IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA MADRASAH ALIYAH
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3510Keywords:
Model Implementasi, Pendidikan KarakterAbstract
Implementasi pendidikan karakter pada siswa di MAN 1 Boyolali menggunakan Model Holistik yaitu seluruh warga mulai dari guru, karyawan, siswa, serta komunitas sekolah harus terlibat dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan karakter dengan memperhatikan tiga basis desain dalam implementasinya Desain pendidikan karakter berbasis kelas, desain pendidikan karakter berbasis kultur sekolah, dan desain pendidikan karakter berbasis komunitas. Faktor Pendukung Implementasi Pendidikan Karakter pada Siswa di MAN I Boyolali, yaitu: Adanya fasilitas buku pegangan yang disediakan perpustakaan yang lengkap untuk 3 program IPA, IPS, dan Agama. Kompetensi guru yang baik, sehingga dapat menjadi fasilitator, pendamping, motivator, pembimbing, serta teladan bagi siswa dalam proses pembelajaran. Karakter dasar siswa yang rata-rata baik, sehingga dapat menyesuaikan diri dengan model pendidikan karakter di MAN 1 Boyolali. Kurikulum pendidikan yang mendukung pendidikan karakter di MAN 1 Boyolali. Budaya demokratis yang mendukung pendidikan karakter yang menjadi kebiasaan di kelas, lingkungan sekolah dan komunitas sekolah meliputi: komite sekolah, orang tua siswa, dan Alumni. Faktor Penghambat Implementasi Pendidikan Karakter pada Siswa di MAN I Boyolali, yaitu: Pengaruh negatif dari lingkungan pergaulan siswa di luar sekolah. Budaya “Nurun†masih sangat tinggi, tanpa tau asal muasal cara penyelesainnya. Banyaknya tugas yang harus diselesaikan siswa setiap harinya, baik tugas akademik maupun tugas organisasi intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Penyalahgunaan HP dan Gadget dilingkungan kelas dan sekolah. Kurangnya kesempatan untuk saling berkomunikasi dan koordinasi antara pihak sekolah dengan komite sekolah, orang tua siswa, dan alumni.Downloads
References
Badrus Zaman. 2018. Pendidikan Akhlak pada Anak Jalanan di Surakarta. Jurnal Inspirasi Vol. 2 No. 2 Undaris Ungaran.
Badrus Zaman. 2019. Urgensi Pendidikan Karakter yang sesuai dengan Falsafah Bangsa Indonesia. Jurnal Al Ghazali Vol. 2 No. 1 STAINU Purworejo.
Darmiati Zuchdi dkk, 2012. Pendidikan Karakter Konsep Dasar dan Implementasi di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: UNY Press
Doni Koesoema A, 2012. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius
Lexy J. Moleong, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muchlas Samani & Hariyanto, 2011, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muchlas Samani & Hariyanto, 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya
Thomas Lickona, 2013. Educating for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter, Jakarta: Bumi Aksara
Ulil Amri Syarif, 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an, Jakarta: Raja Grafindo Press
Undang-Undang RI No 20. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Cipta Jaya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).