Peran Kepala Sekolah dalam Supervisi Pendidikan

Penulis

  • Nurkholis Nurkholis Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v26i2.5612

Kata Kunci:

kepemimpinan, kepala sekolah, supervisi pendidikan

Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk  menjelaskan  peran kepala sekolah dalam  supervisi pendidikan. Kepala sekolah memiliki peran dalam pengembangan mutu, kemajuan sekolah, perbaikan, pendekatan metode dan teknik pembelajaran, pengembangan kurikulum, penciptaan iklim pembelajaran yang kondusif dan integratif. Supervisi pendidikan pada dewasa ini berkembang dengan sangat cepat, sehingga mendorong percepatan pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Dengan demikian pendidikan harus mampu meningkatkan dan memperbaiki mutu pembelajaran di sekolah. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal harus mampu mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka dengan sumber data berupa   buku-buku atau naskah yang berkaitan dengan kepemimpinan kepala sekolah dan  supervisi pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka  (library research) dengan sumber data berupa naskah atau buku yang memuat kepemimpinan, kepala sekolah dalam supervisi pendidikan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi, serta analisis data induktif. Hasil temuan ini menunjukan bahwa kepemipnan kepala sekolah dalam supervisi pndidikan memiliki peran yang sentral dalam membangun organisasi sekolah dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hamalik, Oemar. (2002). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara.
Iswadi. (2020). Profesi Kependidikan, Jakarta: In Media.
Hartati. (2021). Supervisi Pendidikan, Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan di Sekolah, Depok: Rajawali Pers.
Hasbullah. (2010). Otonomi Pendidikan, Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: Raja Gravindo Persada.
Maunah, Binti. (2009). Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktik, Yogyakarta: Teras.
Mulyasa, E. (2018). Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018
Walter J. Wadsworth, Kepemimpinan, Terj. Ar’s line. (2000). Kepemimpinan, New Delhi, Gemini Books.
Purwanto, M, Ngalim. (2005). Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sahertian, Piet A. (2010). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta.
Setyadi, Bradley. (2020). Supervisi dalam Pendidikan, Grobogan: Sarnu Untung.
Siagian, Sondang P. (2003). Teori dan Praktik Kepemimpinan, Jakarta Rineka Cipta.
Suhardiman, Budi, Studi Pengembangan Kepala Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Soetopo, Hendiyat, wasty Soemanto. (1984). Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara.
Wahdjosmidjo. (2011). Kepemimpin Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

Nurkholis, N. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Supervisi Pendidikan. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(2), 306–321. https://doi.org/10.24090/insania.v26i2.5612

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

<< < 24 25 26 27 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.