Praksis Pendidikan Berorientasi Kebutuhan Perkembangan Anak

Penulis

  • Dwi Priyanto

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v22i1.1510

Kata Kunci:

educational practices, child development, individual characteristics

Abstrak

Abstrak: Tuntutan kehidupan di era globalisasi sekarang ini yang sarat akan informasi, cepat berubah dan penuh persaingan, menggiring manusia untuk selalu berbuat kreatif. Akibat dari berbagai perubahan, lahir berbagai tuntutan baru dalam penyelenggaraan pendidikan. Kecepatan perkembangan dunia yang terus berubah, perlu diimbangi oleh kemampuan belajar cepat. Belajar klasikal, yang kurang mempertimbangkan perbedaan individual, dan kurang memperhatikan perkembangan anak, belum dapat mengimbangi kecepatan perkembangan dunia diera globalisasi ini. Untuk itu merencanakan pendidikan yang selaras dengan perkembangan anak, mengandung makna menyiapkan anak didik untuk menjadi pelajar yang mampu belajar secara cepat dan sempurna. Ini berarti guru dituntut untuk memahami tata cara menyajikan bahan baru bagi pengembangan anak didik. Pengalaman-pengalaman yang melibatkan visualisasi (warna, bentuk, ukuran), auditorial (bunyi, irama, ritme) dan kinestetik (rasa, perasaan), perlu disesuaikan dengan tahap perkembangan anak, sehingga akan memperkuat dan memperkokoh hasil belajar sesuai dengan tuntutan globalisasi ini. Kata Kunci: praktik pendidikan, perkembangan anak, karakteristik individual.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asrori. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung : CV Walana Prima.
Bambang KP. 1990. Perkembangan Bahasa Anak: Dari lahir sampai Pra Sekolah. Dalam PELLBA 3 Yogyakarta : Kanisius
Conny Semiawan. 1984. Memupuk Bakat dan Kreatifitas Siswa Sekolah Menengah, Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Jakarta : Gramedia
DahlanMD. 1983. Sumbangan Pikiran Tentang Perwujudan Tujuan Pendidikan Nasional. Orasi Ilmiah. Bandung : IKIP Bandung (tidak diterbitkan)
ZakiahDarajat. 1979. Ilmu Jiwa Agamaa. Jakarta : Bulan Bintang
De Porter, Bobbi dan Mike Hermacki. 1992. Quantum Learning, Unleashing the Genius In You. New York: Dell Publishing
Colin Rose dan Malcolm J. Nicholl, 1997. Accelerated Learning for the 21st Century. New York : Bantam Doubleday Dell Publishing Group Inc.
Sindhunata. 2006. Membuka Masa Depan Anak-Anak Kita. Yogyakarta : Kanisius
Soelaeman. 1981. Percikan Filsafat Iqbal Mengenai Pendidikan. Bandung : Diponegoro
Sudarwan Danim. 2002. Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan. Bengkulu : Mustika Pelajar
Sugeng Riadi. 1996. Reorientasi Ilmu Pendidikan di Indonesia. Jakarta : IKIP Muhammadiyah Jakarta
Sunaryo. 1988. Profil Kemandirian dan Orientasi Timbangan Sosial Mahasiswa serta kaitannya dengan Perilaku Empatik dan Orientasi Nilai Rujukan. Pasca Sarjana IKIP Bandung. Karya ilmiah tidak diterbitkan.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 2003. Jakarta: Cemerlang
KhaerulWahidin. 1992. Makalah tentang Pola Pendidikan Agama Islam di Masyarakat, Cirebon: IAIN Sunan Gunung Djati.
MukhtarYahya. 1989. Mengembangkan Naluri Anak. Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga.

Diterbitkan

2017-04-02

Cara Mengutip

Priyanto, D. (2017). Praksis Pendidikan Berorientasi Kebutuhan Perkembangan Anak. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 22(1), 163–183. https://doi.org/10.24090/insania.v22i1.1510

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.