The PENGUATAN LITERASI ANAK MELALUI PROGRAM KELAS PENULIS CILIK
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3767Kata Kunci:
kelas, penguatanAbstrak
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat baca siswa Indonesia sebagai salah satu keterampilan dalam literasi. Sebagai alternatif solusi dari hal tersebut, diperlukan sebuah program penguatan literasi yang efektif bagi anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas program kelas penulis cilik sebagai program penguatan literasi anak. Subjeknya adalah 20 peserta kelas penulis cilik di PKBM Ar Rosyid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kelas penulis cilik efektif dalam penguatan literasi anak-anak karena melalui metode pembelajaran yang menarik, program ini telah berhasil menerbitkan dua buah buku antologi yang ditulis oleh 67 penulis cilik.Unduhan
Referensi
Dikdasmen. 2016. Panduan gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Kemendikbud.
Keraf, Gorys. 2004. Komposisi. Semarang: Bina Putera.
Mangesti P.R Dwi dan Heru Subrata. 2018. “Penggunaan Media Gamelan Sederhana dalam Pembelajaran Tembang Dolanan di Kelas IV SDN Sumur Welut 1 Surabayaâ€. Jurnal PGSD. Vol. 06, No. 09, 1599-1609.
Priyatni, E. T. 2015. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Safitri, Laela, at.al. 2019. “Pengaruh Membaca 15 Menit Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasarâ€. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 5 No. 2, 153-157.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Tarigan, H.G. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Warsihna, Jaka. 2016. “Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)â€. Jurnal Kwangsan. Vol. 4 No. 2, 67-80.
Zati, Vidya A.D. 2018. “Upaya untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Diniâ€. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas. Vol. 4 No. 1, 18-21.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).