Peran Kepala Sekolah dalam Supervisi Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v26i2.5612Kata Kunci:
kepemimpinan, kepala sekolah, supervisi pendidikanAbstrak
Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan peran kepala sekolah dalam supervisi pendidikan. Kepala sekolah memiliki peran dalam pengembangan mutu, kemajuan sekolah, perbaikan, pendekatan metode dan teknik pembelajaran, pengembangan kurikulum, penciptaan iklim pembelajaran yang kondusif dan integratif. Supervisi pendidikan pada dewasa ini berkembang dengan sangat cepat, sehingga mendorong percepatan pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Dengan demikian pendidikan harus mampu meningkatkan dan memperbaiki mutu pembelajaran di sekolah. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal harus mampu mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka dengan sumber data berupa buku-buku atau naskah yang berkaitan dengan kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) dengan sumber data berupa naskah atau buku yang memuat kepemimpinan, kepala sekolah dalam supervisi pendidikan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi, serta analisis data induktif. Hasil temuan ini menunjukan bahwa kepemipnan kepala sekolah dalam supervisi pndidikan memiliki peran yang sentral dalam membangun organisasi sekolah dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu.Unduhan
Referensi
Iswadi. (2020). Profesi Kependidikan, Jakarta: In Media.
Hartati. (2021). Supervisi Pendidikan, Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan di Sekolah, Depok: Rajawali Pers.
Hasbullah. (2010). Otonomi Pendidikan, Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: Raja Gravindo Persada.
Maunah, Binti. (2009). Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktik, Yogyakarta: Teras.
Mulyasa, E. (2018). Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018
Walter J. Wadsworth, Kepemimpinan, Terj. Ar’s line. (2000). Kepemimpinan, New Delhi, Gemini Books.
Purwanto, M, Ngalim. (2005). Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sahertian, Piet A. (2010). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta.
Setyadi, Bradley. (2020). Supervisi dalam Pendidikan, Grobogan: Sarnu Untung.
Siagian, Sondang P. (2003). Teori dan Praktik Kepemimpinan, Jakarta Rineka Cipta.
Suhardiman, Budi, Studi Pengembangan Kepala Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Soetopo, Hendiyat, wasty Soemanto. (1984). Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara.
Wahdjosmidjo. (2011). Kepemimpin Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).