MODEL MANAJEMEN KURIKULUM PADA PROGRAM FULLDAY SCHOOL DI MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Deskriptif pada MI al-Azhary kecamatan Ajibarang kabupaten Banyumas)

Authors

  • Siswadi siswadi IAIN Purokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3575

Keywords:

manajemen, kurikulum, full day school

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Adapun pendekatan yang dipilih adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini ditujukan untuk mendapatkan model manajemen kurikulum pada program full day school di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat dirumuskan model manajemen kurikulum pada program full day school di Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebagai berikut: (1) Langkah pertama dalam manajemen kurikulum program full day school di MI adalah dengan menyusun rencana kurikulum program full day school. (2) Langkah kedua yang dilakukan dalam manajemen kurikulum program full day school di MI adalah dengan mengorganisasikan kurukulum program full day school. (3) Langkah ketiga yang dilakukan dalam manajemen kurikulum program full day school di MI adalah dengan melaksanakan (implementasi) kurukulum program full day school. (4) Langkah keempat yang dilakukan dalam manajemen kurikulum program full day school di MI adalah dengan evaluasi kurikulum program full day school.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifudin dan Beni Ahmad Saebani. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Baharuddin. 2009. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Rosda.
Kimani, Gerald Ngugi. Tt. Educational Management. South Africa: African Virtual University.
Mulyasa, E. 2014. Guru dalam Kurikulum 2013. Bandung: Rosda.
Ningsih, Tutuk. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Purwokerto: STAIN Press.
Raharjo, Rahmat. 2010. Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Yogyakarta: Magnum.
Ramayulis dan Samsul Nizar. 2009. Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia.
Rusman. 2012. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Press
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulis Winurini, Wacana Penerapan Full day school untuk Siswa SD dan SMP, Majalah Info Singkat Kesejahteraan Sosial, Vol. VIII No. 15/I/P3DI/Agustus/2016, hlm. 9-12.
Wiyani, Novan Ardy. 2013. Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2020-06-21

How to Cite

siswadi, S. (2020). MODEL MANAJEMEN KURIKULUM PADA PROGRAM FULLDAY SCHOOL DI MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Deskriptif pada MI al-Azhary kecamatan Ajibarang kabupaten Banyumas). INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 79–91. https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3575

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.