Pembelajaran Menulis Teks Karangan dengan Strategi Modeling pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v26i2.6023Kata Kunci:
pembelajaran, menulis karangan, strategi modeling, siswa sekolah dasarAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan dan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan strategi modeling pada siswa kelas IV SD Negeri 81 Kecamatan Hiri Kota Ternate. Rancangan metode penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah informasi terkait hasil kegiatan belajar mengajar siswa setelah mengimplementasikan strategi modeling untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi. Sumber data lain yang digunakan adalah dokumen-dokumen pendukung yang mengacu pada prosedur secara sistematik dan terstandar untuk memperoleh data yang diperlukan. Data penelitian ini meliputi data proses dan data hasil. Data proses pembelajaran diperoleh melalui kegiatan pengamatan, wawancara, pencatatan lapangan, studi dokumentasi, dan perekaman selama proses pembelajaran. Data hasil berupa karangan siswa sebagai hasil unjuk kerja siswa dalam menulis deskripsi yang diperoleh selama mengikuti proses pembelajaran. Pemberian nilai akhir karangan siswa didasarkan atas rambu-rambu analisis penilaian hasil menulis karangan siswa yang meliputi: (1) kesesuaian tema, topik, dan isi karangan; (2) penggunaan dan penulisan ejaan; (3) diksi atau pilihan kata; (4) kepaduan antarkalimat dan antarparagraf; (5) kerapian tulisan; dan (6) bentuk karangan. Hasil penelitian berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan strategi modeling yang tahapannya meliputi tahap pramenulis, tahap saat menulis, dan tahap pascamenulis yang hasilnya menunjukan bahwa aktivitas dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan strategi modeling mencapai 89,8 %. Dengan demikian penelitian ini dapat memberikan referensi bagi para guru sekolah dasar untuk dapat menggunakan strategi modeling dalam proses menulis karangan deskripsi.Unduhan
Referensi
Akhadiah, S, Arsjad, M. G., & Ridwan, S. H. (1988). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Erlangga.
Brown, D. (2018). Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Indonesia.
Ekawaty, D. (2017). Pengaruh Penerapan Model Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(9), 1-9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/21646
Fatmawati, W. O., Ana, H. H., & Syahrir, A. (2016). UPT-Perpustakaan Universitas Halu Oleo Jurnal Humanika ISSN Hal 1-99 ISSN 1979-8296 Daftar Isi. 2(17).
Huberman, M. B. M. dan A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. UI Press.
Iskandar, I. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Dengan Strategi Modelling. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 91-104. https://doi.org/10.24256/pijies.v1i1.383
Jayanti, Y., & Ariawan, V. A. N. (2018). Implementasi Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 11-23. http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1442
Jurdil, R. R., Aryani, E. A., Geminiawati, W., Abdilah, D. A., Pebriani, R., Nursalam, S., Pratomo, S., & Caturiasari, J. (2021). Webinar Solusi Meningkatkan Kreativitas Menulis Anak Sekolah Dasar Upaya Memaksimalkan Pembelajaran Daringdi Masa Pendemi Covid-19. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 1(1), 71-84. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCSEE/article/view/33230
Keraf, G. (1995). Eksposisi dan Deskripsi. Nusa Indah.
Lutfiah, Z. A., Rukayah, R., & Kamsiyati, S. (2021). Analisis Kesulitan Menulis Teks Deskripsi pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(5), 1-7. https://doi.org/10.20961/ddi.v9i6.48736
Mayrita, H. (2017). Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Siswa Sekolah Dasar Melalui Teknik Objek Langsung. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 10(1), 23-32. https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalbinaedukasi/article/view/192
Maulana, P., & Ikhsan, M. T. H. (2018). Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Menulis Karangan Deskripsi di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 146-157. http://dx.doi.org/10.23969/jp.v3i2.1360
Meleong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Muchlisoh, D. (1999). Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 3. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi.
Semi, M. A. (2007). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Angkasa.
Slamet. (2008). Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Universitas Sebelas Maret Press.
Sudaryat, Y. (2009). Pembelajaran Menulis Berbasis Modeling. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 16(1), 37-48. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view /2606
Sugiyono. (2010). Metode penelitian. Rosdakarya.
Sunaryo. (2018). Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Dengan Metode Contextual Teaching And Learning Di Sekolah Dasar. Stilistika, 4(1), 81-88. https://doi.org/10.32585/.v4i1.100
Tarigan, H. G. (1983). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Wiyanto, A. (2004). Terampil Menulis Paragraf. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Zuhdi, A. R. dan D. (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra 1 Indonesia di Kelas Tinggi. Universitas Negeri Malang.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).