IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA MADRASAH ALIYAH

Authors

  • Siti Asdiqoh Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
  • Badruz Zaman Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3510

Keywords:

Model Implementasi, Pendidikan Karakter

Abstract

Implementasi pendidikan karakter pada siswa di MAN 1 Boyolali menggunakan Model Holistik yaitu seluruh warga mulai dari guru, karyawan, siswa, serta komunitas sekolah harus terlibat dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan karakter dengan memperhatikan tiga basis desain dalam implementasinya Desain pendidikan karakter berbasis kelas, desain pendidikan karakter berbasis kultur sekolah, dan desain pendidikan karakter berbasis komunitas.  Faktor Pendukung Implementasi Pendidikan Karakter pada Siswa di MAN I Boyolali, yaitu: Adanya fasilitas buku pegangan yang disediakan perpustakaan yang lengkap untuk 3 program IPA, IPS, dan Agama. Kompetensi guru yang baik, sehingga dapat menjadi fasilitator, pendamping, motivator, pembimbing, serta teladan bagi siswa dalam proses pembelajaran. Karakter dasar siswa yang rata-rata baik, sehingga dapat menyesuaikan diri dengan model pendidikan karakter di MAN 1 Boyolali. Kurikulum pendidikan yang mendukung pendidikan karakter di MAN 1 Boyolali. Budaya demokratis yang mendukung pendidikan karakter yang menjadi kebiasaan di kelas, lingkungan sekolah dan komunitas sekolah meliputi: komite sekolah, orang tua siswa, dan Alumni. Faktor Penghambat Implementasi Pendidikan Karakter pada Siswa di MAN I Boyolali, yaitu: Pengaruh negatif dari lingkungan pergaulan siswa di luar sekolah. Budaya “Nurun†masih sangat tinggi, tanpa tau asal muasal cara penyelesainnya. Banyaknya tugas yang harus diselesaikan siswa setiap harinya, baik tugas akademik maupun tugas organisasi intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Penyalahgunaan HP dan Gadget dilingkungan kelas dan sekolah. Kurangnya kesempatan untuk saling berkomunikasi dan koordinasi antara pihak sekolah dengan komite sekolah, orang tua siswa, dan alumni.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid dan Dian Andayani. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya
Badrus Zaman. 2018. Pendidikan Akhlak pada Anak Jalanan di Surakarta. Jurnal Inspirasi Vol. 2 No. 2 Undaris Ungaran.
Badrus Zaman. 2019. Urgensi Pendidikan Karakter yang sesuai dengan Falsafah Bangsa Indonesia. Jurnal Al Ghazali Vol. 2 No. 1 STAINU Purworejo.
Darmiati Zuchdi dkk, 2012. Pendidikan Karakter Konsep Dasar dan Implementasi di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: UNY Press
Doni Koesoema A, 2012. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius
Lexy J. Moleong, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muchlas Samani & Hariyanto, 2011, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muchlas Samani & Hariyanto, 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya
Thomas Lickona, 2013. Educating for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter, Jakarta: Bumi Aksara
Ulil Amri Syarif, 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an, Jakarta: Raja Grafindo Press
Undang-Undang RI No 20. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Cipta Jaya

Downloads

Published

2020-06-21

How to Cite

Asdiqoh, S., & Zaman, B. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA MADRASAH ALIYAH. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 92–102. https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3510

Issue

Section

Articles