Takror Sebagai Tradisi Pengembangan Pembelajaran Santri Di Pondok Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v23i1.2014Kata Kunci:
Pesantren, Takror, The Curriculum RigidityAbstrak
Abstrak: Pesantren sejak kemunculannya telah banyak memberikan warna di negeri Indonesia ini. Termasuk di dalamnya dengan banyaknya tradisi yang hingga saat ini masih layak untuk dikembangkan di era saat ini. Takror merupakan metode pembelajaran di pesantren khususnya di pesantren-pesantren salaf. Takror merupakan solusi yang diharapkan dapat melibatkan ustadz dengan santrinya, sehingga mereka dapat berinteraktif dalam pembelajaran, juga memberi dampak kuat bagi pemahaman atas materi yang telah diajarkan guru, serta menumbuhkan sifat berani dan percaya diri yang tinggi untuk merefleksikan pengetahuannya dihadapan orang lain baik secara individu maupun kolektif. Kata Kunci: Pesantren, Takror, The Curriculum RigidityUnduhan
Referensi
Abdurrahman Wahid. 1985. Nilai-Nilai Kaum Santri dalam M. Dawam Rahardjo, Pergulatan Dunia Pesantren: Membangun dari Bawah, Jakarta: P3M.
Ahmad Warson Munawwir. 1997. Kamus Indonsesia-Arab. Surabaya: Pustaka Progressif
Al-Syaibani, Omar Muhammad Al-Toumy.1979. Falsafah At-Tarbiyah Al-Islamiyah, terjemahan: Hasan Lunggalung. Jakarta:Bulan Bintang.
Amin Syukur. 2010. Pengantar Studi Islam. Semarang: PT.Pustaka Rizki Putra.
Dhofier, Zamarkasi. 1982. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES.
Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Hasan Muarif Ambary. 1998. Menemukan Peradaban Jejak Arkeologis Historis Islam di Indonesia. Logos. Wacana Ilmu. Jakarta
Imam Bawani. 1993. Tradisionalisme dalam Pendidikan Islam Studi tentang Daya Tahan Pesantren Tradisional. Surabaya: Al Ihlas
Adib Mustofa Hanafi. 1993. “Sejarah Perkembangan Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren, Studi Kasus di Pondok Pesantren Tebuireng Kabupaten Jombang Jawa Timur†dalam Skripsi. Malang: Fak. Pendidikan IPS IKIP
M. Dawam Rahardjo. 1985. Pergulatan Dunia Pesantren: Membangun dari Bawah, Jakarta: P3M.
Mastuhu, 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Syaiful Bahri Djamarah. 2015. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif,
Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Thontowi, 2008. “Pendidikan dan Tradisi (Menakar tradisi Pendidikan Pesantren)†dalam Jurnal Tadris, Vol 3 No. 2 Tahun 2008
Turmudi, Endang. 2004. Perselingkuhan Kiai dan Kekuasaan. Yogyakarta:
Zuhairini,dkk. 1983. Metode Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).