PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SD ISLAM AL AZHAR 38 BANTUL YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v24i1.2799Kata Kunci:
Pengembangan Kurikulum, Al AzharAbstrak
Abstrak: Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan yang berisi tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran agar proses belajar mengajar dapat berjalan secara lancar. Saat ini kurikulum 2013 ditetapkan sebagai kurikulum nasional, yang berarti semua sekolah wajib menggunakannya. Namun demikian sekolah diperbolehkan untuk mengembangkan kurikulum tersebut untuk disesuaikan dengan kebutuhan. SDI Al Azhar 38 Bantul adalah salah satu sekolah dasar di Yogyakarta yang telah mengembangkan kurikulum dalam pendidikannya. Sekolah Al Azhar menggunakan kurikulum perpaduan dari kurikulum nasional dan kurikulum dari Yayasan Pusat Al Azhar yang kemudian ditambah dengan kurikulum pengembangan dari potensi sekolah dan daerah. Kurikulum Al Azhar disebut dengan Kurikulum Pengembangan Pribadi Muslim (KPPM). Kurikulum KPPM bertujuan pembiasaan akhlakul karimah pada diri siswa. Selain itu Al Azhar 38 Bantul juga memiliki Kurikulum Pendidikan Al Qur’an yakni kurikulum tambahan untuk mengoptimalkan kemampuan anak dalam membaca Al Qur’an. Kurikulum ini terdiri dari materi membaca Al Qur’an dan hafalan juz 30. Kata kunci: Pengembangan Kurikulum, Al Azhar.Unduhan
Referensi
Hendayat Sutopo, Westy Soemanto. 1993. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum sebagai Substansi Problem Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
HM. Ahmad, dkk. 1998. Pengembangan Kurikulum di Perguruan Tinggi. Bandung: Pustaka Setia.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Dasar Hukum Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar
Moh. Yamin. 2009. Panduan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Panduan Lengkap Tata Kelola Kurikulum Efektif. Yogyakart: Diva Press.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2017. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Oemar Hamalik. 1987. Pembinaan Pengembangan Kurikulum. Bandung: Pustaka Martina.
S. Nasution. 1989. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).