TINGKAT PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA AKTIVIS

Penulis

  • Kholid Mawardi Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v24i1.2801

Kata Kunci:

Prokrastinasi, mahasiswa, skripsi, aktivis UKM

Abstrak

Abstrak: Skripsi adalah karya ilmiah yang diwajibkan sebagai bagian dari persyaratan akademis di Perguruan Tinggi. Semua mahasiswa wajib mengambil mata kuliah skripsi karena skripsi digunakan sebagai salah satu prasyarat bagi mahasiswa untuk memperoleh gelar sarjana. Umumnya mahasiswa diberikan waktu untuk menyelesaikan skripsi dalam jangka waktu satu semester atau lebih kurang enam bulan. Kenyataannya banyak mahasiswa yang memerlukan waktu lebih dari enam bulan untuk mengerjakan skripsinya. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang menjadi anggota atau aktivis UKM. Penyebab prokrastinasi mahasiswa adalah tidak adanya semangat mengerjakan skripsi, susah mendapatkan buku utama dan buku pendukung, rasa takut bertemu dosen saat mau berkonsultasi, malu untuk bertanya, dan malas mengerjakannya. Bahkan di antara mahasiswa aktivis UKM di IAIN Purwokerto lebih mementingkan kegiatan-kegiatan di UKM daripada menyelesaikan skripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa aktivis UKM di semua jurusan memiliki tingkat prokrastinasi sedang dengan berdasarkan kategorisasi prokrastinasi akademik berikut: 13% berada pada level sangat tinggi, 20% berada pada level tinggi, 57% berada pada level sedang, 10% berada pada level rendah, dan hanya 0% dari mahasiswa aktivis UKM di semua jurusan yang memiliki tingkat prokrastinasi rendah. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa rata-rata para mahasiswa melakukan prokrastinasi. Kata kunci: Prokrastinasi, mahasiswa, skripsi, aktivis UKM

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmaini, D. 2010. Perbedaan Prokrastinasi Akademik Antara Mahasiswa Yang Aktif Dengan Yang Tidak Aktif Dalam Organisasi Kemahasiswaan Pema USU. Universitas Sumatera Utara.

Azwar, S. 2000. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & Mc Cown, W. G. 1995. The Plenum series in social/clinical psychology. Procrastination and task avoidance: Theory, research, and treatment. New York: Plenum Press.

Ghufron, M. N., & Walgito, B. 2003. Hubungan Kontrol Diri dan Persepsi Remaja terhadap Penerapan Disiplin Orangtua dengan Prokrastinasi Akademik. Universitas Gadjah Mada.

Hayyinah. 2004. Religiusitas dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi,

Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Poerwodarminto. (1986). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Balai Pustaka.

Rizvi, A., Prawitasari, J. E., & Soetjipto, H. P. 1997. Pusat Kendali dan Efikasi-Diri Sebagai Prediktor terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 2(3).

Diterbitkan

2019-06-03

Cara Mengutip

Mawardi, K. (2019). TINGKAT PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA AKTIVIS. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(1), 120–130. https://doi.org/10.24090/insania.v24i1.2801

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.