Teori Kritis Habermas dan Relevansinya dengan Pendidikan
Teori Kritis Habermas dan Relevansinya dengan Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v22i2.1207Kata Kunci:
Jurgen Habermas, Critical Theory, EducationalAbstrak
Makalah ini mengkaji tentang teori kritis yang dikembangkan oleh Jurgen Habermas, seorang filsuf aliran madzhab Frankfurt generasi kedua. Pandangan-pandangan kritis Habermas di dalam ilmu sosial yang banyak dikaji oleh para ilmuwan sosial ternyata dapat diimplementasikan ke dalam dunia pendidikan dan dirumuskan menjadi model pendidikan kritis. Teori kritis dan teori tindakan komunikatif Habermas untuk sosiologi pendidikan digunakan sebagai model bagaimana teori sosial dapat memberikan pengaruh dalam membentuk pemikiran dan tindakan di dalam dunia pendidikan. Teori kritis Habermas memberikan kontribusi dalam pencerahan menuju pendidikan yang lebih memanusiakan manusia, bukan melihat manusia sebagai kertas kosong yang tidak ada isinya.Unduhan
Referensi
Budi Hardiman. 1993. Menuju Masyarakat Komunikatif, Ilmu, Masyarakat, Politik, dan Postmodernisme menurut Jurgen Habermas. Yogyakarta: Kanisius.
Franz Magnis-Suseno. 1992. Filsafat sebagai Ilmu Kritis. Yogyakarta: Kanisius.
George Ritzer dan Douglas J. Goodman. 2008. Teori Sosiologi: Dari Teori Sosiologi Klasik sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern, terj. Nurhadi, Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Joy A. Palmer. 2006. Fifty Modern Thinker on Education: 50 Pemikir Paling berpengaruh dalam Pendidikan Modern. Yogyakarta: IRCiSoD.
Jurgen Habermas. 1971. Knowledge and Human Interest terj. Jeremy J. Saphiro. Boston: Beacon Press.
H.AR. Tilaar. 2002. Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: Grasindo.
Ian Craib. 1986. Teori-teori Sosial Modern: Dari Parsons Sampai Habermas, terj. Efendi. Jakarta: Grafindo Persada.
Philippe Cabin dan Jean Francois Dortier (ed). 2005. Sosiologi: Sejarah dan Berbagai Pemikirannya terj. Ninik Rochani Sjams. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Stevan M. Chan. 2002. Pendidikan Liberal Berbasis Sekolah. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Ziauddin Sardar. 1988. Tantangan Dunia Islam Abad 21: Menjangkau Informasi terj. A.E Priyono. Bandung: Penerbit Mizan.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).