Takror Sebagai Tradisi Pengembangan Pembelajaran Santri Di Pondok Pesantren

Penulis

  • Mawi Khusni Albar Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v23i1.2014

Kata Kunci:

Pesantren, Takror, The Curriculum Rigidity

Abstrak

Abstrak: Pesantren sejak kemunculannya telah banyak memberikan warna di negeri Indonesia ini. Termasuk di dalamnya dengan banyaknya tradisi yang hingga saat ini masih layak untuk dikembangkan di era saat ini. Takror merupakan metode pembelajaran di pesantren khususnya di pesantren-pesantren salaf. Takror merupakan solusi yang diharapkan dapat melibatkan ustadz dengan santrinya, sehingga mereka dapat berinteraktif dalam pembelajaran, juga memberi dampak kuat bagi pemahaman atas materi yang telah diajarkan guru, serta menumbuhkan sifat berani dan percaya diri yang tinggi untuk merefleksikan pengetahuannya dihadapan orang lain baik secara individu maupun kolektif. Kata Kunci: Pesantren, Takror, The Curriculum Rigidity

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A.Chozin Nasuha. 1989. “Epistemologi Kitab Kuning”, dalam Pesantren, No. 1, Vol. VI

Abdurrahman Wahid. 1985. Nilai-Nilai Kaum Santri dalam M. Dawam Rahardjo, Pergulatan Dunia Pesantren: Membangun dari Bawah, Jakarta: P3M.

Ahmad Warson Munawwir. 1997. Kamus Indonsesia-Arab. Surabaya: Pustaka Progressif

Al-Syaibani, Omar Muhammad Al-Toumy.1979. Falsafah At-Tarbiyah Al-Islamiyah, terjemahan: Hasan Lunggalung. Jakarta:Bulan Bintang.

Amin Syukur. 2010. Pengantar Studi Islam. Semarang: PT.Pustaka Rizki Putra.

Dhofier, Zamarkasi. 1982. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES.

Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hasan Muarif Ambary. 1998. Menemukan Peradaban Jejak Arkeologis Historis Islam di Indonesia. Logos. Wacana Ilmu. Jakarta

Imam Bawani. 1993. Tradisionalisme dalam Pendidikan Islam Studi tentang Daya Tahan Pesantren Tradisional. Surabaya: Al Ihlas

Adib Mustofa Hanafi. 1993. “Sejarah Perkembangan Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren, Studi Kasus di Pondok Pesantren Tebuireng Kabupaten Jombang Jawa Timur” dalam Skripsi. Malang: Fak. Pendidikan IPS IKIP

M. Dawam Rahardjo. 1985. Pergulatan Dunia Pesantren: Membangun dari Bawah, Jakarta: P3M.

Mastuhu, 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Syaiful Bahri Djamarah. 2015. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif,
Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Thontowi, 2008. “Pendidikan dan Tradisi (Menakar tradisi Pendidikan Pesantren)” dalam Jurnal Tadris, Vol 3 No. 2 Tahun 2008

Turmudi, Endang. 2004. Perselingkuhan Kiai dan Kekuasaan. Yogyakarta:

Zuhairini,dkk. 1983. Metode Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional.

Diterbitkan

2018-03-30

Cara Mengutip

Albar, M. K. (2018). Takror Sebagai Tradisi Pengembangan Pembelajaran Santri Di Pondok Pesantren. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(1), 141–156. https://doi.org/10.24090/insania.v23i1.2014

Terbitan

Bagian

Articles