OPTIMALISASI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI MADRASAH IBTIDAIYAH
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2289Kata Kunci:
inquari-learning, student-centered Approach, islamic schoolAbstrak
Abstrak: Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memberikan gambaran akan pembelajaran inkuiri saat ini. Untuk memberikan gambaran yang mendalam, maka artikel ini ditulis berdasarkan kajian teoritis pembelajaran inkuiri sebagai pembelajaran yang menekankan kepada proses mencari dan menemukan. Materi pelajaran tidak diberikan secara langsung. Peran siswa dalam pembelajaran ini mencari dan menemukan sendiri materi pelajaran. Dengan melihat konsepsi dasar. Pembelajaran Inkuiri dan perkembangan lapangan kerja saat ini, maka masih akan banyak variasi pembelajaran baru yang akan muncul yang bersifat Student Centered Approach. sebagai sebuah Pembelajaran harus dapat mengembangkan kemampuan berpikir secara sistematis, logis dan kritis. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran yang tepat. Sejalan dengan itu, model pembelajaran inkuiri merupakan pembelajaran yang cocok diterapkan dalam pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Kata Kunci: inquari-learning, student-centered Approach, islamic schoolUnduhan
Referensi
Fauziyah, N. 2011. â€Analisis kemampuan guru dalam mengembangkan ketrampilan berpikir kreatif siswa dasar kelas V pada pembelajaran ilmu pengetahuan alamâ€. UPI. jurnal pedagogik pendidikan Dasar, Volume 3 No. 1.
Fullan, I, M.G. 2001. The new meaning of educational change. London: RoutledgeFalmer.
Karim J. Nasr, C. Duane Thomas. 2004. “Student-centered, Concept-embedded Problem-based Engineering Thermodynamicsâ€. International Journal Engineering Education, Volume 20 No. 4. Hal 660 – 670
Kemdikbud. 2013b. Pendekatan Saintifik (Ilmiah) dalam Pembelajaran . Jakarta: Pusbangprodik
Mulyasa, E. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis, Bandung: Bumi Aksara
Nana S Sukmadinata. 2014. Pengembangan Kurikulum Teori dan praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Puccio, G. J (Ed.). 2010. “Creativity on Demand: Historical Approaches and Future Trendsâ€. New York: Cambridge University Press, Hal. 153-159
Russ, S. W. 2012. “Play and Creativity: Developmental Issuesâ€, Scandinavian Journal of Educational Research, Volume 47 No. 3. Hal 291–303.
Sanjaya. Wina. (2006).â€Strategi Pembelajaranâ€.Jakarta: .Kencana
Sharp, C. 2001. “Developing Young Children’s Creativity Through the Arts:What Does Research Have to Offer? “. Invitational Seminar di Chadwick Street Recreation Centre. London, 14 Februari.
Suciati. (2007). “Belajar dan Pembelajaran 2â€.Jakarta: Universitas Terbuka.
Trianto (2014). “Mendesain model pembelajaran (Inovatif, progresif, dan Kontekstual)â€, jakarta: kencana
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).