Model “The Best Procces†Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing
Model “The Best Procces†Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v22i2.1205Kata Kunci:
model, process, quality, competitiveAbstrak
Rasional penulisan artikel ini dilatar belakangi oleh mutu sekolah dan mutu lulusan masih rendah, penyelenggaraan pendidikan sentaralistik, manajemen sekolah belum sesuai, pendekatan input-output analisys, peran serta masyarakat masih lemah, dan kerja sama masih rendah. Maka diperlukan model managemen yang dapat menciptakan pendidikan yang bermutu dan berdaya saing. Model “The Best Procces†pendidikan bermutu dan berdaya saing dapat menjadi salah satu solusi dalam menciptakan pendidikan bermutu dan berdaya saing. Model ini bertujuan untuk mewujudkan sekolah dan lulusan yang bermutu yaitu sekolah yang mengutamakan proses perencanaan‚ pelaksanaan, dan evaluasi yang baik, didukung oleh manajemen yang memiliki karakter meningkatkan kemampuan kognetif, afektif, psikomotorik siswa, believing skills, dan operational skills, leadershif skills.Unduhan
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara.
Danim, Sudarwan. 2006. Visi Baru Manajemen Sekolah: Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara.
Hadis, Abdul, dkk. 2010. Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta: Alfabeta.
Mulyasana‚ Dedi. 2012. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Yogyakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Sagala, Sy. 2006. Manajemen Strategic dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sallis, Edward. 1993. Total Qualiti Management in Education. London: Kogan.
Sanusi, Achmad. 2015. Sistem Nilai. Bandung: Nuansa Cendikia.
__________________. 2015. Pendidikan untuk Kearifan, Bandung: Nuansa Cendikia.
Undang-undang nomor 23 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).