REFORMULASI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3751Kata Kunci:
Reformulasi, Kepemimpinan Pendidikan Islam, Era Revolusi Industri 4.0Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk memberikan alternatif solusi bagi dunia pendidikan berupa reformulasi kepemimpinan pendidikan Islam di era revolusi industri 4.0. Era Revolusi Industri 4.0 merupakan era yang ditandai dengan adanya revolusi digital yakni perpaduan berbagai teknologi yang mengaburkan garis ruang fisik, digital, dan biologis. Era ini berimplikasi pada semakin dekatnya jarang ruang dan waktu serta mengurangi aktivitas dan komunikasi secara fisik pada lokasi geografis. Semua berubah dari manual menuju serba digital yang ternyata berdampak signifikan terhadap berbagai lini kehidupan masyarakat, termasuk pada dunia pendidikan. Apabila kepemimpinan pendidikan Islam tidak mau dan mampu beradaptasi dengan era ini, maka pendidikan Islam akan semakin tertinggal. Untuk itu perlu dilakukan reformulasi kepemimpinan pendidikan Islam, yakni melalui langkah disruptive mindset, self-driving, dan reshape or create. Dengan langkah-langkah tersebut para pemimpin pendidikan Islam akan mampu memberikan terobosan-terobosan bagi pengembangan pendidikan Islam dan memberikan jaminan kepuasan bagi para penggunanya. Reformulasi kepemimpinan pendidikan Islam ini juga perlu didukung pula dengan penguatan terhadap user, penguatan strategi, dan penguatan teknologi informasi dan komunikasi yang berlandaskan pada nilai-nilai ke-Islam-an dan applicable sehingga pendidikan Islam mampu menjawab apa yang menjadi harapan dan kebutuhan masyarakat, bukan lagi sebatas pada pendidikan yang melangit namun pendidikan yang membumi.Unduhan
Referensi
Afifuddin. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Personal Press, 2008.
Atmosoedirdjo, Pradjoedi. Pengambilan Keputusan (Decision Making) Cet. IV. Jakarta: tp., 1976.
Burhanuddin. Analisis Administrasi, Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
Daradjat, Zakiah. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Ruhama, 1995.
Feidler A. Theory of Leadership Effectiveness. New York: Mc Grow Hill Book Company, 1967.
Muhammad, Haris. 2019. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1 (1): 45-57.
Indrafachrudi, Seokarto dkk, Pengantar Kepemimpinan Pendidikan, Surabaya: Usaha Offset Printing, 1993.
Juwariyah. Dasar-dasar Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an. Yogyakarta: Teras, 2010.
Kasali, Rhenald. 2017. Disruption “Tak Ada yang Tak Bisa Diubah Sebelum Dihadapi Motivasi Saja Tidak Cukup†Menghadapi Lawan-Lawan Tak Kelihatan dalam Peradaban Uber. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Konz dan O’Donnel. Management, Terj. Antariksa, dkk. Jakarta: Erlangga, 1989.
Langgulung, Hasan. 1988. Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Ma’arif, Syamsul. 2007. Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Marno, Triyo Suppriyatno, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, Bandung: Refika Aditma, 2008.
Muchtar, Heri Jauhari. Fikih Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Mulyasa, E, Menjadi Kepala Sekolah Professional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004.
Mulyono. Educational Leadership. Malang: UIN-Malang Press, 2012.
Nizar, Samsul. Memperbincangkan Dinamika Intelektual dan Pemikiran Hamka tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2008.
Purwanto, Ngalim. Administrasi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 1998.
Qomar, Mujamil, Manajemen Pendidikan Islam, Jakarta: Erlangga, 2009.
Ralph M. Stodgill, Handbook of Leadership. New York: The Free Press, 1974.
Roqib, Moh. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta, 2009.
Saebani, Beni Ahmad. Filsafat Manajemen. Bandung: Pustaka Setia, 2012.
Saefullah, U. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2012..
Siagian, Sondang P. FIlsafat Administrasi. Jakarta: Haji Masagung, 1990.
Toha, Miftah. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
Umar, Bukhari. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah, 2010.
Yunus, Mahmud. Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran. Jakarta: Hidakarya Agung, t.t.
Zainuddin, Muhadi dan Abd. Mustaqim. Studi Kepemimpinan Islam: Konsep, Teori, dan Praktiknya dalam Sejarah. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).