The PENGUATAN LITERASI ANAK MELALUI PROGRAM KELAS PENULIS CILIK

Penulis

  • Umi - Farkhatun IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3767

Kata Kunci:

kelas, penguatan

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat baca siswa Indonesia sebagai salah satu keterampilan dalam literasi. Sebagai alternatif solusi dari hal tersebut, diperlukan sebuah program penguatan literasi yang efektif bagi anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas program kelas penulis cilik sebagai program penguatan literasi anak. Subjeknya adalah 20 peserta kelas penulis cilik di PKBM Ar Rosyid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kelas penulis cilik efektif dalam penguatan literasi anak-anak karena melalui metode pembelajaran yang menarik, program ini telah berhasil menerbitkan dua buah buku antologi yang ditulis oleh 67 penulis cilik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ajisuksmo, Clara R.P, at.al. 2019. “Pelatihan Kerajinan Decoupage Sebagai Cara untuk Menumbuhkan Budaya Literasi Kaum Perempuan” dalam Jurnal Abdimas Dewantara edisi Vol. 2, No. 2, 158-170.
Dikdasmen. 2016. Panduan gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Kemendikbud.
Keraf, Gorys. 2004. Komposisi. Semarang: Bina Putera.
Mangesti P.R Dwi dan Heru Subrata. 2018. “Penggunaan Media Gamelan Sederhana dalam Pembelajaran Tembang Dolanan di Kelas IV SDN Sumur Welut 1 Surabaya”. Jurnal PGSD. Vol. 06, No. 09, 1599-1609.
Priyatni, E. T. 2015. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Safitri, Laela, at.al. 2019. “Pengaruh Membaca 15 Menit Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 5 No. 2, 153-157.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Tarigan, H.G. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Warsihna, Jaka. 2016. “Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)”. Jurnal Kwangsan. Vol. 4 No. 2, 67-80.
Zati, Vidya A.D. 2018. “Upaya untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Dini”. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas. Vol. 4 No. 1, 18-21.

Diterbitkan

2020-06-21

Cara Mengutip

Farkhatun, U. .-. (2020). The PENGUATAN LITERASI ANAK MELALUI PROGRAM KELAS PENULIS CILIK. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 114–122. https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3767

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.