Takror Sebagai Tradisi Pengembangan Pembelajaran Santri Di Pondok Pesantren

Authors

  • Mawi Khusni Albar Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v23i1.2014

Keywords:

Pesantren, Takror, The Curriculum Rigidity

Abstract

Abstract: Pesantren since their appearance have given many colors in this country. This includes the many traditions that until now are still feasible to be developed in the current era. Takror is a method of learning in Islamic boarding schools, especially in Islamic boarding schools. Takror is a solution that is expected to involve clerics with their students, so that they can interact in learning, also have a strong impact on understanding the material that has been taught by the teacher, and foster a high courage and confidence to reflect their knowledge in front of others both individually and collective. Keywords: Pesantren, Takror, Rigiditas Kurikulum

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Chozin Nasuha. 1989. “Epistemologi Kitab Kuning”, dalam Pesantren, No. 1, Vol. VI

Abdurrahman Wahid. 1985. Nilai-Nilai Kaum Santri dalam M. Dawam Rahardjo, Pergulatan Dunia Pesantren: Membangun dari Bawah, Jakarta: P3M.

Ahmad Warson Munawwir. 1997. Kamus Indonsesia-Arab. Surabaya: Pustaka Progressif

Al-Syaibani, Omar Muhammad Al-Toumy.1979. Falsafah At-Tarbiyah Al-Islamiyah, terjemahan: Hasan Lunggalung. Jakarta:Bulan Bintang.

Amin Syukur. 2010. Pengantar Studi Islam. Semarang: PT.Pustaka Rizki Putra.

Dhofier, Zamarkasi. 1982. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES.

Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hasan Muarif Ambary. 1998. Menemukan Peradaban Jejak Arkeologis Historis Islam di Indonesia. Logos. Wacana Ilmu. Jakarta

Imam Bawani. 1993. Tradisionalisme dalam Pendidikan Islam Studi tentang Daya Tahan Pesantren Tradisional. Surabaya: Al Ihlas

Adib Mustofa Hanafi. 1993. “Sejarah Perkembangan Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren, Studi Kasus di Pondok Pesantren Tebuireng Kabupaten Jombang Jawa Timur” dalam Skripsi. Malang: Fak. Pendidikan IPS IKIP

M. Dawam Rahardjo. 1985. Pergulatan Dunia Pesantren: Membangun dari Bawah, Jakarta: P3M.

Mastuhu, 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Syaiful Bahri Djamarah. 2015. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif,
Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Thontowi, 2008. “Pendidikan dan Tradisi (Menakar tradisi Pendidikan Pesantren)” dalam Jurnal Tadris, Vol 3 No. 2 Tahun 2008

Turmudi, Endang. 2004. Perselingkuhan Kiai dan Kekuasaan. Yogyakarta:

Zuhairini,dkk. 1983. Metode Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional.

Downloads

Published

2018-03-30

How to Cite

Albar, M. K. (2018). Takror Sebagai Tradisi Pengembangan Pembelajaran Santri Di Pondok Pesantren. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(1), 141–156. https://doi.org/10.24090/insania.v23i1.2014

Issue

Section

Articles