Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v27i2.6731Kata Kunci:
pembelajaran berbasis masalah, keterampilan berpikir kritis, BiologiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPA siswa kelas VII MTs Nurul Islam Sekarbela, Mataram. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, dengan desain nonequivalent control group design. Populasi siswa kelas VII yaitu terdapat empat kelas. Dua kelas perempuan yaitu VII A dan B dan dua kelas laki-laki yaitu VII C dan D, dengan total keseluruhan 120 siswa. Sampel penelitian yaitu kelas A dan B dengan teknik cluster random sampling dengan cara pengundian untuk menetukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah observasi dan tes, instrumen tes telah dilakukan uji validitas dari 10 soal didapatkan nilai r hitung (0,383-0,646) > r tabel (0,381) dan reliabiltas sebesar 0,570 dengan kategori reliabel. Teknik analisis data ada dua yaitu teknik deskriptif terdiri dari analisis keterlaksanaan pembelajaran dan keterampilan berpikir kritis serta analisis diferensial terdiri dari pengujian normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji anacova (analysis of covarians) dengan taraf signifikasi α = 0,05 dengan kriteria pengujian apa bila nilai sig < 0,05 maka H0 ditolak, sedangkan jika nilai sig > 0,05 maka H0 diterima. Berdasarkan data hasil uji hipotesis menunjukan Sig 0,00 < α 0,005. Jadi, kesimpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis IPA siswa.Unduhan
Referensi
Anindyta, P., & Suwarjo, S. (2014). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Regulasi Diri Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 209–221. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2720
Kurniahtunnisa, K., Dewi, N. K., & Utami, N.R., (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Sistem Ekskresi, Jurnal of Biology Education, 5(3), 15–23. https://doi.org/10.15294/jbe.v5i3.14865
Hartati, R. & Hayat, S. (2015, June 8-9). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Terpadu Siswa SMP. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015), Bandung, Indonesia.
Dharma, I. L. V. V., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(1), 44-58. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21916
Fahmi, F., Abdullah, A., & Irhasyuarna, Y. (2021). Empowering peat lands as a resource of learning natural science to strengthening environment care. Proceedings of the 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020), 1(1), 426-429. https://doi.org/ 10.2991/assehr.k.210222.072
Fahmi, F & Irhasyuarna, Y. (2019). Pengantar pendidikan: Manusia, pendidikan, dan perkembangan zaman. Program Studi Magister Keguruan IPA PPs ULM.
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–103. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906
Fatmawati, H., Mardiyana, M., & Triyanto, T. (2014). Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat (Penelitian pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014). Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(9), 911–922. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/4830
Fitriyyah, S. J., & Wulandari, T. S. H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran Biologi Materi Pemanasan Global. Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 13–27. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v12i1.27354
Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 12–22. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596
Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 221–230. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.262
Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 53–62. https://doi.org/10.15294/jipk.v12i1.13301
Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157–164. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3325
Lawson, A.E. (1995). Science Teaching and The Development of Thinking. Wadsworth Publishing Co.
Liberna, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(23), 190–203. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.101
Nadiya, N., Rosdianto, H., & Murdani, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Gerak Lurus Kelas X. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(2), 49–57. https://doi.org/10.26737/jipf.v1i2.63
Norrizqa, H. (2021). Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2016, 34–47. http://jbse.ulm.ac.id/index.php/PMPIPA/ issue/view/4
Nuraida, D. (2021). Analisis Aspek-Aspek Berpikir Kritis Mahasiswa Sebagai Langkah Awal Sebagai Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mereka. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 5–7. http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/391
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13–24. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645
Putri, C. D., Pursitasari, I. D., & Rubini, B. (2020). Problem Based Learning Terintegrasi STEM Di Era Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(2), 193–204. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.17859
Rachman, T. (2018). Aplikasi Model-Model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. CV Pilar Nusantara
Reddington, D. (2012). Developing Critical Thinking Skills in the ABE Classroom. Bureau of Adult Education Mini-Grant.
Satwika, Yohana W., Hermien L., & Riza N. K. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 3(1), 7–12. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p7-12
Suma, K., Suastra, I. W., & Astika, I. K. U., (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1), 45-59.
Susilo, A.B. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Berpikir Kritis Siswa SMP. Journal of Primary educational (JPE), 1(1), 57–67. https://doi.org/10.15294/jpe.v1i1.58
Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). Aksiologi Kemampuan Berpikir Kritis (Kajian Tentang Manfaat dari Kemampuan Berpikir Kritis). Journal of Science and Social Research, 4(3), 320–335. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.682
W, N. (2022, March 21). [Personal communication].
Wahyuni, T. W., Ningsih, K., & Wahyuni, E. S. (2017). Pengaruh Model PBL Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP. Khatulistiwa Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(11), 1–9. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i11.37489
Yahdi, Y., Hajaroh, S., & Marhamah, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Spin Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 2(1), 68–82. https://doi.org/10.20414/spin.v2i1.2012
Yustyan, S., Widodo, N., & Pantiwati, Y. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Siswa Kelas X SMA Panjura Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(2), 240–254. https://doi.org/10.22219/jpbi.v1i2.3335
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Neneng Agustiningsih, Nofita Wabadi Yaningsi, Muhammad Harja Effendi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).