PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATERI QUR’AN HADITS INTEGRATIF-INKLUSIF DI MADRASAH ALIYAH
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.2860Kata Kunci:
Pembelajaran, Integratif-Inklusif, Qur’an Hadits, Learning, Integrative-Inclusive, Qur'an HadithsAbstrak
Salah satu faktor yang menentukan tercapainya tujuan pendidikan adalah pembelajaran. Pembelajaran yang baik bisa memberikan pengaruh positif terhadap peserta didik. Di antara model pembelajaran yang bisa menjadi alternatif adalah pembelajaran yang berdasar pendekatan integrtif-inklusif. Tujuan dari model pembelajaran ini adalah agar peserta didik mampu mengintegrasikan materi agama dengan sains, serta memiliki kepribadian yang inklusif, moderat, toleran, dan saling menghargai antar sesama. Tujuan ini sangat penting karena Indonesia adalah segara yang terdiri dari beraneka ragam suku, bahasa, adat istiadat, dan agama. Pembelajaran melalui pendekatan intgratif-inklusif bisa dilakukan dalam mata pelajaran Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah (MA). Qur’an Hadits adalah mata pelajaran yang penting karena membahas tentang sumber ajaran Islam. Selain itu, peserta didik di Madrasah Aliyah (MA) sudah mulai berpikir kritis, serta mampu dibawa ke dalam model pembelajaran yang integratif-inklusif. Kata Kunci: Pembelajaran, Integratif-Inklusif, Qur’an HaditsUnduhan
Referensi
Draf Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 000912 Tahun 2013
Fatchurrohman. “Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Eksternal Dan Internal Di Madrasah Ibtidaiyahâ€. Inferensi, Vol. 9, No. 2, Desember (2015): 329-350.
Fauzan, “Model Pembelajaran Integratif’, Jurnal Balai Diklat Keagamaan Bandung, (2014):1-16
Kementerian Pendidikan dan Kebudayan. “Pendidikan Inklusif dan Perlindungan Anakâ€. Bahan Pelatihan Peningkatan Kompetensi bagi Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah Tahun 2015.
Roqib, Moh. Ilmu Pendidikan Islam.Yogyakarta: LKiS, 2009.
Salamah. “Pengembangan Model-Model Pembelajaran Alternatif Bagi Pendiddcan Islam (Suatu Alternatif soiusi Permasalahan Pembelajaran Agama Islam)â€, FIKRAH, Vol. 5, No.1, (2006):15-38.
Suhendi. “Pembelajaran Sains Dalam Desain Pendekatan Tematik Integratifâ€. Jurnal Tarbawiyah, Volume 11 Nomor 2 (2014) :221-234.
Sunhaji. Pembelajaran Tematik-Integratif. Yogyakarta: Pustaka Senja, 2016.
Susanto, Edi. “Spiritualisasi Pendidikan Agama Islam: Menuju Keberagamaan Inklusif Pluralistikâ€. Jurnal Nuansa, Vol. 11 No. 2 (2014): 315-340
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).