KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS PESANTREN DI LEMBAGA PENDIDIKAN UMUM
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.3083Kata Kunci:
Islamic Education System, Islamic Boarding School (pesantren).Abstrak
Penelitian ini berawal dari anggapan umum bahwa sebagian besar generasi Indonesia didominasi oleh masyarakat muslim yang bersekolah di sekolah negeri bukan pada sekolah madrasah, sedangkan Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diajarkan kepada siswa lebih banyak di ajarkan di sekolah madrasah. Akibatnya, banyak siswa siswi beragama Islam memiliki pemahaman yang kurang terhadap agama dan mereka tidak mengerti dengan sempurna (kaffah) tentang nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Pendidikan Islam di sekolah umum seperti sekolah dasar hingga sekolah menengah harus mendapat pengembangan, modifikasi, inovasi dan program pembelajaran tambahan sehingga tujuan integral pendidikan Islam dapat tercapai dengan baik. Sistem pembelajaran yang lebih optimal dapat dilakukan dengan memodifikasi mata pelajaran PAI secara luas. Selain itu, pendidikan berbasis pesantren diluncurkan di sekolah umum adalah untuk menciptakan siswa agar memiliki karakter moral yang lebih tinggi. Penelitian ini membahas tentang pengembangan dan proses pembelajaran PAI di sekolah umum yang menerapkan program sekolah berbasis pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sekolah berbasis pesantren dengan menguraikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada sistem pembelajarannya. Pendekatan analisis dalam kajian ini bersifat naturalistik dengan melakukan diskusi secara komprehensif dan deskriptif pada fokus penelitian dalam system pendidikan terpadu, dengan metode observasi dan wawancara, dilanjutkan dengan menguji validitas data melalui interaksi yang sering dilakukan dengan sumber primer, melakukan obeservasi lebih rajin dan uji triangulasi konduksi. Selain itu penelitian ini mengunakan analisis deskriptif, analisis kasus silang dan penalaran komparatif dan induktif untuk pembahasan dan analisis temuan. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa penerapan pendidikan agama Islam berbasis pesantren di sekolah umum memiliki nilai yang baik bagi siswa, karena siswa mampu mempraktekan dan mendalami ilmu agama sebagaimana mestinya.Unduhan
Referensi
Akaha, A. Z. (2001). Bila Kiai Dipertuhankan: Membedah Sikap Beragama NU. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Barnadib, I. (1982). Filsafat Pendidikan Islam, pengantar Mengenai Sistem dan metode. Yogyakarta: FIP IKIP.
Basri, H. (2012). Kapita Selekta Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Mulia.
Daulay, H. P. (2009). Dinamika Pendidikan Islam di Asia Tenggara. Jakarta: Rineka Cipta.
Dhofier, Z. (1994). Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kiai. Jakarta: LP3ES.
Et.al, M. (2008). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Rosdakarya.
Fasli Jalal dan Dedi Supriadi. (2001). Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Hamami, T. (2008). Pemikiran pendididikan Islam: transformasi kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah umum. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
Jalaluddin. (2002). Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
langgulung, H. (1980). Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma'arif.
Madjid, N. (1997). Bilik-bilik Pesantren. Jakarta: Paramadina.
Muhaimin. (2008). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Rosda Karya.
Nasution, S. (2001). Asas-asas Kurikulum. Bandung: Jermmars.
Noorsyam, M. (1993). Filsafat pendidikan Islam dan dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.
Penyusun, T. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Kalam MUlia.
Penyusun, T. (2004). Kurikulum 2004. jakarta: Departemen Pendidikan nasional.
Penyusun, T. (2008). Himpunan Perundang-undangan Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Nuansa Aulia.
Philip W. Jackson . (1996). Handbook Research on Curriculum. New York: Simon & Sxhuster Macmillan.
Ramayulis. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Siraj, S. A. (1999). Pesantren Masa Depan: Wacana Pembaharuan dan Transformasi Pesantren. Bandung: Pustaka Hidaya.
Sukmadinata, N. S. (2001). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.
Zuhairini, dkk. (2004). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Jakarta: PT Bina Ilmu.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).