STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK ANAK USIA DINI

Penulis

  • Uswatun Hasanah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro Lampung

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291

Kata Kunci:

Strategy, active learning, early childhood

Abstrak

Abstrak:  Peran guru pada dasarnya mengarahkan anak-anak sebagai generasi unggul, karena potensi anak tidak akan tumbuh dengan sendirinya tanpa bantuan guru. Anak-anak memerlukan lingkungan yang memungkinkan potensi mereka tumbuh dengan optimal.  Anak-anak memiliki dunia sendiri yang khas dengan kacamata anak-anak. Hampir semua kegiatannya adalah bermain, mengeksplorasi benda-benda yang berada di sekitar mereka adalah kegiatan yang menyenangkan. Dengan demikian, untuk menghadapi mereka dibutuhkan adanya pembelajaran aktif. Adapun jenis-jenis strategi aktif terpadu bagi Anak Usia dini, yaitu: (1) Strategi BCCT atau (Beyond Centre and Circle Time); (2) Strategi Lempar Bola (Throwing Ball); (3) Strategi Brainstorming Simpel; (4) Strategi Pengulangan Cerita Aktif; (5) Strategi Rekam Jejak; (6) Pembelajaran berbasis Masalah.   Kata Kunci: Strategy, active learning, early childhood.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad Susanto. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori), Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2013. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Mini Jaya Abadi.
Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Siswa, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia.
Helmawati. 2015. Mengenal dan Memahami PAUD, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hisyam Zaini. 2019. Strategi Pembelajaran Aktif: Implementasi dan kendalanya di Dalam Kelas, Seminar Lokakarya Nasional Pendidikan Biologi , FKIP UNS, 18 Juli 2009.
Ihsana El Khuluqo.2015. Manajemen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Pendidikan Taman Kehidupan Anak, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mohamad Surya. 2014. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Bandung: PT. Bani Quraisy.
Muhammad Yaumi. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences, Jakarta: Dian Rakyat.
Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Novan Ardy Wiyani. 2016. Konsep Dasar PAUD, Yogyakarta: Gava Media.
Safrudin Aziz. 2017. Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini Panduan Bagi Guru, Orangtua, Konselor, dan Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:Kalimedia.
Sholihatin. 2011. Pengajaran Active Learning Dengan Model Pengajaran Terarah, Jakarta: Rineka Cipta.
Soegeng Ysh. 2012. A.Y, Pengembangan Sistem Pembelajaran, Semarang, IKIP PGRI Semarang Press.
Soemiarti Patmonodewo.2003. Pendidikan Anak Prasekolah, Jakarta; Rineka Cipta.
Wina Sanjaya. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik pengembangan KTSP, Jakarta; Kencana.
Wina Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan , Jakarta:Kencana.
Yuliani Nurani Sujiono.2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak, Jakarta: Indeks.
https://tkislambaitussalam.wordpress.com/2011/03/03/pendekatan-pembelajaran-bcct-kbm-sistem-sentra/

Diterbitkan

2018-12-28

Cara Mengutip

Hasanah, U. (2018). STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK ANAK USIA DINI. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204–222. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.