Implementasi Model Islamic Peace Education di SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu

Penulis

  • Adnan Yusufi Universitas Peradaban Bumiayu

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v23i1.2013

Kata Kunci:

Bullying, Islamic Peace Education, Curriculum 2013 Integration

Abstrak

Abstrak: Dalam beragam bentuk, fenomena bullying di Indonesia kian marak terjadi, khususnya dalam dunia pendidikan. Konsep pendidikan perdamaian dianggap mampu menjadi alternatif upaya meminimalisasi tindakan kekerasan tersebut. SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu merupakan salah satu lembaga pendidikan dasar yang menitikberatkan pada pembelajaran yang bernuansa Islami, saling menghormati, toleransi dan rasa persahabatan tanpa adanya kekerasan (Islamic Peace Education). Penerapan model pendidikan perdamaian Islami tersebut berupa pembelajaran sekolah dasar berbasis Islam yang segala aktivitas anak di sekolah dikemas dalam satu sistem pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis desain model Islamic peace education di SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu sekaligus implementasi serta faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan yang dipandang cocok untuk jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh informasi bahwa desain model Islamic peace education yang diterapkan di SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu merupakan pendidikan hasil integrasi antara kurikulum 2013 Kemdikbud dengan Kemenag RI yang dikemas dalam pembelajaran sekolah dasar berbasis Islam. Implementasi model tersebut diselenggarakan melalui tiga kegiatan utama, yakni intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler dengan pendekatan keteladanan dan pembiasaan serta berwawasan integratif inklusif. Kegiatan implementasi berupa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun faktor pendukung yang ada diantaranya kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan yayasan maupun walimurid dan masyarakat. Sedangkan kendala yang dihadapi belum maksimalnya kualitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh sekolah dan juga keterbatasan fasilitas pendidikan yang ada. Kata Kunci : Bullying, Islamic Peace Education, Curriculum 2013 Integration

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abd. Rahman Assegaf. 2004. Pendidikan Tanpa Kekerasan Tipologi Kondisi, Kasus dan Konsep. Yogyakarta: Tiara Wacana
Abdurrahman Wahid, dkk.. 2010. Islam Tanpa Kekerasan. Yogyakarta: LKiS
Ahmad Minan Zuhri. 2010. “Pendidikan Damai (Peace Education) dalam Islam” dalam Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga

Armai Arif. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press

Bambang Sipayung SJ, dkk. 2008. Program Pendidikan Damai Menggunakan Film Boneka dan Boneka. Jogjakarta: Jesuit Refugee Sevice

C.B. Mulyatno. 2016. Filsafat Perdamaian. Yogyakarta: Kanisius

Dodie Wibowo Brotowahono. 2008. “Apa itu Pendidikan Perdamaian” https://www.mindtalk.com/channel/peaceeducation/post/apa-itu-pendidikan-perdamaian-510417977519432074.html

Hilman Latief dan Zezen Zaenal Mutaqin. 2015. Islam dan Urusan Kemanusiaan; Konflik, Perdamaian, dan Filantropi. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta

Ian Harris. 2008. History Of Peace Education, Makalah, Milwaukee: University of Wisconsin, dalam Ensiclopedy of Peace Education, Columbia University. Dapat diakses di https://www.tc.columbia.edu/centers/epe/PDF%20articles/Harris_ch2_22feb08.pdf

Imam Machali. 2012. “Peace Education dan Deradikalisasi Agama” dalam Jurnal Pendidikan Islam FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Vol. II No. 1, Juni 2012. Dapat diakses di https://www.academia.edu/12288305/Peace_Education_dan_Deradikalisasi_Agama

M. Irshad Rhafsadi dan Khairil Azhar. tt. Nir Kekerasan dan Bina Damai Dalam Islam, terj. Muhammad Abu Nimer (Non Violence and Peace Building in Islam). Jakarta: Yayasan Paramadina

M. Nurul Ikhsan Saleh. 2012. Peace Education; Kajian Sejarah, Konsep dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Magnus Haavelsrud. 2008. Conceptual Perspectives In Peace Education, Makalah, Encyclopedia of Peace Education, Teachers College, Columbia University. Dapat diakses di http://www.tc.columbia.edu/epe/epe-entries/Haavelsrud_ch7_22feb08.pdf

Marmar Mukhopadhayay. 2005. Peace Education. New Delhi: UNESCO

Moh. Toriqul Chaer. 2016. “Islam dan Pendidikan Cinta Damai” dalam Jurnal Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Vol. 2 No. 1, Juli-Desember 2016. Dapat diakses di journal.umpo.ac.id/index.php/istawa/article/download/363/370

Muhammad al-Naquib al-Attas. 1988. Konsep Pendidikan dalam Islam, Terjemahan Haidar Bagir. Bandung: Mizan,

Musahadi HAM (ed). 2008. A-Z Kampanye Non-Kekerasan dari Filosofi Hingga Aksi, team WRI (Handbook for Nonviolence Campaign). Semarang: WMC

Mustafa Koylu. 2008. “Islam and Peace Education” dalam https://www.tc.columbia.edu/centers/epe/PDF%20articles/KoyluIslam_22feb08.pdf

Nahuda, dkk. 2007. Pencegahan Kekerasan terhadap Anak di Lingkungan Pendidikan. Jakarta: P2TP2A (Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak)

Revrisond Baswir, dkk. 2003. Pembangunan Tanpa Perasaan; Evaluasi Pemenuhan Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya. Jakarta: ELSAM

Setyo Raharjo. 2005. Pendidikan Multi Kultural. Yogyakarta: FIP UNY

Sri Hartati Samhadi. 2007. “Budaya Kekerasan di Lembaga Pendidikan” dalam https://www.mail-archive.com/[email protected]/msg12159.html

Sunaryo Kartadinata, dkk. 2015. Pendidikan Kedamaian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Susan Fountain. 1999. Peace Education in UNICEF. New York: UNICEF

Zuhairini, dkk. 2008. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Diterbitkan

2018-03-25

Cara Mengutip

Yusufi, A. (2018). Implementasi Model Islamic Peace Education di SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(1), 129–140. https://doi.org/10.24090/insania.v23i1.2013

Terbitan

Bagian

Articles