Kontribusi Media Buku Harian dalam Pengembangan Budaya Literasi Menulis bagi Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Priyanti Priyanti Universitas Terbuka
  • Novan Ardy Wiyani Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Mukti Amini Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v27i1.5199

Kata Kunci:

buku harian, keterampilan menulis, literasi

Abstrak

Indonesia tengah mengalami krisis literasi. Pemerintah pun mengeluarkan kebijakan yang mengatur agar setiap sekolah melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah. Salah satu upaya yang dilakukan untuk melaksanakan gerakan tersebut adalah dengan memanfaatkan buku harian sebagai media untuk menguatkan kemampuan literasi siswa di sekolah dasar. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kontribusi penggunaan buku harian dalam pengembangan budaya literasi menulis di SD Negeri 1 Karanganyar Purbalingga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis melalui tahap reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media buku harian dalam pengembangan budaya literasi menulis di SD Negeri 1 Karangnyar dilakukan melalui tiga kegiatan yaitu penggunaan media buku harian dalam pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Tiap kegiatan tersebut dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan penilaian. Literasi menulis yang diterapkan dengan media buku harian diperuntukkan bagi peserta didik kelas 3--6. Media buku harian dalam literasi menulis dilaksanakan dalam kegiatan pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran telah memberikan kontribusi yang nyata dalam pengembangan budaya literasi menulis.

Referensi

Amilia, F. (2018). Pemahaman dan Habituasi untuk Membangun Kompetensi Menulis Praktis dan Ilmiah. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 22–31. https://doi.org/10.30651/lf.v2i1.1401

Ariani, S. E. M., Sukarno, S., & Chumdari, C. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Negeri Bumi 1 Kota Surakarta. Didaktika Dwija Indria, 8(4), 11–20. https://doi.org/10.20961/ddi.v8i04.43674

Astuti, P. (2020, October 14). [Personal communication].

Astuti, W., Setyawan, C. E., & Aji, M. A. (2020). Penerapan Biah Lughawiyah dalam Pembiasaan Maharah Kalam di Pondok Pesantren Ibnul Qayyim Putra Yogyakarta. Jurnal Ihtimam, 3(1), 34–51. https://doi.org/10.36668/jih.v3i1.222

Ayuningrum, I. D. (2016). Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Narasi melalui Media Buku Harian pada Siswa Kelas VII MTsN Saradan Kabupaten Madiun. WIdyabastra, 4(2), 165–182.

Bariyah. (2020, Oktober). [Personal communication].

Budiono. (2020, October 20). [Personal communication].

Chen, S.-Y., Kuo, H.-Y., & Hsieh, T. C. (2019). New literacy practice in a Facebook group: The case of a residential learning community. Computers & Education, 134, 119–131. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.01.008

Hastuti, S., & Lestari, N. A. (2018). Gerakan Literasi Sekolah: Implementasi Tahap Pembiasaan dan Pengembangan Literasi di SD Sukorejo Kediri. Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 29–34. https://doi.org/10.36277/basataka.v1i2.34

Hobbs, R. (2017). Measuring the Digital and Media Literacy Competencies of Children and Teens. In Cognitive Development in Digital Contexts (pp. 253–274). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-809481-5.00013-4

Kristini, E. (2020). Pembelajaran Berbasis Literasi Berbantuan Media TIK dengan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Mimbar Ilmu, 25(3), 495–508. http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i3.28376

Kurniasih, D. A. (2020). Pembiasaan Menulis Buku Harian Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sukorejo. Profesi Keguruan, 6(1), 36–44.

Lazulfa, I. (2019). Keterampilan Berbahasa: Menulis Karangan Eksposisi [Preprint]. https://doi.org/10.31227/osf.io/3rgyk

Linder, C., Östman, L., Roberts, D. A., Wickman, P.-O., Ericksen, G., & MacKinnon, A. (Eds.). (2010). Exploring the Landscape of Scientific Literacy (0 ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203843284

Miarti. (2020, Oktober). [Personal communication].

Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Rosda.

Mugiarti, P. (2020, October 12). [Personal communication].

Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The Development of Digital Age Literacy: A Case Study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169–1179. https://doi.org/10.13106/JAFEB.2021.VOL8.NO2.1169

Potter, W. J. (2010). The State of Media Literacy. Journal of Broadcasting & Electronic Media, 54(4), 675–696. https://doi.org/10.1080/08838151.2011.521462

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sulisworo, D., & Suryani, F. (2014). The Effect of Cooperative Learning, Motivation And Information Technology Literacy to Achievement. International Journal of Learning and Development, 4(2), 58–67. https://doi.org/10.5296/ijld.v4i2.4908

Teguh, M. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 18–26.

Wahyuni, S. (2013). Pengembangan Model Asesmen Otentik dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Lisan di Sekolah Menengah Atas (SMA). LITERA, 9(1), 92–103. https://doi.org/10.21831/ltr.v9i1.1218

Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–343. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480

Wanelly, W. (2019). Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam Rangka Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 406–413. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.19

Widiastuti, R. (2020, October 23). [Personal communication].

Zulaeha, I. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Berkonteks Multikultural. LITERA, 12(1), 97–105. https://doi.org/10.21831/ltr.v12i01.1331

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

Priyanti, P., Wiyani, N. A., & Amini, M. (2022). Kontribusi Media Buku Harian dalam Pengembangan Budaya Literasi Menulis bagi Siswa Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 27(1), 26–40. https://doi.org/10.24090/insania.v27i1.5199

Terbitan

Bagian

Articles