Relevansi Standarisasi Pembelajaran Dan Penilaian Pada Kurikulum 2013 Dengan Konsep Perbedaan Individu Peserta Didik

Penulis

  • Novan Ardy Wiyani Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v22i1.1511

Kata Kunci:

assessment, standards, learners, learning

Abstrak

  Abstrak: Tulisan ini mengkaji tentang relevansi antara standarisasi dalam proses pembelajaran dan penilaian pada kurikulum 2013 dengan konsep perbedaan individu pada peserta didik. Hal itu kemudian memunculkan dua pertanyaan. Pertama, apakah pembelajaran dan penilaian dalam kurikulum berstandar. Kedua, dapatkah pembelajaran dan penilaian dalam perspektif kurikulum distandarkan jika dihadapkan dengan konsep perbedaan individu pada peserta didik. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa pembelajaran dan penilaian dalam perspektif kurikulum berstandar atau memiliki standar. Namun jika dihadapkan dengan konsep perbedaan individu pada peserta didik, pembelajaran dan penilaian kurang tepat untuk distandarkan. Sebaiknya dilakukan pergeseran paradigma dalam penyelenggaraan pembelajaran, dari paradigma pembelajaran yang berbasis standar menjadi paradigma pembelajaran yang berbasis perbedaan individu. Kata kunci : pembelajaran, penilaian, standar, peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Id.m.wikipedia.org/wiki/Dinamika_Sistem
Lampiran Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Lampiran Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Lampiran Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung : Rosda.
Munthe, Bermawi. 2009. Desain Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani.

Diterbitkan

2017-04-05

Cara Mengutip

Wiyani, N. A. (2017). Relevansi Standarisasi Pembelajaran Dan Penilaian Pada Kurikulum 2013 Dengan Konsep Perbedaan Individu Peserta Didik. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 22(1), 184–193. https://doi.org/10.24090/insania.v22i1.1511

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.