KONSEP HARKAT DAN MARTABAT PEREMPUAN DALAM BUKU HABIS GELAP TERBITLAH TERANG KARYA R.A KARTINI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4163Kata Kunci:
Harkat dan Martabat, Perempuan, Tulisan R.A. Kartini dan Pendidikan IslamAbstrak
Latar belakang penelitian ini berawal dari kekaguman penulis pada buku Habis Gelap Terbitlah Terang karya R.A. Kartini yang memiliki semangat luar biasa dalam memperjuangkan harkat dan martabat perempuan. Perempuan yang tidak dihargai, tidak diakui, dan tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri pada masa R.A. Kartini, kini telah memiliki kebebasan. Harkat dan martabatnya terakui oleh masyarakat. Namun seiring perkembangan zaman yang begitu luar biasa. Buku Habis Gelap Terbitlah Terang ini mulai terlupakan oleh masyarakat. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan sejarah (histori). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini disesuaikan dengen jenis penelitian yang dilakukan, yaitu library research maka metode pengumpulan data yang tepat adalah metode pengumpulan dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode content analysis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis tentang konsep harkat dan martabat perempuan dalam pandangan R.A. Kartini dapat disimpulkan bahwa konsep harkat dan martabat perempuan dalam pandangan R.A. Kartini ada tujuh konsep yaitu: perempuan berpendidikan, perempuan berbudi luhur, perempuan berketerampilan, perempuan bebas yang beradab dan terpelajar, laki-laki bekerjasama dengan perempuan, perempuan yang berpengetahuan ilmu agama, serta menghapus sistem kasta di masyarakat. Ketujuh konsep tersebut memiliki hubungan yang erat terhadap pendidikan Islam yang difokuskan pada tujuan pendidikan Islam yaitu memfasilitasi perempuan untuk mengembangkan diri, baik dalam ranah individu, keluarga, sosial dan dalam berkarya sehingga terciptalah insan kamil.Unduhan
Referensi
Ahdiah, Indah. 2013. Peran-Peran Perempun dalam Masyarakat. Jurnal Acamedica, 5 (2): 1088.
Al-Qur’an Cordoba. 2018. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Cordoba.
Al-rasyidin, dkk. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Arif, Arifuddin. 2008. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kultura.
Djaelani, Moh Solikodin. 2012. Peran Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Masyarakat. Jurnal Widya Sosiopolitika, 1 (2): 101.
Fauzia, Amelia. 2004. Tentang Perempuan Islam: Wacana dan Gerakan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hanafi, Agustin. 2015. Peran Perempuan dalam Islam. Jurnal Studi Anak dan Gender, 1 (1): 15-18.
Hasan, Hamka. 2009. Tafsir Jender: Studi Perbandingan antara Tokoh Indonesia dan Mesir. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Departemen Agama RI.
Hasyim, Syafiq. 2001. Hal-Hal Yang Tak Terpikirkan Tentang Isu-Isu Perempuan dalam Islam. Bandung: Mizan.
Kartini. 2018. Habis Gelap Terbitlah Terang. diterj. oleh Armijn Pane. Yogyakarta: Narasi.
Khobir, Abdul. 2009. Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi. Jurnal Forum Tarbiyah, 7 (1): 2.
Lembaga Darut-Tauhid. 2001. Wanita dalam Pandangan Yahudi, Kristen, Marxisme, dan Islam. Jakarta: Hikmah.
Megawati. 2016. Konsep pendidikan perempuan perspektif R.A. Kartini dan relevansinya dengan pendidikan Islam. dalam Skripsi. Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Mustikawati, Citra. 2015. Pemahaman Emansipasi Wanita (Studi Hermeneutika Makna Emansipasi Wanita dalam Pemikiran R.A. Kartini pada Buku Habis Gelap Terbitlah Terang. Jurnal Kajian Komunikasi, 3 (1): 66.
Nafriandi. 2016. Perempuan di Ruang Publik dalam Perspektif Hadis. Jurnal Kafaah, 6 (1): 61.
Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Lkis
Shihab, M Quraish. 2005. Perempuan. Jakarta: Lentera Hati.
Suryani. 2012. Hadis Tarbawi. Yogyakarta: Teras.
Umar, Bukhari. 2012. Hadis Tarbawi. Jakarta: Amzah.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).