Pengembangan Matriks Penilaian Program Sarjana Sembilan Standar Berbasis Excel dan Visual Basic for Application (VBA)
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v26i2.5982Kata Kunci:
pengembangan, Visual Basic for Application (VBA), matriks Excel IAPS, akreditasi program studi, borang 9 standarAbstrak
Penelitian ini merupakan pengembangan aplikasi Microsoft Excel berbasis Visual Basic for Application (VBA) Matriks Penilaian Program Sarjana 9 Standar dengan keunggulan produk yakni tampilan matriks dengan kalimat lebih sederhana, penilaian akreditasi, dashboard hasil penilaian, dan sistem informasi yang sesuai LKPS untuk memudahkan pembuatan LED berdasarkan evaluasi kuadran. Metode desain pengembangan 4-D dilakukan melalui 4 tahap yakni: define, design, develop, and disemination. Tahap define meliputi analisis kebutuhan pengelola program studi menghadapi akreditasi, matriks penilaian program studi 9 standar, analisis dashboard. Tahap design meliputi pemilihan format perhitungan, format dashboard, program Excel rancangan awal (prototype I). Tahap develop yakni validasi terhadap desain produk awal dengan hasil penilaian aspek isi 4,6250 kriteria valid, tampilan 4,3750 kriteria valid, dan pemrogram 4,1250 kriteria valid (prototype II). Uji coba terbatas dilakukan kepada seluruh anggota SPMI UNUGHA didapat skor setiap item lebih dari atau sama dengan 3,75 dengan rerata 4,3276 yang berarti layak dengan peringkat baik sekali (prototype III). Tahun pertama uji coba lapangan dilakukan di Program Studi Matematika Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto didapat skor setiap item lebih dari atau sama dengan 3,75 dengan rerata 4,1354 yang berarti layak dengan peringkat baik sekali (prototype IV). Tahap disemination (prototype 4) dilakukan dalam dua bentuk: publikasi ilmiah dalam jurnal nasional terakreditasi SINTA4 jurnal ilmiah “INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan" dan karya intelektual: aplikasi Microsoft Excel berbasis Visual Basic for Application (VBA) Matriks Penilaian Program Sarjana 9 Standar (final project).Unduhan
Referensi
Astuti, I. A. D., & Bhakti, Y. B. (2018). Interactive Learning Multimedia Based Microsoft Excel on the Temperature and Heat. Unnes Science Education Journal, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.15294/usej.v7i1.21355
Budiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. UNS Press.
Budiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. UNS Press.
Budiyono. (2011). Penilaian Hasil Belajar. UNS Press.
Fatmawati, N. L. (2021). Pengembangan Video Animasi Powtoon sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Usia Sekolah Dasar di Masa Pandemi. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(1), 65–77. https://doi.org/10.24090/insania.v26i1.4834
Hakim, A. L. (2019). Pengembangan Matriks antar Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 18(2), 42–48. https://doi.org/10.33221/jikes.v18i2.219
Harmastuti, & Setyowati, D. (2018). Pemanfaatan Microsoft Excel untuk Pembelajaran Matematika dan Grafik. Jurnal Dharma Bakti, 1(1), 57–66. https://doi.org/10.34151/dharma.v1i1.294
Hasana, S. N., & Maharany, E. R. (2017). Pengembangan Multimedia Menggunakan Visual Basic For Aplication (VBA) untuk meningkatkan Profesionalisme Guru Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 30–40.
Kardoyo, & Nurkhin, A. (2016). Analisis Kepuasan Pelayanan Perguruan Tinggi (Kasus pada Prodi Magister Pendidikan Ekonomi Unnes). Cakrawala Pendidikan, XXXV(2), 164–175. https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.9881
Marjuki, Mardapi, D., & Kartowagiran, B. (2018). Pengembangan Model Akreditasi Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 105–117. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.9860
Pane, I. Z. (2015). Pemanfaatan Microsoft Excel Sebagai Perangkat Pengembangan Prototipe Piranti Lunak Visual. Ultima InfoSys : Jurnal Ilmu Sistem Informasi, 6(1), 20–26. https://doi.org/10.31937/si.v6i1.275
Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Instrumen Suplemen Konversi, Pub. L. No. 2 (2020).
Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Pengajuan Permohonan Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi, Pub. L. No. 4 (2019).
Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Instrumen Akreditasi Program Studi, Pub. L. No. 5 (2019).
Raditya, A. A., Kartono, & Raharjana, I. K. (2016). Sistem Dashboard untuk Persiapan Akreditasi Program Studi Sarjana Berdasarkan Standar BAN-PT. Jurnal Sistem Informasi, 8(1), 871–882. https://doi.org/10.36706/jsi.v8i1.2956
Raharjo, S. B. (2012). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511–532. https://doi.org/10.21831/pep.v16i2.1129
Santika, S., Nugraha, D. A., & Solihat, A. N. (2019). Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Berbasis Masalah Dengan Bantuan Microsoft Excel Pada Mata Kuliah Program Komputer. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(1), 23–30. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v4i1.1723
Saputro, F. C., Anggraeni, W., & Mukhlason, A. (2012). Pembuatan Dashboard Berbasis Web Sebagai Sarana Evaluasi Diri Berkala untuk Persiapan Penilaian Akreditasi Berdasarkan Standar Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Jurnal Teknik ITS, 1(1), 397–402. http://dx.doi.org/10.12962/j23373539.v1i1.1141
Sugiarti, Bahri, S., & Setiawati, D. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Akreditasi Teknik Informatika Pada Studi Kasus Standar 7. Journal Informatic Technology And Communication, 2(3), 27–33. https://doi.org/10.36596/jitu.v2i3.41
Supit, J. W., Tulenan, V., & Sentinuwo, S. R. (2021). Rancang Bangun Simulasi Akreditasi Program Studi Berbasis Web. Jurnal Teknik Informatika, 15(3), 163–170.
Syaharuddin, Febriana, E., & Mandailina, V. (2021). Kombinasi Delphi XE8 dan Ms Acces Dalam Desain DASS. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 1(2), 1–8.
Ulum, I. (2019). Intellectual Capital Framework Perguruan Tinggi di Indonesia Berdasarkan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0. Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan, 9(3), 309–318. https://doi.org/10.22219/jrak.v9i3.10227
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).