MENINGKATKAN ANTUSIASME SISWA TERHADAP KEGIATAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI PROGRAM LITERASI MEMBACA “TUNGGU AKU”

Penulis

  • Titik Suciati Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2303

Kata Kunci:

Student Enthusiasm, Studying Activity, Learning, Reading Literacy

Abstrak

Abstrak: Program Literasi Membaca “Tunggu Aku†yang dilaksanakan di MI Diponegoro 03 Karangklesem dapat meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar dan pembelajaran di kelas. Dari ketiga kegiatan tersebut ada kerjasama antara pihak guru dan wali murid untuk menyukseskan program ini. Ada tiga aktivitas dalam program literasi membaca ini yakni aktivitas membaca, dan aktivitas prabaca yang dilakukan di rumah bersama orangtua, serta aktivitas pascabaca yang akan dilakukan bersama guru di sekolah. Dari ketiga aktivitas di atas, guru menggunakan aktivitas pascabaca untuk memaksimalkan program literasi membaca ini, yakni untuk meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar dan pembelajaran di kelas. Kegiatan-kegiatan pascabaca yang dilakukan guru bersama siswa di antaranya seperti: (1) mengembangkan kemampuan berpikir imajinatif melalui bercerita; (2) mengembangkan kemampuan berpikir siswa dengan bermain peta konsep kata; dan (3) mengembangkan kemampuan berpikir anak melalui bermain pola huruf dalam kata.   Kata Kunci: Student Enthusiasm. Studying Activity, Learning, And Reading Literacy.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abidin, Yunus. 2017. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara:
Chatib, Munif. 2015. Kelasnya Manusia. Bandung: Kaifa.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hanafy, Muh. Sain. 2014. Konsep Belajar dan Pembelajaran, dalam Jurnal Lentera Pendidikan, Col. 17 No.1 , Makassar: UIN Alauddin.
Harsiati, Titik. 2018. Karakteristik Soal Literasi Membaca pada Program PISA. Jurnal Litera Volume 17, Nomor 1, 2018.
Nasution, Noehi dkk. 1999. Materi Pokok Psikologi Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Dep. Agama dan Universitas Terbuka.
Samuel, Donald. 2015. Antusiasme Guru Dalam Program Pengembangan Kompetensi Pedagogik dan Determinannya, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret..
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Diterbitkan

2018-10-03

Cara Mengutip

Suciati, T. (2018). MENINGKATKAN ANTUSIASME SISWA TERHADAP KEGIATAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI PROGRAM LITERASI MEMBACA “TUNGGU AKU”. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 314–326. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2303

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.