Project Approach; A Way How To Trigger Children Expose And Explore Their Skills In Learning A Language

Penulis

  • Jumbuh Prabowo Sultan Ageng Tirtayasa University

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v23i1.2007

Kata Kunci:

Young learners, characters, attention, project approach

Abstrak

Abstrak: Mengajar Bahasa Inggris untuk pelajar muda selalu mendapat perhatian lebih. Itu karena pelajar muda sangat unik. Mereka memiliki banyak karakter yang dapat berubah dengan cepat dalam satu waktu. Kadang-kadang, mereka menampilkan antusiasme untuk belajar dan rasa ingin tahu tentang dunia di sekitar mereka. Mereka juga memiliki kebutuhan untuk perhatian dan persetujuan individu dari guru. Mereka ingin berbicara tentang diri mereka sendiri, dan merespon dengan baik terhadap pembelajaran yang menggunakan diri mereka dan kehidupan mereka sendiri sebagai topik utama di kelas. Namun, mereka juga memiliki rentang perhatian yang terbatas. Mereka bisa dengan mudah bosan, kehilangan minat setelah sepuluh menit jika kegiatannya tidak terlalu menarik. Untuk mengatasi situasi ini, guru perlu memilih pendekatan yang dapat mengundang siswa untuk lebih aktif. Salah satu pendekatan yang cocok adalah pendekatan proyek (selanjutnya disebut PA). Katz & Chard (1989) mendefinisikan bahwa sebuah proyek adalah studi yang diperluas dari suatu topik yang biasanya dilakukan oleh sekelompok anak-anak, kadang-kadang oleh seluruh kelas, dan kadang-kadang oleh seorang anak. Penerapan PA dalam proses belajar mengajar dapat digunakan untuk memaksimalkan keterampilan dalam Taksonomi Bloom. Kata kunci: Young learners, characters, attention, project approach

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Brumfit, Christopher. 1994. Teaching English to Children. London: Thomas Nesson and Sony.
Cameron, L. 2001. Teaching Language to Young Learners. Cambridge University Press. UK.
Chard, Sylvia C., 2013. The Project Approach to Teaching and Learning http://www.communityplaythings.com/resources/articles/2013/the-project-approach-to-teaching-and-learning
Harmer, J. 2001. The Practice of English Language Teaching. Pearson Education Limited. England.
Katz, Lilian G.; Chard, Sylvia n. 1992. The Project Approach. University of AlbertaEdmonton, AlbertaCanada
Phillips, Sarah. 1995. Young Learners. Oxford: Oxford University Press.
Setiawati, L. 2002. Magister. FKIP Uika Widya Mandala. Surabaya.
Scott, Wendy A. and Lisbeth H. Ytreberg. 1994. Teaching English to Children. New York: Longman.
Shin, Joan King. 2011. Teaching English to Young Learners. English Language Center University of Maryland, Baltimore County
Shrum, Judith L. and Eileen W. Glisan. 1994. Teacher’s Handbook: Contextualized Language Instruction. Boston Heinle and Heinle Publishers.
Ur, Penny. 1996. A Course in Language Teaching: Practice and Theory. Cambridge: Cambridge University Press.

Diterbitkan

2018-06-01

Cara Mengutip

Prabowo, J. (2018). Project Approach; A Way How To Trigger Children Expose And Explore Their Skills In Learning A Language. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(1), 66–79. https://doi.org/10.24090/insania.v23i1.2007

Terbitan

Bagian

Articles