Layanan Bimbingan dan Konseling bagi Anak Perantau di Sekolah Dasar Negeri di Purbalingga
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v26i2.5190Kata Kunci:
anak perantau, bimbingan dan konseling, guru, layananAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model layanan bimbingan dan konseling yang diberikan guru kepada siswa di SD Negeri Tunjungmuli Purbalingga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas yang bertugas sekaligus menjadi guru bimbingan dan konseling, anak perantau, dan wali murid. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan dan konseling bagi siswa yang orang tuanya perantau dilaksanakan melalui empat bimbingan yaitu bimbingan pribadi, sosial, belajar, dan karier. Layanan bimbingan konseling di kelas VI belum mencapai hasil maksimal, namun layanan bimbingan dan konseling di kelas II dilaksanakan dengan optimal. Layanan bimbingan dan konseling dilakukan dengan menyelenggarakan layanan bimbingan pribadi, sosial, belajar, dan karier. Hasil penelitian adalah layanan konseling bagi anak perantau lebih efektif dilakukan dengan menggunakan layanan bimbingan belajar. Masalah dalam pembelajaran merupakan masalah terbesar yang dihadapi anak perantau.Unduhan
Referensi
Indaryati, S. (2020, February 4). [Personal communication].
Lisyati. (2020, February 4). [Personal communication].
Lisyati. (2020, November 20). [Personal communication].
Mahmudi, A., Sulianto, J., & Listyarini, I. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 122–129. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24435
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Purwahyanti. (2020, February 8). [Personal communication].
Putri, D. K. (2020, November 10). [Personal communication].
Siahaan, C., & Rantung, D. A. (2019). Peran Orangtua Sebagai Pendidik dan Pembentuk Karakter Spiritualitas Remaja. Jurnal Pendidikan Agama Kristen SHANAN, 3(2), 95–114. https://doi.org/10.33541/shanan.v3i2.1581
Sugiyono, S. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Taufiqurrohman, Wahjoedi, & Setyosari, P. (2017). Hasil Belajar Siswa Keluarga Migran. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 2(12), 1625–1628. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10303
Wahyuni, I. D. (2020, February 4). [Personal communication].
Wardi, M. M. (2020). Pengaruh Orangtua sebagai Buruh Migran terhadap Prestasi Belajar Siswa. IBTIDA’IY: Jurnal Prodi PGMI, 5(1), 9–14. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v5i1.2624
Wiyani, N. A. (2017). Relevansi Standarisasi Pembelajaran dan Penilaian Pada Kurikulum 2013 Dengan Konsep Perbedaan Individu Peserta Didik. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 22(1), 184–193. https://doi.org/10.24090/insania.v22i1.1511
Wiyani, N. A. (2018). Manajemen Program Parenting Bimbingan Baca-Tulis Al-Qur’an dengan Metode Yanbu’a bagi Orang Tua di TK Nurul Hikmah Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 223–233. http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3472
Wiyani, N. A. (2019). Epistemologi Pendidikan Anak bagi Ayah menurut Luqman. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 14(2), 311–328. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i2.3034
Wiyani, N. A. (2020). Kegiatan Manajerial dalam Pembudayaan Hidup Bersih dan Sehat Di TPA RA Darussalam Kroya Cilacap. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 15–28. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.8180
Yulianti, T. R. (2014). Peranan Orangtua dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 11–24. https://doi.org/10.22460/empowerment.v3i1p11-24.569
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).