Optimalisasi Kecerdasan Natural Anak di Lingkungan Keluarga
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v21i1.1401Kata Kunci:
Family Education, Natural Intelligence, ChildAbstrak
Abstrak: Keluarga merupakan lingkungan yang penting dalam pendidikan anak. Kecerdasan natural perlu dioptimalkan sejak dini agar anak lebih peduli terhadap lingkungan alam. Kepedulian anak terhadap lingkungan alam dapat menjaga kelestarian alam serta dapat mencegah bencana yang diakibatkan oleh ulah manusia karena merusak alam. Pendidikan di lingkungan keluarga dapat mengoptimalkan kecerdasan natural anak melalui cara berikut ini: memperhatikan anak dengan penuh kasih sayang, memberi jawaban positif atas pertanyaan yang dilontarkan anak, Memberi aturan yang disiplin tetapi tidak terlalu keras, memberi tugas yang berkaitan dengan kecerdasan natural, ajak anak berlibur ke tempat wisata alam, menonton film tentang lingkungan, tumbuhan, atau hewan, membacakan cerita tentang lingkungan, tunmbuhan, atau hewan. Kata Kunci: Pendidikan Keluarga, Kecerdasan Natural, AnakUnduhan
Referensi
Chatib, Munif. 2014. Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa.
___________. 2015. Orang Tuanya Manusia (Edisi Baru). Bandung: Kaifa.
Griffith, Mary. 2012. The Unschooling Handbook: How to Use Whole World As Your Child’s Classroom. (Home Schooling, Menjadikan Setiap Tempat Sebagai Sarana Belajar). Diterj. Oleh Mutia Darma. Bandung: Nuansa Cendekia.
Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa. 2013. Ki Hadjar Dewantara, Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka, Bagian I (Pendidikan). Yogyakarta: UST-Press.
Mudyahardjo, Redja. 2008. Filsafat Ilmu Pendidikan (Suatu Pengantar). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suparno, Paul. 2004. Teori Intelegensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah (Cara Menerapkan Teori Multiple Intelligense Howard Gardner). Yogyakarta: Kanisius.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).