URGENSI PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221Keywords:
Keywords Audiovisual Media, Effectiveness, Learning Motivation, and Online LearningAbstract
Abstrak: metode pembelajaran berbasis Audiovisual adalah metode pembelajaran yang menggabungkan audio dan media visual atau bisa disebut visual tampilan media yang. Media audiovisual sangat tepat digunakan di tingkat sekolah dasar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sejak dini. Dalam penelitian ini penulis memiliki beberapa aspek pokok bahasan yang dituju, yaitu (1) mengetahui bagaimana proses persiapan dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis audiovisual, (2) pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa, (3) mengetahui efektivitas penggunaan metode berbasis audiovisual dalam pembelajaran online.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi pustaka (literature review). Metode penelitian kepustakaan jenis ini digunakan untuk membahas penggunaan media audiovisual yang digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada tingkat sekolah dasar. Untuk mengumpulkan data penelitian, penulis menggunakan teknik dokumentasi yaitu pengumpulan data berupa dokumen, sumber data yang bersifat mati, bisa berupa catatan, surat, aset, foto, dll. Kata kunci Media Audiovisual, Efektivitas, Motivasi Belajar, dan Pembelajaran OnlineDownloads
References
Nurseto, Tejo. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. 8(1)
Lestari, A T, dkk. (2017). Keefektifan Media Audi Visual sebagai Kreativitas Guru Sekolah Dasar dalam Menumbuhkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 7(3): 214-225
Muhson, Ali. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia. VIII(2): 1-10
Kustandi, Cecep, Darmawan D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana
Hamid, M A, dkk. (2020). Media Pembelajan. Yayasan Kita Menulis
Jaelani, Ahmad, dkk. (2020). Penggunaan Media Online dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar PAI dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Ikatan Alumni PGSD UNARS. 8(1)
Emda, Amna. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. 5(2)
Huda, M.J. (2018). Keefektifan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan. 2(4)
Irawan, V.W.E. (2019). Peranan Kecerdasan Spiritual dalam Meningkatkaan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran. 1(1): 33-47
Oktadinata, Sandra. (2011). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Standar Kompetensi Memperbaiki Sistem Starter dan Pengisian di SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah. Fakultas Teknik: Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Yusmarwati. (2018). Efektifitas Penggunaannn Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mengidentifikasi Unsur-unsur Cerita Anak di Kelas V SD Negeri 018 Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 2(3): 387-394
Bambang, Lestari, dkk. (2015). Penerapan Pembelajaran Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas VIII A SMP GKST Imanuel Palu. Jurnal Sains dan Teknologi. 4(1): 23-28
Ibrahim, Muhammad. (2018). Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran. 5(1)
Nina, I.A. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education. 3(1): 40-45
Bastomi, M.R, Hartoto, Setiyo. (2018). Pengaruh Penerapan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 06(01): 5-9
Gani, I.N.F, Rais, Jamaluddin, P. (2017). Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Membiakan Tanaman dengan Biji Jurusan Agribisnis Pembibitan dan Kultur Jaringan Kelas X di SMK Negeri 4 Jeneponto. Jurnal Teknologi Pertanian. 3: 49-57
Fujiyanto, Ahmad, dkk. (2016). Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1): 841-850
Suprihatin. (2017). Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang. Jurnal Bindo Sastra. 1(1): 45-51
Maryamah, Effendy, M.H. (2019). Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Cepat pada Siswa Kelas XI di Ma Al-FalahTlanaka Pemeksaan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoneia. 1(1): 1-9
Lestari, Arum. (2017). Keefektifan Media Audio Visual sebagai Kreativitas Guru Sekolah Dasar dalam Menumbuhkan Ketrampilan menulis Puisi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 7(3): 214-225. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p214-225
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).