IMPLEMENTASI METODE KARIMAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI PUSAT PENDIDIKAN AL-QUR’AN (PPQ) AL MAHIR, COLOMADU, KARANGANYAR

Penulis

  • Desti Widiani Widiani IAIN SURAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v24i1.2571

Kata Kunci:

Karimah Methode, Implementation, Al-Qur'an Reading

Abstrak

Kemampuan tilawah mayoritas umat Islam masih lemah. Hal ini terlihat masih seringnya terjadi kesalahan khaffi maupun jalli ketika membaca ayat suci Al-Qur’an saat berpidato, berkhotbah atau ketika menjadi imam dalam shalat jamaah. Banyak faktor penyebab keadaan ini, dan terutama faktor yang terpenting adalah metode pengajaran yang kurang manhaji. Secara umum, metode-metode dalam pembelajaran Al-Qur’an yang ada dewasa ini belum dapat memberikan solusi alternatif kepada pembelajar pemula untuk belajar membaca Al-Qur’an secara mudah, praktis, sistematis, dan sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Karimah sebagai salah satu metode membaca Al-Qur’an yang diterapkan di pusat pendidikan Al-Qur’an Al Mahir Colomadu Karanganyar merupakan salah satu metode alternatif untuk membantu para pemula yang ingin membaca Al-Qur’an secara mudah, praktis, sistematis, dan sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode Karimah dalam pembelajaran Al-Qur’an di Pusat Pendidikan Al-Qur’an (PPQ) Al Mahir Colomadu Karanganyar. Hasil penelitian ini adalah implementasi pembelajaran membaca Al-Qur’an di Pusat Pendidikan Al-Qur’an (PPQ) Al-Mahir Colomadu Karanganyar mudah, praktis, sistematis, dan sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Implementasi metode Karimah diawali dengan pembukaan, kultum, pengajaran membaca Al Qur’an dan penutup. Pengajaran membaca Al Qu’an dengan metode Karimah ini dibagi menjadi 3 tahap yaitu pemula, pra tahsin dan tahsin.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdul Aziz Abdul Rauf. 2009. Pedoman Daurah Al-Qur’an. Jakarta: Markaz Al-Qur’an
Ahmad Syarifuddin. (2008). Mendidik Anak, Membaca, Menulis, Dan Mencintai Al-Qur’an. Jakarta : Gema Insani
Ahmad tafsir. 2002. Metodologi Pengajran Agama Islam. Bandung : Rosda Karya
Anas Sudjono. 2003. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindi Persada
Asnawir dan Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta : ciputat Press
Cholid Narbuko dan Abu Achmadi, (2002), Metodologi Penelitian, Jakarta : Bumi Aksara.
Depag. 1995. Al-Qur’an Dan Terjemahan. Jakarta: departemen Agama
Departemen agama RI. 2003. Kurikulum Pendidikan Pada TPA/TPQ. Jakarta : direktoral jendral kelembagaan agama islam bagian proyek peningkatan pendidikan Al-Qur’an dan MTQ
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Efendi Anwar. TT. Bimbingan Tahsin Dan Tajwid Al-Qur’an Utsmani. Jakarta: cahaya Qur’ani press
Fatah Syukur. 2005. Teknologi Pendidikan. Semarang : walisongo press
Henry Guntur tarigan. (2008). Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Ibrahim salamah, Khalidun. TT. Tsaqofah Islamiyah. Riyadh: Universitas Islam Imam Muahhamd Ibn Su’ud
Imam suyuthi. 1994. Apa Itu Al-Qur’an? Jakarta : gema insane press
Imam muslim. 1995. Sohih Muslim. Beirut: dar el-marefah
Imam Nawawi. 2000. Riyadus Shalihin II. Terj. Muslich Shabir. Semarang: CV. Toha Putra
Imam Nawawi. 2002. Adab Pengemban Al-Qur’an. Jakarta : Mustaqim
Ismail. 2008. Stategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang : RaSail media group
Lexy J. Moelong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya
Manna Al Qaththan. 2009. Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an. Jakarta : Pustaka Al Kausar
Maulana Kausar Niazi. 1983. Menuju Pemahaman Al-Qur’an. Jakarta pusat : Pusataka Al Husna
Mulyasa. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandiriran Guru Dan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Nana Sudjana. 1998. Cara belajar siswa aktif dalam proses beajar mengajar. Bandung : sinar baru Algesindo
Oemar hamalik. 2001. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta : kalam Mulia
Saiful Segala. 2003. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
S. Eko Putro Widyoko. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar
Suharsimi Arikunto. 1993. Manajemen Pendidikan Secara Manusiawi. Jakarta : rineka cipta
Suharsimi Arikunto dan cepi safrudin. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Sutrisni hadi. 1984. Metodologi Research I. Yogyakarta : yayasan penerbitan fakultas psikologi UGM
Sutrisno Hadi, (2001), Metodologi Research jilid 2, Yogyakarta : Andi Yogyakarta.
Suwaryomo Wiryodijoyo.1989. Membaca : Strategi Pengantar Dan Tekniknya. Jakarta : Depdikbud
Thoha Musthofa, HM. 1996. pedoman pendidika Al Qur’an bagi anak-anak. Surakarta (makalah tidak diterbitkan)
Thoifuri. 2007, Menjadi Guru Inisiator. Semarang : Rasail
Wina sanjaya. 2006. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : kencana
Yudhi munadi. 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : gaung persada Press
Zakiah daradjat. 2001. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta : Bumi Aksara
Zuhairini dkk. 1993. Metodologi Pendidikan Agama. Solo : Ramadhani

Diterbitkan

2019-06-03

Cara Mengutip

Widiani, D. W. (2019). IMPLEMENTASI METODE KARIMAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI PUSAT PENDIDIKAN AL-QUR’AN (PPQ) AL MAHIR, COLOMADU, KARANGANYAR. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(1), 100–119. https://doi.org/10.24090/insania.v24i1.2571

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.