Sastra Warna Lokal Betawi Sebagai Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (BIPA)
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v23i1.2008Kata Kunci:
Literature, Local Color, Teaching Strategy, BIPAAbstrak
Abstrak: Bahasa berkaitan dengan budaya. Seperti halnya bahasa yang lain, bahasa Indonesia pun banyak dipengaruhi budaya-budaya setempat. Untuk itu sebagai strategi pengajaran BIPA harus juga mengenalkan budaya-budaya yang ada di Indonesia. Bahan yang dapat dikenalkan untuk tujuan itu adalah sastra warna lokal berupa puisi maupun prosa, baik novel maupun cerpen. Warna lokal dalam sastra Indonesia banyak ditemui sejak kelahiran sastra Indonesia. Selain menggambarkan warna lokal Minangkabau, berbagai warna lokal daerah lain memperkaya khasanah sastra Indonesia. Sastra warna lokal yang dapat dipakai adalah kumpulan cerpen Terang Bulang Terang di Kali : Cerita Keliling Betawi (2007) karya S.M. Ardan. Penggunaan warna lokal ini tidak hanya mengenalkan budaya Indonesia tetapi juga meningkatkan keterampilan berbahasa terutama untuk memperluas kosakata bahasa Indonesianya. Selain itu mereka akan menikmati keindahan dan menangkap pesan yang disampaikan dalam bentuk karya sastra tersebut. Dengan demikian, pembelajaran BIPA akan menyenangkan dan bermanfaat seperti halnya fungsi dari sastra itu sendiri yaitu dulce et utile, menyenangkan dan bermanfaat. Kata Kunci : Literature, Local Color, Teaching Strategy, BIPA.Unduhan
Referensi
Iskandarwasid dan Dadang Sunendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: UPI dan Rosdakarya.
Marahimin, Ismail. 1994. Menulis Populer. Jakarta: Pustaka Jaya.
Muhajir. 2000. Bahasa Betawi. Sejarah dan Perkembangannya. Jakarta: Yayasan Obor.
Muliastuti, Liliana. 2017. Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing, Acuan Teori, dan Pendekatan Pengajaran. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.
Murniah, Dad. 2007. “Warna Lokal dalam Sastra Indonesia†dalam Amin Sweeney (ed.) Keindonesiaan dan Kemelayuan dalam Sastra. Depok: Desantara.
Purnowulan, N. Rinaju, Upik Rafida, dan Ida Farida Sachmadi. 2017. “Implementasi Kearifan Lokal dalam Teks Bahan Ajar untuk Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Penutur Asingâ€. Prosiding Seminar Nasional. FKIP Universitas Jember.
Shahab, Alwi. 2006. Maria van Engel: Menantu Habib Kwitang. Jakarta: Republika.
Suci Sundusiah dan Rosita Rahma. 2016. “Model Poetry Reading dalam Pembelajaran Ekspresi Tulis Puisi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Penutur Asing dalam Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 15 No. 3 2016.
Suyitno, Imam. 2007. “Pengembanan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) Berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan†dalam Jurnal Wacana Vol. 9 No. April 2007.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).