QUANTUM LEARNING DAN FITRAH MANUSIA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Muhammad Miftah IAIN KUDUS

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.2820

Keywords:

Quantum Learning, Fitrah Manusia, Psikoanalisis, Pendidikan Islam.

Abstract

Fitrah manusia dalam Islam bukan berarti “kosong†tanpa mempunyai bekal apapun, melainkan fitrah disini diartikan membawa bakat atau disebut dengan potensi insaniah. Masing-masing individu memiliki potensi unik dan berbeda dengan individu lain. Perbedaan potensi inilah sebagai salah satu potensi indigenous masing-masing individu, potensi disini dapat menjadi kekuatan sekaligus kelemahan disisi yang lain, tinggal bagaimana individu mengembangkan dan mengoptimalkan potensi yang dimilikinya. Model pembelajaran Quantum learning secara praksis memadukan keunikan-keunikan yang muncul dari individu sehingga menjadi keterpaduan “simfoni†yang akan melejitkan seluruh potensi yang dimiliki individu, tanpa menutup dan mengabaikan keunikan dan perbedaan potensi yang dimiliki peserta didik. Melalui pendekatan teori psikoanalisa Sigmund Freud (id, ego, superego) ditemukan benang merah antara keterpaduan potensi individual dalam melejitkan potensi yang dimiliki individu dalam perspektif pendidikan Islam. Naluri manusia menginginkan akan kenyamanan dan kebahagian dalam pelbagai situasi, dalam hal ini quatum learning dapat menyelaraskan tiga unsur (id, ego, superego) yang dimilki manusia dalam proses pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assegaf, Abdurrachman. Filsafat Pendidikan Islam Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif-Interkonektif. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.

Chatib, Munif. Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelllgences Di Indonesia. Bandung: Kaifa Mizan Pustaka, 2015.

DePorter, Bobbi. Mempraktikan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa, 2010.

DePorter, Bobbi, and Mike Hernacki. Quantum Learning: Membiasaka Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa, 1999.

———. Quantum Learning: Unleashing the Genius In You. New York: Dell Publishing, 1992.

DePorter, Bobbi, Mark Reardon, and Sarah Singger Nourie. Quantum Teaching: Orchestrating Student Success. Boston: Allyn and Bacon, 1999.

Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2016.

Faizah, and Ulifa Rahma, dkk. Psikologi Pendidikan Aplikasi Teori Di Indonesia. Malang: UB Media, 2017.

Jalaluddin, and I Abdullah. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama, 1997.

Langgulung, Hasan. Manusia Dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi Dan Pendidikan. Jakarta: Mutiara Sumber Widya, 1995.

Muhammad Iqbal, Abu. Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Nawawi, Haidari. Hakekat Manusia Menurut Islam. Surabaya: Al-Iklas, 1993.

Riyanto, Yatim. Paradigma Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.

Santrock. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.

Suyanto, and Asep Djihad. Calon Guru Dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Presindo, 2012.

Tafsir, Ahmad. Filsafat Umum: Akal Dan Hati Sejak Thales Sampai James. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1992.

Wanger, Win. Beyond Teaching and Learning. Gaithersburg: Projeck Renaisance, 2000.

Zayadi, Ach. “Quantum Learning Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam XIII, no. 1 (2017).
Zuhairini. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Downloads

Published

2020-06-15

How to Cite

Miftah, M. (2020). QUANTUM LEARNING DAN FITRAH MANUSIA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 14–22. https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.2820

Issue

Section

Articles