KONSTRUKSI DAN KONTESTASI DONGENG BERNALAR MORAL ANTI KEKERASAN UNTUK ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2300Kata Kunci:
Moral Reasoning, Fairy Tale, Anti-Violence, Early ChildhoodAbstrak
Abstrak: Dongeng merupakan media komunikasi efektif antara anak dengan orang tua dan guru. Melalui komunikasi yang dimediasi oleh dongeng, anak-anak mendapatkan hiburan yang memberi pemahaman. Pemahaman melalui aktivitas berpikir dalam menyerap nilai, termasuk nilai anti-kekerasan dalam bahasa dan isi dongeng. Untuk itu, dengan melakukan konstruksi dongeng yang anti-kekerasan dari aspek bahasa, sarana cerita, dan nilai, maka akan membentuk nalar moral anak-anak usia dini yang anti-kekerasan. Nalar moral inilah yang kemudian akan diekspresikan melalui perbuatan keseharian anak. Untuk bisa menyampaikan dongeng anti-kekerasan dengan efektif pada anak usia dini, proses kontestasi dongeng harus dilakukan dengan melalui lisan dan membacakan buku yang dilakukan secara intensif di ruang keluarga oleh orang tua, di ruang sekolah oleh guru, dan di ruang sosial oleh para pendongeng. Kata Kunci: Moral Reasoning, Fairy Tale, Anti-Violence, and Early Childhood.Unduhan
Referensi
Kartadinata, Sunaryo, dkk. 2015. Pendidikan Kedamaian.Bandung: Rosda Karya.
Kinayati, Djojosuroto. 2014. Filsafat Bahasa. Yogyakarta: Pustaka.
Kohlberg, Lawrance. 1981. The Philosophy of Moral Development Stages and Idea. San Fransisco: Harper and Row.
--------------------. 1995. Tahap-tahap Perkembangan Moral. Terj. John de Santo dan Agus Cremers. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Kurniawan, Heru. 2009. Sastra Anak: dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
-------------------. 2016. Keajaiban Mendongeng. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
-----------------. 2017. Kreatif Mendongeng untuk Kecerdasan Jamak Anak. Jakarta: Prenada.
Lukens, Rebecca J. 2005. A Critical handbooks of Children’s Literature. New York: Longman.
Montessori, Maria. 2008. Absorbent Mind. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).