Peran Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah dalam Penguatan Pendidikan Karakter (Suatu Kajian Konseptual Terkait Perpres No 87 Tahun 2017)

Peran Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah dalam Penguatan Pendidikan Karakter (Suatu Kajian Konseptual Terkait Perpres No 87 Tahun 2017)

Penulis

  • Zuri Pamuji Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v22i2.1206

Kata Kunci:

Character Strengthening, Teacher, Madrasah Ibtidaiyah

Abstrak

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental. Kebijakan tentang Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter ini tertuang dalam Peraturan Presiden No 87 tahun 2017. Kebijakan ini perlu direspon dengan segera secara sistematis dan komprehensif oleh setiap stakeholders yang ada di lembaga pendidikan, termasuk sekolah. Salah diantara stakeholders yang memiliki peran penting dalam gerakan penguatan pendidikan karater adalah guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah. Adapun alternatif peran guru kelas dalam gerakan tersebut dapat dilakukan dengan: pertama, menumbuhkan suasana psikologis di dalam kelas dan sekolah. Kedua, mengintegrasikan dalam kegiatan kurikuler. Ketiga, mengintegrasikan dalam kegiatan kokurikuler.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Daryanto dan Suyatri Darmiatun. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Danim, Sudarwan. 2014. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Koesoema, Doni. 2007. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Gramedia.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pedoman Sekolah; Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Balitbang Puskur.
Lickona, Thomas. 2016. Persoalan karakter; bagaimana membantu anak mengembangkan penilaian yang baik, integritas, dan kebajikan penting lainnya (terj.). Jakarta: Bumi Aksara.
Lickona, Thomas. 2015. Mendidik Untuk Membentuk Karakter (terj.). Jakarta: Bumi Aksara.
Major, Marc. J. 2008. The Teachers Survival Guide. USA: Rowman & Littlefield Education.
Mulyasa, E. 2014. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Peraturan Presiden (Perpres) No 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No 16 tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru.
Peraturan Pemerintah (PP) No 74 Tahun 2008 Tentang Guru.
Ryan, Kevin dan Karen E. Bohlin. 1999. Building Character in Schools: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life. San Francisco: Jossey-Bass A Wiley Imprint.
Shabir, M. 2015. Kedudukan Guru Sebagai Pendidik, Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015.
Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter; Konsepsi dalam Aplikasi di Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Zainal, A. & Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Jakarta: Gaung Persada Press.

Diterbitkan

2017-10-01

Cara Mengutip

Pamuji, Z. (2017). Peran Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah dalam Penguatan Pendidikan Karakter (Suatu Kajian Konseptual Terkait Perpres No 87 Tahun 2017): Peran Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah dalam Penguatan Pendidikan Karakter (Suatu Kajian Konseptual Terkait Perpres No 87 Tahun 2017). INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 22(2), 234–251. https://doi.org/10.24090/insania.v22i2.1206

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.