HOMESCHOOLING FOR TWICE EXCEPTIONALITY IN THE FILM THE MIRACLE WORKER IN THE PERSPECTIVE OF ISLAMIC EDUCATION

Penulis

  • Wahyu Nisawati Mafrukha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2292

Kata Kunci:

Homeschooling, Twice Exceptionality, Islamic Education

Abstrak

Abstrak: Pekerja Miracle telah menggambarkan tentang kisah hidup Hellen Keler. Seorang gadis kecil yang memiliki kebutuhan khusus karena tuli, bisu dan buta, tetapi dia cerdas. Individu yang berbakat tetapi juga pada saat yang sama diidentifikasi sebagai anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus karena anak-anak cacat dengan cacat dua kali luar biasa. Program pendidikan untuk anak-anak dengan dua kali luar biasa ada banyak. Salah satunya melalui program homeschooling. Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan di atas, penulis merumuskan masalah "Bagaimana Homeschooling Untuk Dua Kali Keunikan dalam Film Pekerja Miracle dalam Perspektif Pendidikan Islam?". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan dengan jelas tentang metode Homeschooling yang terkandung dalam film The Miracle Worker yang didasarkan pada Perspektif Pendidikan slamic. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kepustakaan. Karena bahan penulis berasal dari buku, majalah ilmiah, dokumen dan bahan lain yang dapat menjadi sumber referensi dalam penelitian ini. Metode berpikir yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode induktif dan deduktif. Objek dalam penelitian ini adalah Homeschooling dalam perspektif pendidikan Islam yang terkandung dalam film The Miracle Worker. Berdasarkan semua presentasi di atas, dapat disimpulkan dari hasil analisis bahwa dalam film The Miracle Worker, metode pembelajaran yang digunakan dalam homeschooling menggunakan pendekatan pada cerita perkembangan manusia; teori kognitif, behavioris (behavioris) dan pembelajaran sosial. Dalam mendidik Helen, Mrs. Sullivan berhasil melakukan pendekatan dengan menggunakan ketiga teori tersebut. Dalam pendidikan Islam, teori perkembangan manusia seperti teori belajar kognitif, behavioris dan sosial berkorelasi dengan metode pendidikan Islam.   Kata kunci: Homeschooling, Twice Exceptionality, Islamic Education

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikanislam . Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.
Conny R. Semiawan. ,Keluarbiasaan Ganda.
Mulyadi. Seto. 2007. Homeschooling Keluarga Kak-Seto. Bandung: Mizan Media Utama
Abuddin, Nata. 2009. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Research I. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta
Roemah Mayakoe, Resensi film The Miracle Worker, http://fleepzfloopz.blog.com /2012/08/09/resendi-film-the-miracle-worker/
Rodhiatun, Review Film Psikologi Miracle Worker, http://rodhiama.blogspot.co.id /2013/12/review-film-psikologi-miracle-worker.html?m=1
Creswell, John W. 2010. Research Design (PendekatanKualitatif, Kuantitatif, dan Mixed). Yogyakarta: Pustaka belajar
http:/andreyuris.wordpress.com/2009/09/02/analisis-isi-content-analysis
Hadi, Amirul dan Haryono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia
Soudjono, Metode Penelitian Suatu Pemikirandan Penerapan. Jakarta: Rineka Cipta, 1999
Wikipedia, The Miracle Worker (1962 film), https://en.wikipedia.org/wiki/The_ Miracle_Worker_%281962_film%29
Suranto, Analisis Film The Miracle Worker Berdasarkan Teori Pembelajaran Behaviorisme, https://suranto-antasura.blogspot.co.id/2011/12/analisis-film-miracle-worker.html?m=1
Kababitak Black widow, Sinopsis Film The Miracle Worker (1962), http://kababitak .blogspot.co.id/2012/04/sinopsis-film-miracle-worker-1962.html
Wikipedia, Helen keller, https://id.m.wikipedia.org/wiki/Helen_Keller
Abdullah, Nashih. 2002. Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani,

Diterbitkan

2018-12-14

Cara Mengutip

Mafrukha, W. N. (2018). HOMESCHOOLING FOR TWICE EXCEPTIONALITY IN THE FILM THE MIRACLE WORKER IN THE PERSPECTIVE OF ISLAMIC EDUCATION. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 225–242. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2292

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.