STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291Kata Kunci:
Strategy, active learning, early childhoodAbstrak
Abstrak: Peran guru pada dasarnya mengarahkan anak-anak sebagai generasi unggul, karena potensi anak tidak akan tumbuh dengan sendirinya tanpa bantuan guru. Anak-anak memerlukan lingkungan yang memungkinkan potensi mereka tumbuh dengan optimal. Anak-anak memiliki dunia sendiri yang khas dengan kacamata anak-anak. Hampir semua kegiatannya adalah bermain, mengeksplorasi benda-benda yang berada di sekitar mereka adalah kegiatan yang menyenangkan. Dengan demikian, untuk menghadapi mereka dibutuhkan adanya pembelajaran aktif. Adapun jenis-jenis strategi aktif terpadu bagi Anak Usia dini, yaitu: (1) Strategi BCCT atau (Beyond Centre and Circle Time); (2) Strategi Lempar Bola (Throwing Ball); (3) Strategi Brainstorming Simpel; (4) Strategi Pengulangan Cerita Aktif; (5) Strategi Rekam Jejak; (6) Pembelajaran berbasis Masalah. Kata Kunci: Strategy, active learning, early childhood.Unduhan
Referensi
Depdiknas. 2013. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Mini Jaya Abadi.
Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Siswa, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia.
Helmawati. 2015. Mengenal dan Memahami PAUD, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hisyam Zaini. 2019. Strategi Pembelajaran Aktif: Implementasi dan kendalanya di Dalam Kelas, Seminar Lokakarya Nasional Pendidikan Biologi , FKIP UNS, 18 Juli 2009.
Ihsana El Khuluqo.2015. Manajemen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Pendidikan Taman Kehidupan Anak, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mohamad Surya. 2014. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Bandung: PT. Bani Quraisy.
Muhammad Yaumi. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences, Jakarta: Dian Rakyat.
Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Novan Ardy Wiyani. 2016. Konsep Dasar PAUD, Yogyakarta: Gava Media.
Safrudin Aziz. 2017. Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini Panduan Bagi Guru, Orangtua, Konselor, dan Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:Kalimedia.
Sholihatin. 2011. Pengajaran Active Learning Dengan Model Pengajaran Terarah, Jakarta: Rineka Cipta.
Soegeng Ysh. 2012. A.Y, Pengembangan Sistem Pembelajaran, Semarang, IKIP PGRI Semarang Press.
Soemiarti Patmonodewo.2003. Pendidikan Anak Prasekolah, Jakarta; Rineka Cipta.
Wina Sanjaya. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik pengembangan KTSP, Jakarta; Kencana.
Wina Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan , Jakarta:Kencana.
Yuliani Nurani Sujiono.2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak, Jakarta: Indeks.
https://tkislambaitussalam.wordpress.com/2011/03/03/pendekatan-pembelajaran-bcct-kbm-sistem-sentra/
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).