INTEGRASI PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI & IVAN PAVLOV DALAM MEMBENTUK PRILAKU PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3651Kata Kunci:
Habituation, riyadhoh, classical conditioning, behaviourAbstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relasi antara pemikiran Imam Al-Ghazali dan Ivan Pavlov dalam membentuk perilaku peserta didik dengan jalan pembiasaan. Dalam penelitian ini mengambil dua tokoh: Pertama Imam Al-Ghazali yang merupakan salah satu tokoh sufistik dengan menggunakan konsep riyadhoh dan dijuluki sebagai hujjatul Islam, Kedua Ivan Patrovich Pavlov yang merupakan salah satu tokoh teori belajar behavioristik dengan menggunakan konsep clasical conditioning dan dijuluki sebagai bapak teori behavioristik. Penelitian yang digunakan adalah library reseach dengan berpedoman pada buku-buku dari kedua tokoh tersebut. Pendekatan filosofis-historis dan content analisys menjadi acuan dalam memberikan penjelasan hasil data yang ditemukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menempuh jalan pembiasaan akan dapat memberikan perubahan pada tingkah laku seseorang. Pembiasan dilakukan melalui tiga tahapan yaitu takhalli (unconditioning stimulus), tahalli (conditioning stimulus), dan tajalli (conditioning respons) untuk dapat merefleksikan perilaku yang baik menjadi sebuah habits yang hai’ah dalam diri peserta didik.Unduhan
Referensi
Adisusilo, S. (2013). Pembelajaran Nilai-karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ahmad, M. (2011). Agama danPsikoanalisa Sigmund Freud. Religia Jurnal Ilmu-ilmu. Keislaman. 14(2), 277-296. doi: https://doi.org/10.28918/religia.v14i2.92
Al-Ghazali, I.M. 1995. Khuluqul Muslim, Terj. Bandung: Al-Ma’arif.
——— (1998). al-Munqidz min Adh-Dhala, Terj. Bandung: Pustaka Hidayah
——— (2008). Mukhtasyar Ihya' 'Ulumuddin, Terj. Yogyakarta: Absolut.
——— (2011). Ihya’ ’Ulumiddin, Terj. Jakarta: Republika Penerbit
——— (2014). Metode menaklukkan jiwa: pengendalian nafsu dalam perspektif sufistik, Terj. Bandung: MizanPustaka.
Amin, M. S. (2016). Ilmu Akhlak. Jakarta: Amzah.
Nasution, B. A. & Siregar, H. R. (2007). Akhlak Tasawuf. Depok: Raja Grafindo Persada.
Custers, Ruud &Aarts, A. (2010). The Unconscious Will: How the Pursuit of Goals Operates Outside of Conscious Awareness. Science. 329 (5987), 47-50. DOI: 10.1126/science.1188595
Familus. (2016). Teori Belajar Aliran Behavioristik Serta Implikasinya dalam Pembelajaran Improvisasi Jazz. Jurnal PPKn & Hukum. https://doi.org/10.1007/s00267-011-9698-0
Herdiansyah, H. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikologi. Jakarta: Salemba Humanika.
Kasiram, H. M. (2010). Metodologi Penelitia. Malang: UIN-Maliki Press.
Mz, R. S. (2018). AKHLAK ISLAMI PERSPEKTIF ULAMA SALAF. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.212
Muin, F. (2011). Pendidikan Karakter Konstruksi Teori & Praktek. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
LN, Y. S., & Juntika, A. N. (2007). Teori Kepribadian. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nahar, I. N. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. https://doi.org/10.1111/j.1365-2141.1992.tb08137.x
Purwanto, N. M. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rohmah, Noer. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Teras.
Sugihartono, Agus. F. S, Rohmah. S. N., & Kartika. N. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Zahruddin, & Hasanuddin. (2004). Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zulfahmi, S., & Hasmah, W. M. (2014). Perbandingan Pemikiran Konsep Akhlak Al-Ghazali Dan Ibn Miskawayh Dalam Aspek Intelek. The Online Journal of Islamic Education, 2, (2), 107-119.
Zulhammi. (2015). Teori belajar behavioristik dan humanistik dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Darul Ilmi. 3(1). 105-127.
Zulkifli.( 2018). Akhlak Tasawuf Jalan Lurus Mensucikan Diri. Yogyakarta: Kalimedia.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).