Relevansi Standarisasi Pembelajaran Dan Penilaian Pada Kurikulum 2013 Dengan Konsep Perbedaan Individu Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v22i1.1511Kata Kunci:
assessment, standards, learners, learningAbstrak
Abstrak: Tulisan ini mengkaji tentang relevansi antara standarisasi dalam proses pembelajaran dan penilaian pada kurikulum 2013 dengan konsep perbedaan individu pada peserta didik. Hal itu kemudian memunculkan dua pertanyaan. Pertama, apakah pembelajaran dan penilaian dalam kurikulum berstandar. Kedua, dapatkah pembelajaran dan penilaian dalam perspektif kurikulum distandarkan jika dihadapkan dengan konsep perbedaan individu pada peserta didik. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa pembelajaran dan penilaian dalam perspektif kurikulum berstandar atau memiliki standar. Namun jika dihadapkan dengan konsep perbedaan individu pada peserta didik, pembelajaran dan penilaian kurang tepat untuk distandarkan. Sebaiknya dilakukan pergeseran paradigma dalam penyelenggaraan pembelajaran, dari paradigma pembelajaran yang berbasis standar menjadi paradigma pembelajaran yang berbasis perbedaan individu. Kata kunci : pembelajaran, penilaian, standar, peserta didik.Unduhan
Referensi
Lampiran Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Lampiran Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Lampiran Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung : Rosda.
Munthe, Bermawi. 2009. Desain Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).