Relevansi Antara Kondisi Penyelenggaraan dengan Buku Petunjuk Teknis Penyelengaraan Taman Penitipan Anak (TPA) di Kecamatan Bumiayu

Penulis

  • Eko Sulistyasih Pendidikan Nonformal Kabupaten Brebes

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v21i2.1417

Kata Kunci:

TPA, relevansi, buku petunjuk

Abstrak

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini, Pertama, untuk mengetahui penyelenggaraan TPA di Kecamatan Bumiayu. Kedua, untuk mengetahui relevansi antara kondisi penyelenggaraan dengan buku petunjuk teknis penyelenggaraan TPA di Kecamatan Bumiayu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 3 orang pengelola pada ketiga TPA di atas, 6 orang tenaga pendidik pada TPA Lestari, 4 orang tenaga pendidik pada TPA al Ikhlas, dan 1 orang tenaga pendidik pada TPA Bina Mandiri. Dengan demikian, ada 14 orang sebagai populasi dalam penelitian ini. Sedikitnya jumlah populasi tersebut menjadikan penulis tidak mengambil sebagian dari mereka sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, ada kesesuaian antara kondisi penyelenggaraan dengan buku petunjuk teknis penyelenggaraan Taman Penitipan Anak (TPA) di TPA Lestari. Kedua, kondisi penyelenggaraan dengan buku petunjuk teknis penyelenggaraan Taman Penitipan Anak (TPA) di TPA al-Ikhlas adalah cukup sesuai. Ketiga, kondisi penyelenggaraan dengan buku petunjuk teknis penyelenggaraan Taman Penitipan Anak TPA) di TPA Bina Mandiri adalah cukup sesuai Kata kunci: TPA, relevansi, buku petunjuk.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afifudin dan Beni Ahmad Saebani. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2010. Buku Pintar Playgroup. Yogyakarta: Buku Biru.
Asmawati, Luluk. 2014. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: Rosda.
Chourmain, M.A.S Imam. 2011. Pendekatan-Pendekatan Alternatif Pendidikan Anak Usia Dini: PAUD. Jakarta: Rineka Cipta.
Dirjen PAUDNI. 2011. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Penitipan Anak. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
El-Khuluqo, Ihsana. 2015. Manajemen PAUD: Pendidikan Taman Kehidupan Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hariwijaya, M dan Bertiani Eka Sukaca. 2009. PAUD: Melejitkan Potensi Anak dengan Pendidikan Sejak Dini. Yogyakarta: Mahardhika Publishing.
Hasnida. 2014. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta: Luxima.
Hildayani, Rini, dkk. 2013. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/4221/DEDY%20CANDRA%20DINATA%20-%20070210201105%20(2)_1.pdf?sequence=1
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/17655/5/Chapter%20I.pdf
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132309997/ARTIKEL%20LAYANAN%20PADA%20ANAK%20USIA%20DINI.pdf
Latif, Mukhtar, dkk. 2014. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.
Masruroh, Ninik. 2014. Manajemen Inovasi Pembelajaran: Studi Multi Situs Penerapan Metode Sentra dan Lingkaran pada PAUD Unggulan Nasional Berbasis Islam di Tiga Kota jawa Timur. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.
Muliawan, Jasa Ungguh. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan dengan Studi Kasus. Yogyakarta: Gavamedia.
Mulyasa, E. 2014. Manajemen PAUD. Bandung: Rosda.
Musbikin, Imam. 2010. Buku Pintar PAUD dalam Perspektif Islam: Tuntunan Lengkap dan Praktis Para Guru PAUD. Yogyakarta: Laksana.
Prasetyono, Dwi Sunar. 2008. Biarkan Anakmu Bermain: Mengenal Manfaat dan Pengaruh Positif Permainan bagi Perkembangan Psikologi Anak. Yogyakarta: Diva Press.
Putra, Nusa dan Ninin Dwi Lestari. 2012. Penelitian Kualitatif PAUD. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Risaldy, Sabil. 2014. Manajemen Pengelolaan Sekolah Usia Dini. Jakarta: Luxima.
Sajirun, Muhammad. 2012. Membentuk Karakter Islami Anak Usia Dini. Solo: Era Adicitra Intermedia.
Santoso, Soegeng. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suyadi dan Dahlia. 2014. Implementasi Kurikulum PAUD 2013: Program Pembelajaran Berbasis Multiple Intelegences. Bandung: Rosda.
Suyadi dan Maulidya Ulfah. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Rosda.
Suyadi. 2009. Permainan Edukatif yang Mencerdaskan. Yogyakarta: Powerbooks Publishing.
Tandy, Novita. 2011. Mengenal Tahap Tumbuh Kembang Anak dan Masalahnya. Jakarta: Libri.
Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter Usia Dini: Strategi Membangun Karakter di Usia Emas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiyani, Novan Ardy. 2015. Manajemen PAUD Bermutu: Konsep dan Praktik MMT di KB, TK/RA. Yogyakarta: Gavamedia.
Yamin, Martinis dan Jamilah Sabri Sanan. 2013. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Ciputat: Referensi.

Diterbitkan

2016-12-20

Cara Mengutip

Sulistyasih, E. (2016). Relevansi Antara Kondisi Penyelenggaraan dengan Buku Petunjuk Teknis Penyelengaraan Taman Penitipan Anak (TPA) di Kecamatan Bumiayu. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 21(2), 242–257. https://doi.org/10.24090/insania.v21i2.1417

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.