Pembelajaran Strategi Feedback untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa DIII Teknik Komputer Politeknik Harapan Bangsa
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v21i2.1410Keywords:
Strategi Feedback, prestasi belajarAbstract
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi kurang adanya feedback dari dosen yang mengakibatkan mahasiswa kebingungan karena penguasaan materi semakin sulit. Hal ini berdampak pada kurangnya prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan strategi feedback untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Prestasi belajar mahasiswa dilihat dari nilai evaluasi mahasiswa didukung dengan nilai dan tugas post test. Media yang digunakan adalah modul pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (class room action research) dengan kegiatan yang telah diskemakan. Subjek adalah mahasiswa semester I pada mata kuliah matematika materi kombinatorial tahun kuliah 2015/2016 yang terdiri dari 38 mahasiswa. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi, lembar angket/kuesioner, jurnal harian, lembar wawancara dan lembar tes yaitu post test dan evaluasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. DAta yang digunakan untuk analisis adalah hasil dari test mahasiswa, lembar observasi, lembar angket. Dari hasil perhitungan prosentase diperoleh nilai Post test siklus I sebesar 38,89% dan siklus II sebesar 79,41%. Hasil lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran menuinjukkan siklus I sebesar 65,875% dan siklus II sebesar 75,5% artinya pelaksanaan pembelajaran melalui strategi feedback berjalan dengan baik. Hal tersebut ditunjukka oleh rata-rata siginifikan mengalami peningkatan. Kata Kunci: Strategi Feedback, prestasi belajar.Downloads
References
____________________. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar –dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azwar, Saifudin. Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Liberty.
Hamalik, Oemar.1999.Kurikulum dan Pembelajaran . Jakarta : Bumi Aksara.
______________.1980. Metode mengajar dan Kesulitan – kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
Katsuri. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas II SMU Lab School Jakarta Timur’. Dapat diakses melalui http://kasturi82.blogspot.com/2009/01/hubungan -antara- kecerdasan - emosional.html.diakses tanggal 20 Oktober 2015.
Sardiman A.M .2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta : Rajawali Press.
Silverius, Suke. 1991. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Grasindo.
Suparni dan Ibrahim. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika .Yogyakarta: UIN Press.
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).