Konsep Pendidikan Keluarga Islam
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v21i1.1400Kata Kunci:
Family Education, Tauhid, MoralityAbstrak
Abstrak: Artikel ini membahas tentang konsep pendidikan keluarga dalam sudut pandang Islam. Artikel ini berangkat dari asumsi bahwa globalisasi memiliki efek negatif yang salah satunya berupa tergerusnya moralitas generasi muda Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan adanya revitalisasi pendidikan keluarga untuk dapat menangkal dampak negatif dari arus globalisasi. Salah satunya dengan pendidikan keluarga islami dibangun di atas pondasi tauhid., ditopang oleh pilar-pilar pengajaran, dan memiliki tujuan akhir membentuk individu paripurna (insan kamil) Kata Kunci: Pendidikan, Keluarga, Tauhid, Moralitas.Unduhan
Referensi
Al Ghazali, Abu Hamid. 2010. Ayyuha Al Walad. Beirut: Dar Al Basyair Al Islamiyah.
Amini, Ibrahim. 2006. Agar Tak Salah Mendidik Anak, terj. Ahmad Subandi. Jakarta: Al-Huda.
Arifin, M. 1987. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bina Aksara.
Daud, Wan Mohd Nor Wan. 2003. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al Attas. Bandung: Mizan.
Hasan, Syarif. 2009. Paradigma Pendidikan Islam Modern, Solo: Kaifa.
Kementerian Agama RI. 2007. Al Qur`an dan Terjemahnya. Bandung: Syaamil.
Syalaby, Ahmad. 1973. Sedjarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Ulwan, Abdullah Nasih. 1999. Pendidikan Anak dalam Islam, terj. Jamaludin Miri. Jakarta: Pustaka Amani,
Yaljan, Miqdad. 1987. Al-bait Al-Islamiy. Kairo: Daar Al-Hilal.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).