INTERNALISASI NILAI AKHLAKUL KARIMAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4255Kata Kunci:
Internalization, moral values, environmental approachAbstrak
Penelitian ini merupakan upaya untuk menggali nilai akhlak mulia dalam pendidikan Islam telaah surat al-A‘rÄf ayat 199-202. Pertanyaan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah konsep akhlak dalam pendidikan Islam? Dan apa saja nilai akhlak mulia dalam pendidikan Islam yang terkandung dalam surat al-A‘rÄf ayat 199-202? Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengertian akhlak menurut bahasa dan istilah, ruang lingkup akhlak, dan konsep akhlak dalam pendidikan Islam. Untuk menganalisis nilai akhlak mulia dalam pendidikan Islam yang terkandung dalam surat al-A’rÄf ayat 199-202. Metode penelitian ini adalah library research atau juga bisa disebut studi pustaka, yaitu penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan mengumpulkan sejumlah tafsir Qur’an, buku-buku, dan sumber lain yang berkenaan dengan masalah dan tujuan penelitian.Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya nilai akhlak mulia dalam pendidikan Islam di dalam surat al- A‘rÄf yaitu: pemaaf, menyeru pada kebaikan, menjauhi orang bodoh, berlindung kepada Allah, zikrullah, muhasabah, wara’.Unduhan
Referensi
Asliyah, zulehatun. 2014. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran PAI di SMPN 1 Karang Mancol Purbalingga. “Skripsi†UNEJ, Jember.
Departemen agama republik Indonesia. 2005. Mushaf al-quran terjemah. Jakarta: Gema insani.
Depdikbud. 1989. Kamus besar Bahasa indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
J. Moleong, Lexy. 2014. Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Langgulung, Hasan. 1980. Asas-asas pendidikan islam. Jakarta: Radar jaya offset.
Mahmudah, Umi. 2010. Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam pada pembelajaran PAI di SMPN 1 nusawungu cilacap. “Skripsiâ€. UIN Syarif Hidayatulloh, Jakarta.
Muhaimin. 1996. Strategi belajar mengajar. Surabaya: Citra media.
Mustangin. 2009. Internalisasi pendidikan akhlak melalui metode pembiasaan dan teladan di MTsN Tambok Banyumas. “Skripsi†Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Mustaqin, abdul. 2007. Akhlak tasawuf. Yogyakarta: Kreasi wacana.
Nasution, S. 2009. Metode research (penelitian ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
Rianto, yatim. 1996. Metodelogi penelitian pendidikan tinjauan dasar. Surabaya: SIC.
Sugiono. 2009. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Yus, anita. 2008. Pengembangan karakter melalui hubungan anak-kakek-nenek. Yogyakarta: Tiara wacana.
Zubaedi. 2011. Desain pendidikan karakter. Jakarta: Kencana.
Zuhairini. 1991. Filsafat pendidikan islam. Jakarta: Bumi Aksara.
La Hadisi, 2015, “Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Diniâ€, jurnal al-Ta’dib, vol 8, No 2 Juli-Desember
Nila A’inu Ningrum,†hubungan antara copling strategi dengan kenakalan remaja awaâ€, jurnal psikolog, No. 1, April:481-489l, 2012.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).