Pengembangan Media “Smart MAV” Berbasis Direct Instruction dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia

Penulis

  • Yukhsan Wakhyudi Universitas Peradaban
  • Yusup Wibisono Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v27i1.5928

Kata Kunci:

media pembelajaran, research and development, keterampilan berbicara, Smart MAV

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan dan mengembangkan sebuah media pembelajaran audiovisual untuk meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa berupa “Smart MAV” berbasis direct instruction. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program StudiPendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Peradaban. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian research and development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang meliputi: 1) define, 2) design, 3) development, dan 4) dissemination. -. Tahapan dari hasil penelitian ini hanya sampai pada tahap development, yaitu tahap perancangan produk dan validasi. Selanjutnya, kegiatan pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif. Hasil pengujian pada media “SMART MAV” berbasis direct instruction  yang dilakukan oleh para validator dinyatakan layak dan valid digunakan dengan persentase sebesar 93% atau “sangat baik” dan hasil uji validasi dari ahli materi dengan persentase sebesar 83,21% atau “sangat baik”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ali, M. K. (2013). Penggunaan Metode Role Playing Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IVB SDN Gisikdrono 03 Semarang [Under Graduate’s Thesis, Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/18083/

Ariestyawati, R., Halidjah, S., & Sabri, T. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Mediaaudio Visual Pada Siswa Kelas II. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(1), 1–15. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i1.4297

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa PBSI Tingkat I-B IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(2), 256–267. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.3343

Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(2), 263–276. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4687

Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa. Jurnal Educatio, 7(1), 252–259. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.959

Ibda, H. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Pada Mahasiswa Melalui Program Sama Savi (Satu Mahasiswa Satu Video). Jurnal Pena Indonesia, 5(1), 1–18. https://doi.org/10.26740/jpi.v5n1.p1-18

Irma, C. N., & Setyorini, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Berbicara dengan Metode Student Facilitator and Explaining di Universitas Peradaban. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1), 157–169. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2573

Kusuma, H. (2008). Mempengaruhi dengan Kekuatan Berbicara. Pinus Book Publisher.

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105

Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. BPFE.

Nuryanto, S., Abidin, A. Z., Setijowati, U., & Sismulyasih, N. (2018). Peningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa PGSD dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Berbasis Konservasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Penerapan Metode Task Based Activity dengan Media Audio Visual. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 83–94. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.15095

Nusa, S., & Kii, W. Y. (2017). Memahami Fenomena Lemahnya Keterampilan Berbahasa Mahasiswa STKIP Weetebula. Jurnal Edukasi Sumba, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.53395/jes.v1i1.6

Pritandhari, M. P. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Promosi: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 5(1), 47–56. http://dx.doi.org/10.24127/ja.v5i1.845

Putri, R. F., & Putri, R. F. (2018). Keterampilan Berbicara Mahasiswa dengan Integrasi Media Screencast O Matic dengan Pembelajaran Inkuiri. Wahana Inovasi, 7(2), 15–22.

Rulia, M., Suyanto, E., & Hilal, I. (2017). Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dan Keterampilan Berbicara (Bebalah). Jurnal Tiyuh Lampung, 1(1), 1–9.

Salsabila, U. H., Sofia, N. S., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221

Setyonegoro, A. (2013). Hakikat, Alasan, dan Tujuan Berbicara (Dasar Pembangun Kemampuan Berbicara Mahasiswa). Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 67–80.

Simarmata, M. Y., & Sulastri, S. (2018). Pengaruh Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Debat dalam Mata Kuliah Berbicara Dialektik pada Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(1), 49–62. https://doi.org/10.31571/bahasa.v7i1.826

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulfemi, W. B., & Nurhasanah. (2018). Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendas Mahakam, 3(2), 151–158.

Thiagarajan, S., Semmel, D. G., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children: A Source Book. Indiana University.

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

Wakhyudi, Y., & Wibisono, Y. (2022). Pengembangan Media “Smart MAV” Berbasis Direct Instruction dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 27(1), 65–81. https://doi.org/10.24090/insania.v27i1.5928

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.