MENINGKATKAN ANTUSIASME SISWA TERHADAP KEGIATAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI PROGRAM LITERASI MEMBACA “TUNGGU AKUâ€
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2303Kata Kunci:
Student Enthusiasm, Studying Activity, Learning, Reading LiteracyAbstrak
Abstrak: Program Literasi Membaca “Tunggu Aku†yang dilaksanakan di MI Diponegoro 03 Karangklesem dapat meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar dan pembelajaran di kelas. Dari ketiga kegiatan tersebut ada kerjasama antara pihak guru dan wali murid untuk menyukseskan program ini. Ada tiga aktivitas dalam program literasi membaca ini yakni aktivitas membaca, dan aktivitas prabaca yang dilakukan di rumah bersama orangtua, serta aktivitas pascabaca yang akan dilakukan bersama guru di sekolah. Dari ketiga aktivitas di atas, guru menggunakan aktivitas pascabaca untuk memaksimalkan program literasi membaca ini, yakni untuk meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar dan pembelajaran di kelas. Kegiatan-kegiatan pascabaca yang dilakukan guru bersama siswa di antaranya seperti: (1) mengembangkan kemampuan berpikir imajinatif melalui bercerita; (2) mengembangkan kemampuan berpikir siswa dengan bermain peta konsep kata; dan (3) mengembangkan kemampuan berpikir anak melalui bermain pola huruf dalam kata. Kata Kunci: Student Enthusiasm. Studying Activity, Learning, And Reading Literacy.Unduhan
Referensi
Chatib, Munif. 2015. Kelasnya Manusia. Bandung: Kaifa.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hanafy, Muh. Sain. 2014. Konsep Belajar dan Pembelajaran, dalam Jurnal Lentera Pendidikan, Col. 17 No.1 , Makassar: UIN Alauddin.
Harsiati, Titik. 2018. Karakteristik Soal Literasi Membaca pada Program PISA. Jurnal Litera Volume 17, Nomor 1, 2018.
Nasution, Noehi dkk. 1999. Materi Pokok Psikologi Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Dep. Agama dan Universitas Terbuka.
Samuel, Donald. 2015. Antusiasme Guru Dalam Program Pengembangan Kompetensi Pedagogik dan Determinannya, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret..
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).