 1996. Effective teaching in elementary social studies.New Jersey: A Simon & Schuster Company.

Serepinah, Marni. 2013. “Kebermaknaan Evaluasi Program Pendidikan”, dalam Jurnal Pendidikan Penabur, No.20/Tahun Ke-12/Juni 2013, hlm. 78-86.

Setiawan, Wawan. 2013. “Makna Guru dalam Konsep Ta’lim, Tarbiyyah, dan Tazkiyah” dalam Media Pendidikan: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. XXVIII, No. 3, September 2013, hlm. 363-388.

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2007. Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardi. 2012. Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sumardjoko, Bambang. 2010. Membangun Budaya Pendidikan Mutu Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tanner, David E,. 2001. “Authentic Asessment: A Solution or Part of The Problem” dalam The High School Journal; Oct/Nov 2001; 85, 1; Diakses melalui http://e-resources.pnri.go.id:2056/docview/220218323/abstract/ 130F690BA36A4E5DPQ/35?accountid=25704 pada tanggal 02 April 2014.

Taufina, 2009, “Authentic Assessment Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah SD” dalam Pedagogi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. IX No. 1 April 2009, hlm. 113-120.

Tim PEKERTI. 2007. Panduan Evaluasi Pembelajaran. Surakarta: LPP USM.

Weeden, Paul; Winter, Jan; and Broadfoot, Patricia. 2002. Assesment: What’s in it for Schools?. London & New York: Routledge Falmer.

Wenzel, Lisa Schnepper; Briggs, Karen Lunke; and Puryear, Barbara L. 1998. “Portfolio: Authentic Assessment in the Age of the Curriculum Revolution” dalam Journal of Nursing Education; May 1998; 37, 5; ProQuest, diakses dari http://e-resources.pnri.go.id:2056/docview/203961776/abstract/130F690 BA36A4E5DPQ/49?accountid=25704, pada tanggal 02 April 2014.

Winkel. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Zainul, Asmawi dan Mulyana, Agus. 2007. Tes dan Asesmen di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zainul, Asmawi dan Nasution, Noehi. 2005. Penilaian hasil belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

How to Cite

Wuryani, W., & Irham, M. (2015). PENILAIAN DALAM PERSPEKTIF KURIKULUM 2013. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(1), 191–199. https://doi.org/10.24090/insania.v19i1.470

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.