INTEGRASI AGAMA DAN SAINS MELALUI MATA KULIAH PAI DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Hayat Hayat UNISMA Malang Jl. May jen Haryono 193 Malang, 65144

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v19i2.715

Keywords:

religious values, universities, students, the integration of Islam and science, nilai-nilai agama, perguruan tinggi, mahasiswa, integrasi Islam dan sains

Abstract

The purpose of this paper is to analyze the impact of Islamic Education (Pendidikan Agama Islam-PAI) to the behavior and character of students. The analyst is through the integration of Islam and science for students to practice aspects of Islamic religious values in daily life. Interconnection of Islam to science through the PAI should be used as a reflection of the universities in providing a comprehensive impact on the lives of the students to behave, act, do and say as the scientific community, to improve the quality of character and ethics for a better civilization. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menganalisis dampak Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap perilaku dan karakter mahasiswa. Analisnya adalah melalui integrasi Islam dan sains bagi mahasiswa terhadap aspek pengamalan nilainilai agama Islam dalam kehidupan sehari-sehari. Interkoneksi Islam terhadap sains melalui PAI harus dijadikan sebagai refleksi bagi PT dalam memberikan dampak secara komprehensif di dalam kehidupan mahasiswa dalam berperilaku, bertindak, berbuat dan berucap sebagai masyarakat ilmiah, tentunya untuk meningkatkan kualitas karakter dan etika bagi peradaban bangsa yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Az-Dzakie, Hamdani Bakran. 2005. Prophetic Intelligence: Kecerdasan Kenabian. Yogyakarta: Islamika.

Hamdan. 2008. “Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Pendidikan Islam Organisasi Muhammadiyah”. Ta’dib, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. XIII, No. 2, November 2008.

Hayat. 2013. “Pendidikan Islam dalam Konsep Prophetic Intelligence”, dalam Jurnal Pendidikan Islam, Vol. II, No. 2 Desember 2013.

Humaini. 2008. “Konsep Tazkiyatun Nafs Dalam Al-Qur’an dan Implikasinya Dalam Pengembangan Pendidikan Islam”. Tesis (Online). http://lib.uinmalang.ac.id/files/thesis/fullchapter/04110139.pdf. Diakses tanggal 20 Juni 2014.

Jumhur. 2008. “Asas Pendidikan Islam dalam Perspektif al-Qur’an dan al-Hadist: Kajian Ayat-Ayat dan Hadist Nabawi”, Ta’dib, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. XIII, No. 2, November 2008.

Murtopo, Ali. 2008. “Konsep Tujuan Pendidikan Islam Menurut Syed Muhammad Al-Attas”, Ta’dib, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. XIII, No. 2, November 2008.

Rohinah. 2013. “Filsafat Pendidikan Islam: Studi Filosofis Atas Tujuan dan Metode Pendidikan Islam”, dalam Jurnal Pendidikan Islam, Vol. II, No. 2, Desember 2013.

Suyatno. 2013. “Sekolah Islam Terpadu: Filsafat, Teologi, dan Trend Baru Pendidikan Islam di Indonesia”, dalam Jurnal Pendidikan Islam, Vol. II, No. 2, Desember 2013.

Tafsir, Ahmad. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zaenudin, M. dan Yusron, M. 2012. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Unit 272 Kegiatan Mahasiswa Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Surakarta Periode 2012”, dalam Jurnal Tajdida, Vol. 10, No. 2, Desember 2012.

Downloads

How to Cite

Hayat, H. (2016). INTEGRASI AGAMA DAN SAINS MELALUI MATA KULIAH PAI DI PERGURUAN TINGGI. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(2), 254–272. https://doi.org/10.24090/insania.v19i2.715

Issue

Section

Articles