Pengembangan Media “Smart MAV” Berbasis Direct Instruction dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v27i1.5928Kata Kunci:
media pembelajaran, research and development, keterampilan berbicara, Smart MAVAbstrak
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan dan mengembangkan sebuah media pembelajaran audiovisual untuk meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa berupa “Smart MAV” berbasis direct instruction. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program StudiPendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Peradaban. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian research and development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang meliputi: 1) define, 2) design, 3) development, dan 4) dissemination. -. Tahapan dari hasil penelitian ini hanya sampai pada tahap development, yaitu tahap perancangan produk dan validasi. Selanjutnya, kegiatan pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif. Hasil pengujian pada media “SMART MAV” berbasis direct instruction yang dilakukan oleh para validator dinyatakan layak dan valid digunakan dengan persentase sebesar 93% atau “sangat baik” dan hasil uji validasi dari ahli materi dengan persentase sebesar 83,21% atau “sangat baik”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan.Unduhan
Referensi
Ariestyawati, R., Halidjah, S., & Sabri, T. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Mediaaudio Visual Pada Siswa Kelas II. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(1), 1–15. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i1.4297
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.
Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa PBSI Tingkat I-B IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(2), 256–267. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.3343
Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(2), 263–276. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4687
Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa. Jurnal Educatio, 7(1), 252–259. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.959
Ibda, H. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Pada Mahasiswa Melalui Program Sama Savi (Satu Mahasiswa Satu Video). Jurnal Pena Indonesia, 5(1), 1–18. https://doi.org/10.26740/jpi.v5n1.p1-18
Irma, C. N., & Setyorini, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Berbicara dengan Metode Student Facilitator and Explaining di Universitas Peradaban. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1), 157–169. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2573
Kusuma, H. (2008). Mempengaruhi dengan Kekuatan Berbicara. Pinus Book Publisher.
Miftah, M. (2013). Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105
Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. BPFE.
Nuryanto, S., Abidin, A. Z., Setijowati, U., & Sismulyasih, N. (2018). Peningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa PGSD dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Berbasis Konservasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Penerapan Metode Task Based Activity dengan Media Audio Visual. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 83–94. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.15095
Nusa, S., & Kii, W. Y. (2017). Memahami Fenomena Lemahnya Keterampilan Berbahasa Mahasiswa STKIP Weetebula. Jurnal Edukasi Sumba, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.53395/jes.v1i1.6
Pritandhari, M. P. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Promosi: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 5(1), 47–56. http://dx.doi.org/10.24127/ja.v5i1.845
Putri, R. F., & Putri, R. F. (2018). Keterampilan Berbicara Mahasiswa dengan Integrasi Media Screencast O Matic dengan Pembelajaran Inkuiri. Wahana Inovasi, 7(2), 15–22.
Rulia, M., Suyanto, E., & Hilal, I. (2017). Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dan Keterampilan Berbicara (Bebalah). Jurnal Tiyuh Lampung, 1(1), 1–9.
Salsabila, U. H., Sofia, N. S., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221
Setyonegoro, A. (2013). Hakikat, Alasan, dan Tujuan Berbicara (Dasar Pembangun Kemampuan Berbicara Mahasiswa). Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 67–80.
Simarmata, M. Y., & Sulastri, S. (2018). Pengaruh Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Debat dalam Mata Kuliah Berbicara Dialektik pada Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(1), 49–62. https://doi.org/10.31571/bahasa.v7i1.826
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulfemi, W. B., & Nurhasanah. (2018). Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendas Mahakam, 3(2), 151–158.
Thiagarajan, S., Semmel, D. G., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children: A Source Book. Indiana University.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).