Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Multimedia sebagai Bentuk Inovasi Active Learning
Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Multimedia sebagai Bentuk Inovasi Active Learning
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v22i2.1203Kata Kunci:
Quantum Teaching, Multimedia, Active LearningAbstrak
Model pembelajaran quantum teaching berbasis multimedia merupakan salah satu bentuk inovasi pembelajaran aktif atau active learning. Konsep active learning dalam model pembelajaran quantum teaching berbasis multimedia diterapkan melalui kerangka TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demosntrasi, Ulangi, dan Rayakan) dan multimedia sebagai media pembelajarannya. Multimedia yang digunakan berbentuk audio visual dengan aplikasi macromedia flash player yang berisi materi pelajaran dan game edukasi yang dinamakan puzzle elektronik. Model pembelajaran Quantum Teaching berbasis multimedia ini sebagai bentuk inovasi active learning dapat diimplementasikan pendidik atau guru dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran Quantum Teaching berbasis multimedia diharapkan dapat membantu praktisi pendidikan khususnya para guru dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik sehingga memudahkan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.Unduhan
Referensi
Daradjat, Zakiyah, dkk. 1996. Metodologi Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
DePorter, B. dan Hernacki, M. 2009. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Mizan Pustaka.
DePorter, B., Reardon, M., dan Nouri, S.S. 2010. Quantum Teaching Mempraktekkan Quantum Teaching di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
Kusno dan Purwanto, J. 2011. Effectiveness of Quantum Learning for Teaching Linear Program at the Muhammadiyah Senior High School of Purwokerto in Central Java,Indonesia. EDUCARE: International Journal for Educational Studies, 4(1).
Mayer, R. E. 2002. Cognitive Theory and The Desain of Multimedia Instruction: an Example Of The Two-way Street Between Cognition And Instruction. New Directions For Teaching And Learning, No.89, Spring 2002 Wiley Periodicals, Inc.
Machmudah, Ummi. 2008. Active Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Malang Press.
Merrill, P. F., et al. (1996). Computers in eucation (3rd ed.) Englewood Cliffs. NJ: Eucational Technology Publication.
Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Rosdakarya
Prasetyo, S. 2007. Pengembangan Pembelajaran Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Yang Berkualitas. Semarang: UNNES.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: alfabeta.
Semiawan, Conny. 1992. Pendekatan Ketrampilan Proses. Jakarta: Gramedia.
Silberman, Melvin L. 1996. Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject diterj.oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nuansa Cendekia
Silberman, Melvin L. 2016. Active Learning diterj.oleh Raisul Muttaqien Edisi Revisi. Bandung: Nuansa Cendekia
Sutopo, A.H. 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tafsir, Ahmad. 2003. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset
Vaughan, T. (2006). Multimedia:making it work. Terjemahan Theresia Arie Prabawati & Agnes Heni Triyuliana. McGraw: Hill Company. Inc.
Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Wenger, Win, Beyond. 2003. Teaching and Learning, Memadukan Quantum Teaching & Learning diterjemahkan Ria Sirait dan Purwanto. Bandung: Nuansa.
Zaini, Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).