Keefektifan Pembelajaran Menulis Surat Pribadi Untuk Kepentingan Resmi Menggunakan Model Pembelajaran M4 (Make A Match-Mind Map) Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas Vii Smp

Penulis

  • Nurul Fajriyah Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
  • Wagiran Wagiran Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v23i1.2005

Kata Kunci:

M4 learning model, personal letter for official purposes

Abstrak

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menulis surat pribadi untuk kepentingan resmi menggunakan model pembelajaran M4 (Make a Match-Mind Map). Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 4 Magelang dengan sampel kelas VII E. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran M4 efektif digunakan dalam pembelajaran menulis surat pribadi untuk kepentingan resmi dibuktikan dengan peningkatan rata-rata data tes awal (pretest) dan data tes akhir (posttest) yang mencapai 19,62 serta nilai signifikansi hasil uji t sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai data tes awal (pretest) dan data tes akhir (posttes)t model M4. Selain itu sebanyak 18 siswa atau 85,72% dalam kategori sangat baik atau efektif dalam menulis surat pribadi untuk kepentingan resmi. Kata kunci: M4 learning model; personal letter for official purposes

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ali, Adelan. 2009. Panduan Lengkap Korespondensi. Jakarta: Eska Media.

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Daryanto dan Mulyo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Djuharie, Otong Setiawan, Suherli, dan Teddy Sutandi Komarudin. 2011. Surat Menyurat Serbaguna Panduan Korespondensi Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Dwiningrum, Dessy. 2015. “Keefektifan Model Mind Maping dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa Kelas III SD Negeri Pekauman 2 Kota Tegal”. Skripsi. Unnes.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. 2014. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Kata Pena.

Nazir. 1983. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pratama, Ammar. 2010. Teknik Menulis Surat Menyurat Lengkap. Yogyakarta: Bintang Cemerlang.

Riswanto dan Pebri Prandika Putra. 2012. The Use of Mind Mapping Strategy in the Teaching of Writing at SMAN 3 Bengkulu, Indonesia. International Journal of Humanities and Social Science Vol. 2, No. 21.

Sadiman, Arief. 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dibud dan PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabata.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang: Unnes Press.

Diterbitkan

2018-04-04

Cara Mengutip

Fajriyah, N., & Wagiran, W. (2018). Keefektifan Pembelajaran Menulis Surat Pribadi Untuk Kepentingan Resmi Menggunakan Model Pembelajaran M4 (Make A Match-Mind Map) Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas Vii Smp. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(1), 41–50. https://doi.org/10.24090/insania.v23i1.2005

Terbitan

Bagian

Articles