Teori Kritis Habermas dan Relevansinya dengan Pendidikan

Teori Kritis Habermas dan Relevansinya dengan Pendidikan

Penulis

  • Fahri Hidayat Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Majenang

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v22i2.1207

Kata Kunci:

Jurgen Habermas, Critical Theory, Educational

Abstrak

Makalah ini mengkaji tentang teori kritis yang dikembangkan oleh Jurgen Habermas, seorang filsuf aliran madzhab Frankfurt generasi kedua. Pandangan-pandangan kritis Habermas di dalam ilmu sosial yang banyak dikaji oleh para ilmuwan sosial ternyata dapat diimplementasikan ke dalam dunia pendidikan dan dirumuskan menjadi model pendidikan kritis. Teori kritis dan teori tindakan komunikatif Habermas untuk sosiologi pendidikan digunakan sebagai model bagaimana teori sosial dapat memberikan pengaruh dalam membentuk pemikiran dan tindakan di dalam dunia pendidikan. Teori kritis Habermas memberikan kontribusi dalam pencerahan menuju pendidikan yang lebih memanusiakan manusia, bukan melihat manusia sebagai kertas kosong yang tidak ada isinya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bryan S. Turner. 2005. Menggugat Sosiologi Sekuler: Studi Analisis Atas Sosiologi Weber terj. Mudhofir Abdulloh. Yogyakarta: Suluh Press.
Budi Hardiman. 1993. Menuju Masyarakat Komunikatif, Ilmu, Masyarakat, Politik, dan Postmodernisme menurut Jurgen Habermas. Yogyakarta: Kanisius.
Franz Magnis-Suseno. 1992. Filsafat sebagai Ilmu Kritis. Yogyakarta: Kanisius.
George Ritzer dan Douglas J. Goodman. 2008. Teori Sosiologi: Dari Teori Sosiologi Klasik sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern, terj. Nurhadi, Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Joy A. Palmer. 2006. Fifty Modern Thinker on Education: 50 Pemikir Paling berpengaruh dalam Pendidikan Modern. Yogyakarta: IRCiSoD.
Jurgen Habermas. 1971. Knowledge and Human Interest terj. Jeremy J. Saphiro. Boston: Beacon Press.
H.AR. Tilaar. 2002. Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: Grasindo.
Ian Craib. 1986. Teori-teori Sosial Modern: Dari Parsons Sampai Habermas, terj. Efendi. Jakarta: Grafindo Persada.
Philippe Cabin dan Jean Francois Dortier (ed). 2005. Sosiologi: Sejarah dan Berbagai Pemikirannya terj. Ninik Rochani Sjams. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Stevan M. Chan. 2002. Pendidikan Liberal Berbasis Sekolah. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Ziauddin Sardar. 1988. Tantangan Dunia Islam Abad 21: Menjangkau Informasi terj. A.E Priyono. Bandung: Penerbit Mizan.

Diterbitkan

2017-09-10

Cara Mengutip

Hidayat, F. (2017). Teori Kritis Habermas dan Relevansinya dengan Pendidikan: Teori Kritis Habermas dan Relevansinya dengan Pendidikan. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 22(2), 252–270. https://doi.org/10.24090/insania.v22i2.1207

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.