Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Multimedia sebagai Bentuk Inovasi Active Learning

Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Multimedia sebagai Bentuk Inovasi Active Learning

Penulis

  • Novi Mayasari Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v22i2.1203

Kata Kunci:

Quantum Teaching, Multimedia, Active Learning

Abstrak

Model pembelajaran quantum teaching berbasis multimedia merupakan salah satu bentuk inovasi pembelajaran aktif atau active learning. Konsep active learning dalam model pembelajaran quantum teaching berbasis multimedia diterapkan melalui kerangka TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demosntrasi, Ulangi, dan Rayakan) dan multimedia sebagai media pembelajarannya. Multimedia yang digunakan berbentuk audio visual dengan aplikasi macromedia flash player yang berisi materi pelajaran dan game edukasi yang dinamakan puzzle elektronik. Model pembelajaran Quantum Teaching berbasis multimedia ini sebagai bentuk inovasi active learning dapat diimplementasikan pendidik atau guru dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran Quantum Teaching berbasis multimedia diharapkan dapat membantu praktisi pendidikan khususnya para guru dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik sehingga memudahkan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A’la, M. 2010. Quantum Teaching. Yogyakarta : Diva Press.
Daradjat, Zakiyah, dkk. 1996. Metodologi Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
DePorter, B. dan Hernacki, M. 2009. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Mizan Pustaka.
DePorter, B., Reardon, M., dan Nouri, S.S. 2010. Quantum Teaching Mempraktekkan Quantum Teaching di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
Kusno dan Purwanto, J. 2011. Effectiveness of Quantum Learning for Teaching Linear Program at the Muhammadiyah Senior High School of Purwokerto in Central Java,Indonesia. EDUCARE: International Journal for Educational Studies, 4(1).
Mayer, R. E. 2002. Cognitive Theory and The Desain of Multimedia Instruction: an Example Of The Two-way Street Between Cognition And Instruction. New Directions For Teaching And Learning, No.89, Spring 2002 Wiley Periodicals, Inc.
Machmudah, Ummi. 2008. Active Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Malang Press.
Merrill, P. F., et al. (1996). Computers in eucation (3rd ed.) Englewood Cliffs. NJ: Eucational Technology Publication.
Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Rosdakarya
Prasetyo, S. 2007. Pengembangan Pembelajaran Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Yang Berkualitas. Semarang: UNNES.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: alfabeta.
Semiawan, Conny. 1992. Pendekatan Ketrampilan Proses. Jakarta: Gramedia.
Silberman, Melvin L. 1996. Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject diterj.oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nuansa Cendekia
Silberman, Melvin L. 2016. Active Learning diterj.oleh Raisul Muttaqien Edisi Revisi. Bandung: Nuansa Cendekia
Sutopo, A.H. 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tafsir, Ahmad. 2003. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset
Vaughan, T. (2006). Multimedia:making it work. Terjemahan Theresia Arie Prabawati & Agnes Heni Triyuliana. McGraw: Hill Company. Inc.
Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Wenger, Win, Beyond. 2003. Teaching and Learning, Memadukan Quantum Teaching & Learning diterjemahkan Ria Sirait dan Purwanto. Bandung: Nuansa.
Zaini, Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Diterbitkan

2017-12-13

Cara Mengutip

Mayasari, N. (2017). Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Multimedia sebagai Bentuk Inovasi Active Learning: Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Multimedia sebagai Bentuk Inovasi Active Learning. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 22(2), 199–216. https://doi.org/10.24090/insania.v22i2.1203

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.