Kontribusi Media Buku Harian dalam Pengembangan Budaya Literasi Menulis bagi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v27i1.5199Kata Kunci:
buku harian, keterampilan menulis, literasiAbstrak
Indonesia tengah mengalami krisis literasi. Pemerintah pun mengeluarkan kebijakan yang mengatur agar setiap sekolah melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah. Salah satu upaya yang dilakukan untuk melaksanakan gerakan tersebut adalah dengan memanfaatkan buku harian sebagai media untuk menguatkan kemampuan literasi siswa di sekolah dasar. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kontribusi penggunaan buku harian dalam pengembangan budaya literasi menulis di SD Negeri 1 Karanganyar Purbalingga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis melalui tahap reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media buku harian dalam pengembangan budaya literasi menulis di SD Negeri 1 Karangnyar dilakukan melalui tiga kegiatan yaitu penggunaan media buku harian dalam pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Tiap kegiatan tersebut dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan penilaian. Literasi menulis yang diterapkan dengan media buku harian diperuntukkan bagi peserta didik kelas 3--6. Media buku harian dalam literasi menulis dilaksanakan dalam kegiatan pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran telah memberikan kontribusi yang nyata dalam pengembangan budaya literasi menulis.Referensi
Ariani, S. E. M., Sukarno, S., & Chumdari, C. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Negeri Bumi 1 Kota Surakarta. Didaktika Dwija Indria, 8(4), 11–20. https://doi.org/10.20961/ddi.v8i04.43674
Astuti, P. (2020, October 14). [Personal communication].
Astuti, W., Setyawan, C. E., & Aji, M. A. (2020). Penerapan Biah Lughawiyah dalam Pembiasaan Maharah Kalam di Pondok Pesantren Ibnul Qayyim Putra Yogyakarta. Jurnal Ihtimam, 3(1), 34–51. https://doi.org/10.36668/jih.v3i1.222
Ayuningrum, I. D. (2016). Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Narasi melalui Media Buku Harian pada Siswa Kelas VII MTsN Saradan Kabupaten Madiun. WIdyabastra, 4(2), 165–182.
Bariyah. (2020, Oktober). [Personal communication].
Budiono. (2020, October 20). [Personal communication].
Chen, S.-Y., Kuo, H.-Y., & Hsieh, T. C. (2019). New literacy practice in a Facebook group: The case of a residential learning community. Computers & Education, 134, 119–131. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.01.008
Hastuti, S., & Lestari, N. A. (2018). Gerakan Literasi Sekolah: Implementasi Tahap Pembiasaan dan Pengembangan Literasi di SD Sukorejo Kediri. Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 29–34. https://doi.org/10.36277/basataka.v1i2.34
Hobbs, R. (2017). Measuring the Digital and Media Literacy Competencies of Children and Teens. In Cognitive Development in Digital Contexts (pp. 253–274). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-809481-5.00013-4
Kristini, E. (2020). Pembelajaran Berbasis Literasi Berbantuan Media TIK dengan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Mimbar Ilmu, 25(3), 495–508. http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i3.28376
Kurniasih, D. A. (2020). Pembiasaan Menulis Buku Harian Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sukorejo. Profesi Keguruan, 6(1), 36–44.
Lazulfa, I. (2019). Keterampilan Berbahasa: Menulis Karangan Eksposisi [Preprint]. https://doi.org/10.31227/osf.io/3rgyk
Linder, C., Östman, L., Roberts, D. A., Wickman, P.-O., Ericksen, G., & MacKinnon, A. (Eds.). (2010). Exploring the Landscape of Scientific Literacy (0 ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203843284
Miarti. (2020, Oktober). [Personal communication].
Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Rosda.
Mugiarti, P. (2020, October 12). [Personal communication].
Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The Development of Digital Age Literacy: A Case Study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169–1179. https://doi.org/10.13106/JAFEB.2021.VOL8.NO2.1169
Potter, W. J. (2010). The State of Media Literacy. Journal of Broadcasting & Electronic Media, 54(4), 675–696. https://doi.org/10.1080/08838151.2011.521462
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sulisworo, D., & Suryani, F. (2014). The Effect of Cooperative Learning, Motivation And Information Technology Literacy to Achievement. International Journal of Learning and Development, 4(2), 58–67. https://doi.org/10.5296/ijld.v4i2.4908
Teguh, M. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 18–26.
Wahyuni, S. (2013). Pengembangan Model Asesmen Otentik dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Lisan di Sekolah Menengah Atas (SMA). LITERA, 9(1), 92–103. https://doi.org/10.21831/ltr.v9i1.1218
Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–343. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480
Wanelly, W. (2019). Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam Rangka Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 406–413. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.19
Widiastuti, R. (2020, October 23). [Personal communication].
Zulaeha, I. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Berkonteks Multikultural. LITERA, 12(1), 97–105. https://doi.org/10.21831/ltr.v12i01.1331
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).