Model Pembelajaran IPA Berbasis Kecerdasan Spiritual di Sekolah Dasar pada Materi Evolusi Darwin

Model Pembelajaran IPA Berbasis Kecerdasan Spiritual di Sekolah Dasar pada Materi Evolusi Darwin

Penulis

  • Anggraeni Marshinta Sulistyani STKIP Majenang

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v22i2.1208

Kata Kunci:

Science Learning Model, Spiritual Intelligence, Darwinian evolution

Abstrak

Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial dan untuk menentukan perangkat-perangkat pembelajaran termasuk di dalamnya buku-buku, film, komputer, kurikulum, dan lain-lain. IPA adalah suatu kumpulan pengetahuan tersusun secara sistematik, dan dalam penggunaannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam. Salah satu kajian IPA adalah evolusi, yaitu terjadinya sebuah perubahan pada makhluk hidup atau spesies secara gradual (perlahan-lahan). Dalam pembelajaran IPA perlu dikaitkan dengan kecerdasan spiritual agar tidak terjadi penyelewengan dari ajaran agama dan kepercayaan terhadap Tuhan. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan model pembelajaran IPA berbasis kecerdasan spiritual di SD pada materi evolusi Darwin dengan menggunakan model keterpaduan. Model pembelajaran ini sesuai dengan kurikulum 2013 yang membelajarkan suatu materi melalui tema atau tematik. Keterpaduan model pembelajaran IPA tersebut dibuat berdasarkan atau berbasis kecerdasan spiritual. Untuk itu, mata pelajaran IPA dapat dipadukan dengan mata pelajaran yang lain yang mendukung basis kecerdasan spiritual seperti PAI (Pendidikan Agama Islam) maupun Pendidikan Kewarganegaraan. Keterpaduan yang dibuat merupakan model intergrated. Pengembangan model pembelajaran IPA berbasis kecerdasan spiritual di SD pada materi evolusi Darwin mempunyai keunggulan antara lain siswa merasa senang dengan adanya keterkaitan dan hubungan timbal balik antar berbagai bidang studi, memperluas wawasan dan apresiasi guru, jika dapat diterapkan dengan baik maka dapat dijadikan model pembelajaran yang ideal di lingkungan sekolah â€œintegrated dayâ€, mengarahkan manusia untuk memiliki visi, selalu merasakan kehadiran Allah, mengarahkan manusia untuk selalu berdzikir dan berdoa, mengarahkan manusia untuk selalu meningkatkan kualitas sabar, mengarahkan manusia untuk cenderung pada kebaikan, memiliki empati, berjiwa besar, serta bahagia melayani.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustian, Ary Ginanjar. 2001. ESQ, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual. Jakarta: Arga Wijaya Persada.
Agustian, Ary Ginanjar. 2010. Emotional Spiritual Quotient, The ESQ Way 165 1 Ihsan 6 Rukun Iman 5 Rukun Islam. Jakarta: Arga Publishing.
Campbell, Neil A & Jane B. Reece. 2008. BIOLOGI: Edisi 8 Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Fogarty, R. 1991. How to Integrated The Curricula. United States of America: IRI/Skylight Publishing. Inc.
Gardner, Howard. 1995. Multiple Intelegences The Theory in Practice. New York: Basic Book.
Hamid, Ahmad Abu. 2009. Penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Yogyakarta: UNY.
Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan.
Makmun Mubayidh. 2006. Kecerdasan dan Kesehatan Emosional Anak terjemahan Muhammad Muchson Anasy. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Pemerintah Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV.
Pusat Kurikulum. 2006. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu SMP/MTs. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media.
Siswanto, Wahyudi & Lilik Nur Kholidah & Sri Umi Mintarti. 2010. Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak. Jakarta: Amzah.
Suriasumantri, Jujun S. 2005. Filsafat Ilmu. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Suyanto, Slamet. 2005. Pembelajaran untuk Anak TK. Jakarta: DIKTI.
Tasmara, Toto. 2001. Kecerdasan Ruhiah (Trancendental Intelligence) Membentuk Kepribadian yang Bertanggung Jawab, Profesional dan Berakhlak. Jakarta: Gema Insani Press.
Tebba, Sudirman. 2004. Kecerdasan Sufistik. Jakarta: Kencana.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Yahya, Harun. 2002. Menyibak Tabir Evolusi, Terjemahan Effendi dkk. Jakarta: Global Cipta Publising.
Yulaelawati, Ella. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Pakar Raya.
Zohar, Danah dan Marshall, Ian. 2004 SQ: Memanfaatkan kecerdasan Spiritual Dalam Berpikir.

Diterbitkan

2017-11-15

Cara Mengutip

Sulistyani, A. M. (2017). Model Pembelajaran IPA Berbasis Kecerdasan Spiritual di Sekolah Dasar pada Materi Evolusi Darwin: Model Pembelajaran IPA Berbasis Kecerdasan Spiritual di Sekolah Dasar pada Materi Evolusi Darwin. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 22(2), 271–286. https://doi.org/10.24090/insania.v22i2.1208

Terbitan

Bagian

Articles