KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS PESANTREN DI LEMBAGA PENDIDIKAN UMUM

Penulis

  • Sudadi Sudadi Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.3083

Kata Kunci:

Islamic Education System, Islamic Boarding School (pesantren).

Abstrak

Penelitian ini berawal dari anggapan umum bahwa sebagian besar generasi Indonesia didominasi oleh masyarakat muslim yang bersekolah di sekolah negeri bukan pada sekolah madrasah, sedangkan Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diajarkan kepada siswa lebih banyak di ajarkan di sekolah madrasah. Akibatnya, banyak siswa siswi beragama Islam memiliki pemahaman yang kurang terhadap agama dan mereka tidak mengerti dengan sempurna (kaffah) tentang nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Pendidikan Islam di sekolah umum seperti sekolah dasar hingga sekolah menengah harus mendapat pengembangan, modifikasi, inovasi dan program pembelajaran tambahan sehingga tujuan integral pendidikan Islam dapat tercapai dengan baik. Sistem  pembelajaran yang lebih optimal dapat dilakukan dengan memodifikasi mata pelajaran PAI secara luas. Selain itu, pendidikan berbasis pesantren diluncurkan di sekolah umum adalah untuk menciptakan siswa agar memiliki karakter moral yang lebih tinggi. Penelitian ini membahas tentang pengembangan dan proses pembelajaran PAI di sekolah umum yang menerapkan program sekolah berbasis pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sekolah berbasis pesantren dengan menguraikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada sistem pembelajarannya. Pendekatan analisis dalam kajian ini bersifat naturalistik dengan melakukan diskusi secara komprehensif dan deskriptif pada fokus penelitian dalam system pendidikan terpadu, dengan metode observasi dan wawancara, dilanjutkan dengan menguji validitas data melalui interaksi yang sering dilakukan dengan sumber primer, melakukan obeservasi lebih rajin dan uji triangulasi konduksi. Selain itu penelitian ini mengunakan analisis deskriptif, analisis kasus silang dan penalaran komparatif dan induktif untuk pembahasan dan analisis temuan. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa penerapan pendidikan agama Islam berbasis pesantren di sekolah umum memiliki nilai yang baik bagi siswa, karena siswa mampu mempraktekan dan mendalami ilmu agama sebagaimana mestinya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, A. (2000). Pengajaran Kalam dal Teologi di Era Kemajemukan: Sebuah Tinjauan Materi dan Metode Agama" dalam Tashwirul Afkar. Refleksi Pemikiran Keagamaan dan Kebudayaan.
Akaha, A. Z. (2001). Bila Kiai Dipertuhankan: Membedah Sikap Beragama NU. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Barnadib, I. (1982). Filsafat Pendidikan Islam, pengantar Mengenai Sistem dan metode. Yogyakarta: FIP IKIP.
Basri, H. (2012). Kapita Selekta Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Mulia.
Daulay, H. P. (2009). Dinamika Pendidikan Islam di Asia Tenggara. Jakarta: Rineka Cipta.
Dhofier, Z. (1994). Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kiai. Jakarta: LP3ES.
Et.al, M. (2008). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Rosdakarya.
Fasli Jalal dan Dedi Supriadi. (2001). Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Hamami, T. (2008). Pemikiran pendididikan Islam: transformasi kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah umum. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
Jalaluddin. (2002). Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
langgulung, H. (1980). Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma'arif.
Madjid, N. (1997). Bilik-bilik Pesantren. Jakarta: Paramadina.
Muhaimin. (2008). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Rosda Karya.
Nasution, S. (2001). Asas-asas Kurikulum. Bandung: Jermmars.
Noorsyam, M. (1993). Filsafat pendidikan Islam dan dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.
Penyusun, T. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Kalam MUlia.
Penyusun, T. (2004). Kurikulum 2004. jakarta: Departemen Pendidikan nasional.
Penyusun, T. (2008). Himpunan Perundang-undangan Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Nuansa Aulia.
Philip W. Jackson . (1996). Handbook Research on Curriculum. New York: Simon & Sxhuster Macmillan.
Ramayulis. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Siraj, S. A. (1999). Pesantren Masa Depan: Wacana Pembaharuan dan Transformasi Pesantren. Bandung: Pustaka Hidaya.
Sukmadinata, N. S. (2001). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.
Zuhairini, dkk. (2004). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Jakarta: PT Bina Ilmu.

Diterbitkan

2020-11-11

Cara Mengutip

Sudadi, S. (2020). KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS PESANTREN DI LEMBAGA PENDIDIKAN UMUM. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 174–188. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.3083

Terbitan

Bagian

Articles