Al-Qur’an dan Teori Pengetahuan: Melacak Formula Epistemologi dalam Al-Qur’an dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v23i1.2015Kata Kunci:
epistemology, Islamic education, the Qur'anAbstrak
Abstrak: Pemerintah telah memaksakan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) masuk dalam kurikulum setiap jenjang pendidikan, mulai pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Maka, pengaruh tuntutan masyarakat, peta politik, kondisi sosial dan ekonomi jauh lebih dominan dalam menentukan arah pendidikan di Indonesia dari pada sistem kepercayaan masyarakat yang terakumulasi dalam pandangan filosofisnya. Kepercayaan filosofis penting sebagai penyeimbang sekaligus ikut menentukan arah laju pendidikan, agar lembaga pendidikan tidak serta merta hanya berfungsi sebagai produsen tenaga kerja. Atas kesadaran pentingnya dimensi filosofis dalam menentukan arah pendidikan (Islam), masih saja ada pihak-pihak (umat Islam) yang alergi bahkan menganggap berdosa, bersentuhan dengan filsafat dengan segala aturannya. Artikel ini akan menjawab pertanyaan; Bagaimana konstruksi epistemologi pengetahuan menurut al-Qur’an dan bagaimana implikasi epistemologi tersebut terhadap pendidikan Islam? Keywords: epistemology, Islamic education, the Qur'anUnduhan
Referensi
———. “Jejak Filsafat Islam Dalam Filsafat Pendidikan Islam (Analisis Struktural Dan Fungsional Filsafat Islam Dalam Buku Filsafat Pendidikan Islam Terbitan Dalam Negeri Dan Terjemahan).†UIN Sunan Kalijaga, 2013.
Abu Ja’far Muhammad bin Jarir Ath-Thabari. 2011. Tafsir Ath-Thabari: Surat Al-Fatihah dan Al-Baqarah. Vol. 1. Cetakan II. Jakarta: PUSTAKA AZZAM.
———. 2009. Tafsir Ath-Thabari: Surat An- Nahl Dan Al Israa’. Vol. 16. Cetakan I. Jakarta: PUSTAKA AZZAM.
———. 2009. Tafsir Ath-Thabari: Surat At-Taubah, Yuunus Dan Hud. Vol. 13. Cetakan II. Jakarta: PUSTAKA AZZAM.
Ahmad Tafsir. 2012. Filsafat Ilmu: Mengurai Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi Pengetahuan. Cetakan VI. Bandung : Remaja Rosdakarya.
———. 2007. Ilmu Pendidikan Dalam Perspekif Islam. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Amsal Bakhtiar. 2011. Filsafat Ilmu. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Erliana Hasan. 2011. Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian Ilmu Pemerintahan. Bogor: Ghalia Indonesia.
Fahruddin Faiz. 2015. Hermeneutika Al-Qur’an. Yogyakarta: Kalimedia.
Louis O Kattsoff. 2004. Pengantar Filsafat. Yogyakarta: Tiara Wacana.
M. Quraish Shihab. 2006. TAFSIR AL-MISBAH: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Vol. 6. Cetakan V. Jakarta: Lentera Hati.
———. 2007. TAFSIR AL-MISBAH: Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an. Vol. 1. Cetakan X. Tangerang: Lentera Hati.
Mahmud Arif. 2008. Pendidikan Islam Transformatif. Yogyakarta: LKiS.
Muhammad Adib. 2011. Filsafat Ilmu: Ontologi, Epistemologi, Aksiologi, dan Logika Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mujamil Qomar. 2005. Epistemologi Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Muniron. 2011. Epistemologi Ikhwan As-Shafa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Murtadha Muthahhari. 2010. Pengantar Epistemologi Islam. Jakarta: Sadra Press.
Nurani Soyomukti. 2011. Pengantar Filsafat Umum. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Omar Muhammad Al-Toumy Al-Syaibany. 1979. Falsafatut Tarbiyyah Al-Islamiyah, terj. Hasan Langgulung, Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Sumedi. 2008. Kritisisme Hikmah Ke Arah Epistemologi Pendidikan Islam Humanis. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga.
Sutrisno. 2006. Fazlur Rahman: Kajian Terhadap Metode, Epistemologi, dan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Taufik Mandailing. 2013. Mengenal Filsafat Lebih Dekat. Yogyakarta: Idea Press.
Tim Dosen Filsafat Ilmu. 2010. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).